KESEHATAN
1 November 2020

15+ Manfaat Urang Aring, Bukan Hanya untuk Rambut Lho!

Urang aring tidak melulu digunakan untuk rambut, tanaman ini rupanya obat tradisional untuk banyak penyakit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Jika selama ini Moms tahu bahwa manfaat urang aring hanya untuk kesuburan rambut dengan memanfaatkan minyaknya. Maka ini saatnya Moms mencari tahu lebih dalam tentang manfaat urang-aring.

Ternyata, urang aring yang memiliki nama ilmiah Eclipta alba adalah ramuan tropis yang digunakan selama berabad-abad dalam praktik pengobatan India kuno atau Ayurveda. Di India, tanaman ini dikenal dengan nama bhringraj.

Urang aring berasal dari tumbuhan yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai “bunga aster palsu atau false daisy”.  Tanaman ini termasuk dalam keluarga bunga matahari dan biasanya tumbuh di tempat-tempat lembab termasuk Thailand, India, dan Brasil.

Daun dari tanaman urang aring atau bhringraj dicampur dan dipanaskan dengan minyak asli atau pembawanya untuk menghasilkan minyak urang-aring. Tidak hanya dalam bentuk minyak, urang-aring juga dapat ditemukan dalam bentuk kapsul atau bubuk.

Urang aring diakui karena berbagai kandungan bermanfaatnya yang dapat digunakan untuk masalah gangguan hati bahkan tekanan darah tinggi. Namun manfaat utamanya yang mendunia memang berkaitan dengan kesehatan rambut atau khasiat dari minyak urang-aring.

Dalam Ayurveda, tradisi India yang bertujuan untuk menyeimbangkan dan menyembuhkan tubuh melalui nutrisi, urang aring memang dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat rambut, dan mencegah uban dan ketombe.

Dikutip dari Healthline, studi 2011 menemukan bahwa ekstrak dari urang aring cukup efektif melawan bakteri dan jamur.  Artinya, ini bisa membantu dalam mengobati infeksi bakteri tertentu.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

Manfaat Urang Aring

Berikut ini adalah beberapa manfaat urang aring bagi kesehatan rambut dan tubuh lainnya yang perlu Moms ketahui. Yuk simak!

1. Manfaat Urang Aring untuk Pertumbuhan Rambut

5 Makanan untuk Mencegah Rambut Rontok

Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan pada tikus albino jantan, menunjukkan bahwa menggunakan minyak urang-aring dapat meningkatkan jumlah folikel rambut. Juga dijelaskan bahwa sebenarnya minya urang-aring lebih efektif daripada minoksidil (Rogaine) dalam mencegah kerontokan rambut.

Urang aring juga mengandung vitamin E yang dikenal dapat melawan radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Sayangnya, meski ini terlihat menjanjikan, studi pada kasus ini perlu diulangi pada manusia agar menjadi konklusif.

2. Manfaat Urang Aring untuk Mengurangi ketombe

Minyak urang aring memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengurangi ketombe. Minyak ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengatasi psoriasis atau iritasi kulit lainnya di kulit kepala.

Bahkan minyak urang aring juga dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

3. Manfaat Urang-Aring untuk Menunda Pertumbuhan Uban

Faktor-yang-Sebabkan-Rambut-Cepat-Ubanan.jpg

Meskipun sebagian besar percaya kalau uban biasanya hadir karena sifatnya yang genetik, tetapi terkadang uban dirasa cukup mengganggu penampilan. Namun, banyak yang mengatakan bahwa minyak urang aring rupanya dapat memperlambat atau mencegah proses pertumbuhan uban.

Rambut putih atau uban, terjadi karena hilangnya pigmen (melanin). Beruntungnya, sifat penggelapan dari minyak urang-aring, dipercaya dapat membantu rambut tampak kurang beruban.

Baca Juga: Benarkah Sering Mencabut Uban Bikin Rambut Rontok?

4. Manfaat Urang Aring untuk Kesehatan Liver

Penyakit kuning memang sering terdengar seperti penyakit tua jaman dahulu. Namun nyatanya, hingga saat ini masih banyak orang di dunia yang menderita karena kondisi yang begitu parah mempengaruhi hati dan fungsinya. Hal ini mengakibatkan adanya perubahan warna pada kulit.

Dikutip dari jurnal ilmiah tentang Health Benefit of Eclipta alba, dijelaskan bahwa praktisi Ayurveda sudah lama mengenali kemampuan urang-aring sebagai obat yang dapat melindungi hati dan telah menggunakannya untuk mengobati penyakit hati seperti penyakit kuning dan hepatitis.

Jus dari daun tanaman urang aring digunakan sebagai tonik untuk hati atau liver dalam pengobatan Ayurveda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ramuan tersebut dapat membantu pembentukan sel hati.

5. Manfaat Urang Aring sebagai Antimikroba

Cara Sistem Kekebalan Tubuh Melawan Bakteri dan Virus - 2.jpg

Salah satu yang paling umum adalah sejarah penggunaan urang aring dalam pengobatan infeksi.  Penelitian terbaru menunjukkan adanya histori penggunaan yang memiliki beberapa dasar ilmiah.

6. Manfaat Urang Aring untuk Pereda Nyeri

Ayurveda menggunakan urang aring untuk sakit gigi dengan mengoleskan daun urang aring segar langsung ke atas gusi yang sakit. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menganalisis potensi efek analgesik dari tanaman berdasarkan pada penggunaan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit.

Hasilnya, urang aring memiliki efek penghilang rasa sakit setara dengan kodein dan aspirin. Studi lain menunjukkan bahwa urang aring memiliki kemampuan membunuh rasa sakit berdasarkan ekstrak etanol dan alkaloid yang terkandung di dalamnya.

Berdasarkan hal tersebut, urang aring dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk pereda nyeri konvensional.

Baca Juga: Apa Benar, Obat Pereda Nyeri Mengganggu Kesuburan?

7. Manfaat Urang Aring untuk Mengatasi Dermatis

cara menangani kulit siku kering.jpg

Sama seperti ketika mengobati ketombe, minyak urang aring mampu melembabkan dan dapat membantu mengatasi kulit kering. Urang aring jelas bersifat anti-inflamasi, jadi bila dioleskan ke kulit, maka minyak ini dapat membantu mengobati peradangan kulit seperti psoriasis, dermatitis, dan beberapa jenis jerawat.

8. Manfaat Urang Aring untuk Menangani Disentri

Disentri adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan diare, kram perut, muntah dan demam. Moms harus tahu bahwa urang aring membantu memerangi bakteri penyebab disentri.

Rebusan urang aring bisa diberikan secara langsung untuk mengatasi disentri. Tidak hanya itu, jus daun urang aring dengan madu juga dapat membantu meredakan gejala disentri.

9. Manfaat Urang Aring untuk Sakit Maag

penyakit yang menyebabkan nyeri dada - 1 Maag.jpg

Sakit maag menyebabkan jantung terbakar, nyeri yang panas, dan mual. Urang aring dapat membantu mengatasi sakit maag yang disebabkan karena mengonsumsi aspirin dan obat anti inflamasi.

Tidak hanya itu, ekstrak urang aring juga dapat membantu mengurangi tukak lambung yang disebabkan oleh aspirin dan alkohol.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

10. Manfaat Urang Aring untuk Penawar Gigitan Ular dan Sengatan Kalajengking

Memanfaatkan urang aring telah dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk gigitan ular dan sengatan kalajengking. Tanaman ini mampu menghambat racun, terutama dari ular derik Amerika Selatan.

Namun, Moms harus tetap mencari pertolongan medis sebagai langkah awal antisipasi, terutama jika yang terjadi adalah gigitan ular atau kalajengking berbisa.

11. Manfaat Urang Aring untuk Kesehatan Jantung

Manfaat ceri - kesehatan jantung - 3.jpg

Urang aring membantu dalam mengontrol tingkat tekanan darah dan mengatur kolesterol dalam tubuh. Tekanan darah yang sehat dan kadar kolesterol yang seimbang akan menghasilkan jantung yang sehat.

Urang aring juga membantu mengurangi kadar trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Kondisi seperti jantung berdebar, dapat diatasi dengan bantuan ekstrak daun urang aring dan madu.

12. Manfaat Urang Aring untuk Meningkatkan Kekebalan

Urang aring memiliki sifat meningkatkan kekebalan yang menawarkan perlindungan dari kuman berbahaya di lingkungan yang terus-menerus menerus membuat kita terpapar.

13. Manfaat Urang Aring untuk Mengatasi Masalah Pernapasan

Urang aring dapat membantu dalam pengobatan gangguan saluran pernapasan seperti bronkitis dan asma. Gangguan ini terjadi akibat peradangan pada saluran udara yang bertugas membawa udara ke dan dari paru-paru.

Peradangan ini menyebabkan mengi, batuk, dan sesak napas. Namun, sifat anti-inflamasi dari urang aring membantu meredakan masalah pernapasan ini.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

14. Manfaat Urang Aring untuk Mencegah Kanker

penyebab virus Corona novel-3.jpg

Meskipun ada beberapa kontroversi tentang keandalan ekstrak herbal ini untuk pengobatan kanker, penelitian lampau atau terdahulu telah menunjukkan bahwa urang aring dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di hati. Ayurveda serta ahli pengobatan tradisional lainnya menggunakan urang aring untuk mengobati beberapa jenis kanker.

Studi juga menunjukkan bahwa ekstrak etanol dalam tanaman ini memiliki aktivitas antikanker tertentu. Molekul organik di urang aring mengganggu molekul DNA untuk perkembangbiakan sel kanker, sehingga memiliki efek sitotoksik dan membunuh sel berbahaya yang bermutasi.

15. Manfaat Urang Aring untuk Kesehatan Mata

Urang aring merupakan sumber karoten yang kaya dan merupakan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Karoten dapat menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan degenerasi makula dan pembentukan katarak.

Inilah kenapa menambahkan beberapa daun urang arinh ke menu diet herbal dapat bermanfaat menjaga penglihatan tetap jernih selama bertahun-tahun.

16. Manfaat Urang Aring untuk Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Diet Vegetarian dan ISK - infeksi saluran kemih - istockphoto.jpg

Urang aring juga memiliki sifat antibakteri dan antiseptik tertentu yang membuatnya sangat efektif dalam mencegah dan mengobati infeksi. Urang aring telah digunakan dalam Ayurveda untuk meredakan ketidaknyamanan dan memulihkan fungsi kandung kemih.

Penelitian telah menemukan bahwa urang aring juga memiliki kemampuan diuretik yang berarti dapat  membantu buang air kecil agar lebih mudah. Saat diminum untuk infeksi saluran kemih, urang aring dapat dengan cepat mengurangi rasa tidak nyaman dan menetralkan bakteri, serta mengembalikan fungsi normal kandung kemih.

Baca Juga: DIY Menghitamkan Rambut dengan Daun Urang Aring

Nah, itulah beberapa manfaat urang aring untuk tubuh. Ternyata bukan hanya untuk rambut ya Moms. Banyak sekali manfaat urang aring untuk kita.

Artikel Terkait