KESEHATAN
11 Oktober 2020

15 Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Risiko Kanker!

Wedang uwuh juga bisa meningkatkan libido lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Konon, semua minuman tradisional punya khasiat untuk kesehatan. Tidak terkecuali wedang uwuh. Banyak lho Moms manfaat wedang uwuh untuk kesehatan.

Ketika kita berbicara tentang wedang jahe dan wedang ronde, tentu Moms semua tahu karena minuman ini cukup terkenal dan kini hampir bisa ditemui di mana saja. Lantas, bagaimana ketika kita berbicara tentang wedang uwuh?

Mungkin tidak semua Moms tahu tentang minuman tradisional yang juga berasal dari Jawa Tengah ini. Dalam bahasa aslinya atau bahasa Jawa, wedang berarti 'minuman' dan uwuh berarti 'sampah'. Wedang uwuh adalah minuman tradisional dari Yogyakarta.

Jadi serupa dengan wedang jahe, wedang ronde dan wedang lainnya, wedang uwuh adalah minuman yang menggunakan bahan-bahan tradisional beruba  dedaunan yang mirip dengan sampah.

Tentu saja minuman yang sering dikaitkan dengan pengobatan tradisional ini biasanya diminum ketika masih panas atau hangat.

Wedang uwuh memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas berasal dari bahan jahe, rasa manis dari gula batu, warna merah dari bahan secang, dan aroma wanginya dari campuran rempah yaitu pala, kayu manis, sereh, cengkeh, serta kapulaga.

Dulu wedang uwuh masih dibuat dalam bentuk bahan utuh berupa campuran air dan rempah-rempah asli. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, salah satunya bentuk celup.

Baca Juga: Resep Wedang Jahe Hangat, Pas untuk Berbuka Puasa

Manfaat Wedang Uwuh

Lantas, mengingat wedang uwuh berbahan rempah asli dan alami, maka apa saja manfaat wedang uwuh bagi kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Manfaat Wedang Uwuh sebagai Antioksidan

Selain Tinggi Antioksidan, Ini 8 Khasiat Buah Plum Bagi Anak 3.jpg

Manfaat wedang uwuh yang pertama adalah sebagai antioksidan. Pecinta teh tahu bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan dosis antioksidan harian hanya dari segelas teh. Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Akan tetapi, patut diketahui juga bahwa teh dapat menyebabkan keasaman yang parah dan kecanduan kafein. Jika Moms dan keluarga menginginkan pengganti teh yang bagus dan akan memberi semua kebutuhan antioksidan tanpa efek negatif, mencoba teh dari bahan secang seperti yang ada dalam wedang uwuh patut dicoba.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa secang memberikan lebih banyak antioksidan dan perlindungan yang lebih baik terhadap radikal bebas.

Tidak hanya secang, bahan lain dari wedang uwuh juga mengandung antioksidan dengan kadar berlebih. Misalnya adalah cengkeh. Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, cengkeh kaya akan antioksidan.

Cengkeh juga mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang telah terbukti bertindak sebagai antioksidan alami. Faktanya, sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa eugenol menghentikan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas lima kali lebih efektif daripada vitamin E atau antioksidan kuat lainnya.

Memasukkan cengkeh dalam makanan atau minuman bersama dengan makanan kaya antioksidan lainnya dapat membantu meningkatkan kesehatan Moms dan keluarga secara keseluruhan.

2. Manfaat Wedang Uwuh sebagai Anti Inflamasi

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi. Kandungan wedang uwuh juga bermanfaat untuk melawan infeksi atau peradangan dan memperbaiki kerusakan jaringan. Peradangan terjadi saat tubuh seseorang terpapar zat asing.

Konsumsi wedang uwuh cukup penting dan sangat bermanfaat karena minuman tradisional ini mampu meminimalisir peradangan yang bisa menjadi masalah jika kronis. Bukan hanya kronis, peradangan menjadi sangat berbahaya ketik dia justru menyerang jaringan di dalam tubuh itu sendiri.

Misalnya kayu manis pada wedang uwuh, studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dan antioksidannya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Bukan hanya kayu manis, kapulaga dalam wedang uwuh juga memiliki manfaat serupa.

Kapulaga kaya akan senyawa yang dapat melawan peradangan. Anti inflamasi, ditemukan berlimpah di kapulaga dan mampu melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan yang terjadi.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa makan bubuk kapulaga menurunkan peradangan hati yang disebabkan oleh makan makanan tinggi karbohidrat dan lemak. Meskipun tidak banyak penelitian tentang efek anti-inflamasi kapulaga pada manusia, penelitian menunjukkan bahwa suplemennya dapat meningkatkan status antioksidan hingga 90 persen.

Baca Juga: Hati-Hati, 3 Jenis Infeksi Ini Sering Menyerang Balita Lho!

3. Manfaat Wedang Uwuh untuk Menstabilkan Hemoglobin

Efek Negatif Darah Tinggi - 3.jpg

Kadar hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan masalah seperti anemia, kulit pucat, pusing, lemah, dan kelelahan secara umum.

Gula batu dalam wedang uwuh datang sebagai penyelamat karena tidak hanya membantu meningkatkan kadar hemoglobin, tetapi juga meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Manfaat Wedang Uwuh untuk Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Cuaca dingin dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk dan sakit tenggorokan.  Namun, gula batu dalam wedang uwuh diyakini memiliki khasiat obat tertentu dan nutrisi penting yang membantu meringankan kondisi ini secara instan.

Untuk penyakit ini, kita hanya perlu mengkonsumsinya pada malam hari dan tentu saja selagi hangat. Campuran rempah dari wedang uwuh ini akan membantu mengeluarkan lendir berlebih yang mengganggu tenggorokan dan pernafasan.

Baca Juga: 5 Tips Redakan Sakit Tenggorokan

5. Manfaat Wedang uwuh sebagai Antimikroba

Perbedaan-Infeksi-Virus-dana-Bakteri-Pada-Anak-Hero.jpg

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah sebagai antimikroba. Rempah sereh dalam wedang uwuh dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang karena sifat antimikroba yang dimilikinya. Menurut studi in vitro tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus atau bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Penelitian lebih lanjut menemukan bahw minyak serai dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur secara in vitro.

Tidak hanya serai, manfaat yang sama bisa ditemui dari rempah kayu secang yang ada dalam wedang uwuh, karena air yang direbus dengan serutan kayu secang ternyata juga memiliki sifat antimikroba.

Kayu secang sendiri memiliki metanol yang dapat menghambat methicillin atau resisten terhadap bakteri Staphylococcus aureus, yang menyebabkan infeksi kulit, keracunan makanan dan infeksi sendi.

6. Manfaat Wedang Uwuh sebagai Anti Alergi

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah sebagai anti alergi. Kayu secang pada wedang uwuh ternyata baik untuk orang-orang yang memiliki masalah alergi. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu secang, terutama secang chalcone memiliki sifat anti alergi yang kuat.

Baca Juga: 6 Langkah Mencegah Alergi Tungau di Kamar Tidur

7. Manfaat Wedang Uwuh untuk Meningkatkan Libido

7 Cara Meningkatkan Libido Wanita, Biar Seks Makin Hot!

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk menigkatkan libido. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pala dalam wedang uwuh dapat membantu meningkatkan dorongan dan kinerja seks.

Dalam sebuah penelitian, tikus jantan yang diberi ekstrak pala dosis tinggi (227 mg per pon atau 500 mg per kg berat badan) mengalami peningkatan yang signifikan dalam aktivitas seksual dan waktu kinerja seksual dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat bagaimana pala dapat meningkatkan libido.  Beberapa orang menduga efek ini karena kemampuan rempah tersebut dalam merangsang sistem saraf, bersama dengan kandungan senyawa tanaman yang kuat.

Dalam pengobatan tradisional, seperti sistem pengobatan Unani yang digunakan di Asia Selatan, pala digunakan untuk mengobati gangguan seksual. Namun, penelitian tentang pengaruhnya terhadap kesehatan seksual pada manusia masih kurang jelas sehingga dibutuhkan informasi atau penelitian lebih dalam.

8. Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan Jantung

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk kesehatan jantung. Air dengan rempah dari kayu secang baik untuk kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa Brazilein, pigmen merah pada kayu secang memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

Bukan hanya dari kayu secang, tetapi kayu manis dari wedang uwuh juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian dini paling umum di dunia. Sekitar 1 gram atau setengah sendok teh kayu manis per hari telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada penderita diabetes tipe 2.

Rempah kayu manis ini mampu mengurangi tingkat kolesterol secara total yaitu khususnya kolesterol LDL "kolesterol jahat" dan trigliserida. Namun untuk kolesterol HDL "kolesterol baik", Moms tidak perlu khawatir karena nilainya akan tetap stabil.

Dalam penelitian pada hewan, kayu manis telah terbukti mengurangi tekanan darah. Jika digabungkan, semua faktor dari rempah-rempah ini dapat secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

9. Manfaat Wedang Uwuh untuk Menstabilkan Gula Darah

3 Alasan Diabetes Meningkatkan Risiko COVID-19, Simak di Sini!.jpg

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk menstabilkan gula darah. Satu studi menemukan bahwa jahe dalam wedang uwuh ternyata mampu meningkatkan gula darah puasa pada penderita diabetes.  Ini dan temuan lainnya menunjukkan sebuah potensi bahwa jahe dapat membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis.

Begitu pula dengan sebuah studi penggunaan pala pada tikus. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengobatan dengan ekstrak pala dosis tinggi secara signifikan mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan fungsi pankreas.

Tidak hanya rempah jahe dan pala yang memiliki manfaat ini, tetapi penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh juga dapat membantu mengendalikan gula darah. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu peningkatan gula darah pada tikus dengan diabetes.

Penelitian tabung reaksi dan hewan lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan dalam cengkeh, baik pada sel otot manusia dan pada tikus dengan diabetes. Rupanya, cengkeh dan nigericin ditemukan dapat meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke dalam sel di tubuh.  Berfungsinya insulin sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Maka ketika dikombinasikan dengan ramuan rempah tradisional dan bermanfaat lainnya, cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah seseorang agar tetap terkendali.

10. Manfaat Wedang Uwuh untuk Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah menguragi risiko kanker. Serai dalam wedang uwuh juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang manjur melawan beberapa jalur sel kanker. Ini adalah manfaat dari neberapa komponen serai yang membantu melawan kanker.

Komponen tersebut menyebabkan kematian sel kanker secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga penderita lebih mampu melawan kanker dengan sendirinya.

Tidak hanya itu, serai yang diolah menjadi teh juga terkadang digunakan sebagai terapi adjuvan selama kemoterapi dan radiasi. Namun perlu Moms ketahui bahwa hanya ramuan ini hanya boleh digunakan di bawah bimbingan ahli onkologi.

Selain serai, kayu manis juga salah satu rempah yang telah banyak dipelajari potensi penggunaannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Secara keseluruhan, bukti terbatas pada penelitian tabung dan hewan, yang menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat melindungi dari kanker.

Kayu manis bekerja dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah di tumor. Jika tidak, hal tersebut tampaknya menjadi racun bagi sel kanker dan menyebabkan kematian sel.

Sebuah studi pada tikus dengan kanker usus besar mengungkapkan bahwa kayu manis adalah aktivator enzim detoksifikasi yang kuat di usus besar, sehingga melindungi dari pertumbuhan kanker lebih lanjut.

Temuan ini didukung oleh percobaan tabung reaksi, yang menunjukkan bahwa kayu manis mengaktifkan respons antioksidan pelindung di sel usus besar manusia. Namun Moms harus ingat, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk informasi yang lebih akurat.

Baca Juga: IUD, Kontrasepsi Aman untuk Wanita Tinggi Resiko Kanker Payudara

11. Manfaat Wedang Uwuh untuk Melawan Infeksi Bakteri & Jamur

Hubungan antara Infeksi Darah dan Kanker Kolorektal - Kanker kolorektal dan infeksi bakteri.jpg

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah melawan infeksi bakteri dan jamur. Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama kayu manis dalam wedang uwuh, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis ini telah terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

Minyak ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, termasuk Listeria dan Salmonella. Namun, buktinya terbatas dan sejauh ini kayu manis belum terbukti mengurangi infeksi di tubuh pada bagian lain. Tidak hanya itu, efek antimikroba dari kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

Selain dari kayu manis, sifat anti bakteri ini diperoleh oleh wedang uwuh dari kandungan rempah pala. Pala telah terbukti memiliki efek antibakteri terhadap strain bakteri yang berpotensi berbahaya.

Bakteri seperti Streptococcus mutans dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans ternyata juga dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Sebuah studi tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak pala menunjukkan efek antibakteri yang kuat terhadap bakteri ini dan bakteri lainnya, termasuk Porphyromonas gingivalis.

Pala juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. coli yang berbahaya, seperti O157, yang dapat menyebabkan penyakit parah dan bahkan kematian pada manusia.

Meskipun jelas bahwa pala memiliki sifat antibakteri, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menentukan apakah pala dapat mengobati infeksi bakteri atau mencegah masalah kesehatan mulut terkait bakteri pada manusia.

12. Manfaat Wedang Uwuh untuk Pencernaan

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk pencernaan. Secangkir wedang dengan sereh dapat menjadi obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Sebuah studi tahun 2012 tentang hewan pengerat yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa, serai juga efektif melawan tukak lambung.

Penelitian juga menemukan bahwa minyak atsiri daun serai yang bisa dimasukan pada wedang uwuh, dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Perlu Moms tahu bahwa penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

Baca Juga: GERD, Gangguan Pencernaan yang Mirip Serangan Jantung

13. Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk kesehatan tulang. Massa tulang yang rendah dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis dan dapat meningkatkan risiko patah tulang. Beberapa senyawa dalam cengkeh yang menjadi bagian dari wedang uwuh telah terbukti membantu menjaga massa tulang pada penelitian hewan.

Misalnya,sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak cengkeh yang tinggi eugenol meningkatkan beberapa penanda osteoporosis dan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Cengkeh juga kaya akan mangan, dimana mampu memberikan 30 persen DV yang mengesankan hanya dalam 1 sendok teh (2 gram) cengkeh bubuk. Mangan adalah mineral yang terlibat dalam pembentukan tulang dan sangat penting untuk kesehatan tulang.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen mangan selama 12 minggu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan pertumbuhan tulang.

Namun, penelitian terkini tentang efek cengkeh pada massa tulang sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan dan tabung reaksi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana hal itu dapat memengaruhi pembentukan tulang pada manusia.

14. Manfaat Wedang Uwuh untuk Memerangi Virus HIV

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah memerangi virus HIV. HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan tubuh seseorang dan pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS, jika tidak ditangani. Kayu manis pada wedang uwuh yang diekstrak dari varietas Cassia dianggap membantu melawan HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.

Sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV menemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan yang paling efektif dari semua 69 tanaman obat yang diteliti. Namun, uji coba terhadap manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi efek kayu manis pada penyakit ini.

15. Manfaat Wedang Uwuh untuk Tetap Terhidrasi

Apa Penyebab Haus Berlebihan Saat Hamil Ini 6 di Antaranya.jpg

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah untuk tetap terhidrasi. Kombinasi air dan jahe jelas akan memberikan manfaat hidrasi bagi tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek kesehatan seseorang.

Banyak dari kita tidak minum cukup air setiap hari. Padahal memulai hari atau mencari waktu khusus secara reguler untuk segelas air jahe atau wedang uwuh setiap hari, akan membantu Moms tetap terhidrasi.

Baca Juga: Bahaya Dehidrasi pada Ibu Hamil dan Janin

Itulah beberapa manfaat wedang uwuh untuk kesehatan. Banyak sekali ya Moms?

Artikel Terkait