BAYI
15 April 2020

Manfaat Vitamin K untuk Bayi, Baik untuk Pertumbuhan!

Bayi yang baru lahir sering kekurangan vitamin K
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Manfaat vitamin K untuk bayi lebih besar daripada yang Moms bayangkan.

Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk pembekuan darah. Anak-anak yang usianya lebih tua dan orang dewasa mendapatkan sebagian besar vitamin K yang dibutuhkan dari bakteri di usus, dan dari makanan yang dikonsumsi.

Tanpa vitamin K yang cukup, luka kecil bisa sembuh dalam waktu yang lama. Selain itu, juga dapat mengakibatkan pendarahan yang dapat menyerang otak.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Sama halnya seperti orang dewasa, fungsi vitamin K untuk bayi juga sangat penting. Sayangnya bayi memiliki sedikit vitamin K dalam tubuh mereka saat lahir. Vitamin K tidak melintasi plasenta ke bayi yang sedang berkembang, dan usus tidak memiliki bakteri untuk membuat vitamin K sebelum bayi lahir.

Mengapa Vitamin K Penting untuk Bayi?

vitamin k

Foto: bbc.com

Berdasarkan jurnal artikel Vitamin K at Birth, fungsi Vitamin K membantu darah menggumpal. Sangat penting untuk mencegah pendarahan serius, terlebih pada bayi.

Bayi tidak mendapatkan cukup vitamin K dari ibu mereka selama kehamilan, atau ketika mereka menyusui.

Tanpa vitamin K, mereka berisiko terkena kelainan langka yang disebut ‘vitamin K deficiency bleeding’ (VKDB).

Meskipun jarang, perdarahan defisiensi vitamin K dapat memiliki konsekuensi yang besar, berpotensi mengakibatkan defisit keterampilan motorik kasar; masalah neurologis, kognitif atau perkembangan jangka panjang, kegagalan organ, bahkan kematian.

VKDB dapat dicegah dengan memberi bayi yang baru lahir vitamin tambahan. Pada usia sekitar 6 bulan, mereka telah membangun persediaan mereka sendiri.

Baca Juga: Perhatikan, Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin A untuk Ibu Hamil

Fungsi Vitamin K untuk Bayi

vitamin k

Foto: kidspot.com.au

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fungsi vitamin k untuk bayi sangatlah banyak, makanya sangat dibutuhkan. Di bawah ini ada beberapa fungsi vitamin K untuk bayi.

1. Mencegah Pendarahan pada Bayi

Vitamin K pada bayi dapat mencegah pendarahan pada bayi baru lahir, yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak bayi. Oleh karena itu, bayi baru lahir sangat disarankan untuk mendapatkan suntikan vitamin K.

2. Cepat Menyembuhkan Luka

Fungsi vitamin K lainnya yang sangat penting adalah untuk pembekuan darah. Jika tubuh tidak memiliki cukup vitamin K, maka luka kecil sekalipun bisa membutuhkan waktu sangat lama untuk sembuh.

Baca Juga: 9 Rekomendasi dan Pantangan Bahan untuk Menyembuhkan Luka Bakar.

3. Menguatkan Tulang

Selanjutnya vitamin K berfungsi untuk memperkuat tulang. Dengan konsumsi vitamin K yang cukup, tulang bayi akan tumbuh kuat dan padat.

Jadi pastikan bayi Moms mendapatkan asupan vitamin K yang cukup ya.

Artikel Terkait