KESEHATAN
4 Februari 2020

4 Manfaat Titanium Dioxide sebagai Komponen Sunscreen

Menggunakan sunscreen wajib hukumnya!
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang paling penting untuk kita, termasuk bagi anak-anak. Dua bahan utama sunscreen adalah zinc oxide dan titanium dioxide.

Zinc oxide dan titanium dioxide masuk ke dalam golongan physical sunscreen, yakni sunscreen yang bekerja di lapisan luar kulit. Physical sunscreen menyerap dan melawan sinar UV agar tidak menyerap ke epidermis.

Dilansir dari Cosmetic Info, titanium dioxide aman digunakan di berbagai produk kosmetik dan punya peran penting di dalam sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari.

Manfaat Titanium Dioxide

sunscreen titanium dioxide (1).jpg

Foto: wellandgood.com

Setelah sebelumnya, Orami Parenting telah membahas tentang zinc oxide, kali ini mari kita ulas manfaat titanium dioxide pada sunscreen.

1. Cepat Melindungi Kulit dari Matahari

Titanium dioxide melindungi kulit dari sinar matahari langsung setelah diaplikasikan. Sedangkan chemical sunscreen butuh 20 menit untuk bekerja setelah dioleskan ke kulit.

Sunscreen dengan titanium dioxide lebih tahan lama di bawah sinar matahari, sementara chemical sunscreen harus diaplikasikan ulang lebih sering.

Baca Juga: Zinc Oxide pada Skincare, Apa Manfaatnya?

2. Cocok untuk Kulit Sensitif

Dibanding chemical sunscreen, physical sunscreen lebih lembut di kulit. Oleh sebab itu, sunscreen dengan titanium dioxide cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

3. Non Comedogenic

Akibat sifatnya yang lembut, sunscreen dengan titanium dioxide tidak menyumbat pori-pori dan bebas minyak, sehingga tidak akan menimbulkan komedo atau jerawat.

4. Tidak Menimbulkan Bekas Putih

Sunscreen titanium dioxide punya partikel yang kecil, sehingga tidak akan meninggalkan residu putih di kulit. Hal ini membuat titanium dioxide cocok untuk kulit gelap karena tidak menimbulkan warna putih keabuan di kulit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Bayi yang Terbakar?

Memilih Sunscreen yang Tepat

sunscreen titanium dioxide (2).jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari Skin Cancer Foundation, matahari adalah penyebab utama kanker kulit. Namun, sunscreen terbukti bisa mencegah kanker kulit.

“Melanoma dapat berkurang 50 persen pada orang yang menggunakan sunscreen setiap hari,” ujar Elizabeth Buzney, MD, dermatolog dari Department of Dermatology di Brigham and Women’s Hospital, sekaligus assistant professor dermatologi di Harvard Medical School.

“Selain sunscreen, kita harus meminimalisir paparan sinar matahari dengan menggunakan topi dan baju tertutup,” lanjutnya.

American Academy of Dermatology (AAD) menguraikan beberapa kriteria sunscreen yang tepat untuk melindungi kulit:

  • Broad spectrum: Pastikan ada tulisan “broad spectrum” pada produk sunscreen. Broad spectrum dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.
  • SPF 30 atau lebih: AAD merekomendasikan untuk memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih.
  • Water resistant: Water resistant menandakan sunscreen akan bertahan di air atau saat kulit sedang berkeringat.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa tapi Tak Sama

Itu dia beberapa manfaat titanium dioxide pada sunscreen dan cara memilih sunscreen yang tepat. Selalu lindungi kulit dari bahaya sinar matahari agar tidak terbakar ya, Moms!

Artikel Terkait