KESEHATAN
2 September 2020

Manfaat Yoga untuk Perbaiki Postur Tubuh, Yuk Coba!

Seberapa efektif yoga untuk memperbaiki postur tubuh? Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, pernahkah mencoba olahraga yoga? Yoga, yang berasal dari India ini memang menjadi tempat tersendiri bagi para pencintanya.

Dasar dari yoga adalah mengendalikan pikiran dan tubuh, sehingga olahraga ini kerap dijadikan juga sebagai bentuk meditasi.

Siapa saja bisa mengikuti yoga, bahkan American Pregnancy Association mengungkapkan yoga cocok dilakukan untuk ibu hamil, agar meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

Jika Moms saat ini belum pernah mencoba olahraga yoga, sudah saat mencoba kelas-kelas yoga yang banyak dibuka untuk pemula.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Meredakan Nyeri PMS

Ternyata, manfaat yoga tidak hanya sebagai bentuk meditasi, melainkan juga dapat memperbaiki postur tubuh. Ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Yoga untuk Postur Tubuh

manfaat yoga untuk postur tubuh.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat yoga pada dasarnya adalah menyeimbangkan kondisi fisik dan mental.

Untuk itu, saat berlatih yoga, Moms akan diajarkan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus dengan baik.

International Journal of Multidisciplinary mengungkapkan manfaat yoga dilihat dari sudut pandangan ilmiah.

Studi ini menunjukkan, rutin berolahraga yoga mampu melatih kekuatan otot, fleksibilitas, hingga mampu mencegah kolesterol tinggi.

Berkaitan dengan memperbaiki postur tubuh seseorang, manfaat yoga satu ini juga sudah diungkapkan dalam International Journal of Indian Psychology.

Studi ini menunjukkan bahwa postur tubuh dapat semakin baik karena yoga meningkatkan fleksibilitas.

Berlatih yoga juga membuat Moms menjadi lebih mampu mengenali tubuh saat membungkuk atau memiliki postur tubuh yang buruk sehingga ada keinginan untuk memperbaikinya.

Baca Juga: 5 Jenis Pose Yoga Ini Bisa Bantu Atasi Sembelit

Perlu dipahami, postur tubuh yang buruk bisa mengakibatkan sakit punggung atau leher, dan masalah otot serta persendian lainnya.

Hal yang tidak kalah penting, bahwa yoga memberikan ketenangan dalam pikiran.

Yoga baik untuk kesehatan mental Moms, membantu menurunkan tingkat stres dan mencegah rasa cemas atau frustasi yang berlebihan.

Yoga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh melainkan juga mental seseorang.

Pose Yoga yang Baik untuk Postur Tubuh

“Postur tubuh yang buruk dan terjadi pada banyak orang ketika menghabiskan waktu duduk di kursi dan bekerja di depan komputer. Yoga bisa menjadi cara untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ungkap Julie Gudmestad, instruktur Iyengar Yoga yang sudah bersertifikasi dan ahli terapi fisik di Portland, Oregon.

Nah, Moms, berikut ini beberapa pose yoga yang baik dicontoh untuk memperbaiki postur tubuh, yaitu:

1. Mountain Pose (Tadasana)

manfaat yoga untuk postur tubuh-1.jpg

Foto: yogajournal.com

Terlihat sederhana, tapi sebenarnya pose ini cukup kompleks karena mengajak Moms untuk mampu memposisikan tubuh secara vertikal sempurna.

Mungkin saja awalnya Moms akan lebih cenderung untuk membungkuk atau mendorong bahu terlalu ke belakang.

Padahal, inti dari gerakan ini adalah tidak condong ke depan atau belakang, melainkan simetris di kedua sisi garis tengah.

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Tingkatkan Hubungan Pernikahan

2. Cat-Cow Stretch (Chakravakasana)

manfaat yoga untuk postur tubuh-2.png

Foto: theactivetimes.com

Pose cat-cow ini sangat baik untuk membantu Moms menemukan lekukan alami tulang belakang yang ideal.

Biarkan gerakan berasal dari tulang ekor dan putar tulang belakang sehingga kepala menjadi yang terakhir bergerak.

Pose ini juga melatih Moms untuk mampu melakukan posisi netral lebih akurat.

3. Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

manfaat yoga untuk postur tubuh-3.jpg

Foto: freepik.com

Pose yang satu ini membuka area dada dan bahu, sehingga mampu mencegah postur tubuh yang buruk.

Bridge pose juga akan memperkuat punggung Moms, serta memberikan tulang belakang lebih banyak dukungan.

Setelah mengangkat pinggul, selipkan tulang belikat ke punggung. Lalu, rilekskan bokong dan angkat pinggul sedikit lebih tinggi.

Baca Juga: Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya

Itulah beberapa gerakan sederhana yang bisa Moms coba untuk memulai olahraga yoga. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait