KESEHATAN
23 April 2020

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Moms Wajib Tahu!

Ada juga manfaat untuk ibu hamil, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Wortel menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Selain karena mudah diolah menjadi bermacam-macam makanan, tetapi ada juga manfaat wortel untuk kesehatan yang mungkin belum diketahui.

Ada banyak kebaikan dari wortel bagi tubuh. Apalagi, wortel juga bisa diolah menjadi ragam makanan yang lezat. Seperti olahan sayuran sop, dibuat menjadi jus, atau bahkan menjadi kue bolu wortel yang menarik.

Yuk Moms, baca lebih lanjut tentang manfaat dari sayuran wortel untuk kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Benarkah Manfaat Wortel Baik untuk Mata?

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Wortel adalah sumber vitamin, nutrisi, dan serat. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya dengan baik, Moms dapat mengonsumsi dalam taraf yang cukup dan tidak berlebihan mengonsumsi wortel.

Berikut ini manfaat wortel untuk kesehatan yang mungkin belum pernah Moms ketahui sebelumnya.

1. Mengurangi Risiko Kanker

manfaat wortel untuk kesehatan-1

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan antioksidan dan beta karoten yang memberikan pigmen oranye pada wortel dan sayuran lainnya, dapat mengurangi risiko kanker. Salah satunya kanker payudara.

Dalam Journal of the National Cancer Institute, wanita dengan kadar karotenoid yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terhadap kanker payudara.

Tak hanya itu, pola makan yang kaya karotenoid dapat membantu melindungi terhadap beberapa jenis kanker lainnya, termasuk kanker prostat, usus besar, dan kanker perut.

Baca Juga: 3 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mata Bayi

2. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat wortel untuk kesehatan-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat wortel untuk kesehatan mata ini tentunya sudah diketahui oleh banyak orang ya, Moms. Kandungan vitamin A pada wortel dapat menjaga kesehatan mata agar lebih baik.

Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, atau penyakit mata progresif. Xerophthalmia dapat menyebabkan kebutaan malam atau kesulitan melihat ketika tingkat cahaya rendah.

Menurut Office of Dietary Supplements, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dan kombinasi kedua kandungan ini dapat membantu mencegah seseorang mengalami kondisi degenerasi makula terkait usia.

Menurut JAMA Ophalt, penyakit yang sering menyerang orang dewasa dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang ireversibel, atau tidak dapat diubah.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

manfaat wortel untuk kesehatan-3

Foto: Orami Photo Stock

Studi pada 893 orang dari International Journal of Clinical Oncology menyebutkan, bahwa makan lebih banyak makanan yang kaya karotenoid dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Karenanya, memakan wortel dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit serat.

Wortel berukuran sedang memiliki kandungan 1,7 gram serat, atau 5% dan 7,6% dari kebutuhan harian serat seseorang. Sementara itu, 1 cangkir wortel cincang menyediakan asupan 3,58 gram serat.

Baca Juga: 5 Manfaat Wortel untuk Kesuburan, Bikin Cepat Hamil!

4. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Kardiovaskular

manfaat wortel untuk kesehatan-4

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat dari wortel untuk kesehatan yang tak kalah penting adalah kandungan serat dan kalium yang dapat membantu mengelola tekanan darah dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

American Heart Association (AHA) menyarankan untuk mengonsumsi lebih sedikit garam atau natrium ke makanan, dan makan lebih banyak makanan tinggi kalium, seperti wortel.

Sementara itu, Journal of Chiropractic Medicine, menyimpulkan bahwa orang dengan konsumsi serat tinggi cenderung lebih rendah risiko alami penyakit kardiovaskular daripada mereka yang makan sedikit serat.

5. Menyehatkan Bagi Ibu Hamil

manfaat wortel untuk kesehatan-5

Foto: Orami Photo Stock

Ada juga manfaat wortel untuk ibu hamil lho, Moms. Terutama karena kandungan kalsium pada wortel. Mengutip Nutrition Value, 100 gram wortel memberikan asupan kalsium sebanyak 33 miligram.

Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari. Kalsium membantu mengembangkan tulang dan tulang rawan yang kuat pada janin.

Itu dia Moms, ragam manfaat wortel untuk kesehatan yang menjadi alasan mengapa wortel adalah sayur yang baik untuk dikonsumsi.

Artikel Terkait