KESEHATAN
16 Maret 2019

Jangan Disepelekan! Ini 7 Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat zat besi bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dibilang, tanpa zat besi, tubuh manusia tidak akan bekerja dengan baik, karena mineral ini sangat berhubungan erat dengan ketersediaan jumlah darah di dalam tubuh.

Zat besi adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah.

Sel darah merah sendiri fungsinya adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ dapat bekerja dengan baik.

Bila sel darah merah dalam tubuh berkurang, jaringan dan otot-otot tubuh tentu tidak akan mendapatkan cukup oksigen. Untuk lebih lengkapnya, ini dia manfaat zat besi bagi kesehatan tubuh yang harus Moms ketahui!

Manfaat Zat Besi untuk Tubuh

img efectos secundarios del nolotil 17806 orig

1. Meningkatkan Hemoglobin

Fungsi utama zat besi adalah untuk membentuk hemoglobin, protein merah yang tujuan utamanya adalah untuk mengangkut oksigen di dalam darah.

Siklus kehidupan seseorang, terutama wanita, memungkinkan mereka kehilangan darah karena berbagai sebab, misalnya akibat cedera, haid, melahirkan, dan sebagainya. Dan hal ini diatasi oleh ketersediaan zat besi yang terus memproduksi hemoglobin.

“Setiap sel di tubuh membutuhkan zat besi. Meski hemoglobin sudah cukup untuk mengantar oksigen ke jaringan tubuh, zat besi tetap dibutuhkan untuk otot dan sel otak,” jelas Dr. Reed E. Drews, profesor di Beth Israel-Deaconess Medical Center.

2. Mencegah Anemia

Anemia merupakan masalah kekurangan nutrisi paling umum yang banyak terjadi di dunia, dan banyak diderita oleh wanita, terutama pada wanita haid, hamil, dan menyusui.

“Banyak yang tidak menyadari bahwa mereka menderita anemia sampai mereka merasakan gejalanya. Mereka akan terlihat pucat dan mengalami kesulitan saat olahraga,” ujar Elaine Chottiner, MD, profesor dan director di General Hematology Clinics, University of Michigan Medical Center.

Anemia terjadi ketika kadar hemoglobin berada di bawah kisaran normal, menimbulkan gejala kelelahan, pusing, detak jantung yang cepat, dan malaise atau perasaan sakit dan lemah secara keseluruhan.

Lagi-lagi, ketersediaan zat besi yang mencukupi untuk memproduksi hemoglobin dapat membantu mencegah anemia.

Baca Juga: Yuk, Berikan 9 Makanan Kaya Zat Besi Ini untuk Anak

3. Mengurangi Kelelahan

Zat besi dapat membantu mengatasi kelelahan tanpa sebab, yang dapat memengaruhi baik pria dan wanita.

Bahkan pada seseorang yang tidak menderita anemia, kadar zat besi yang rendah masih dapat mengurangi tingkat energi mereka.

Kelelahan karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan, dan mengganggu rutinitas sehari-hari.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot

Kelemahan otot dan kekurangan zat besi sangatlah berhubungan. Kecukupan zat besi dapat membantu menyediakan oksigen yang diperlukan untuk kontraksi otot.

Penelitian menunjukkan bahwa zat besi yang rendah dapat menyebabkan hilangnya tonus otot dan elastisitas. Kekurangan zat besi juga akan membuat jaringan otot meradang, yang menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: Bayi Cukup Zat Besi atau Belum ya? Yuk Pastikan dengan Cara Ini!

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zat besi berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini terkait dengan ketersediaan hemoglobin yang menyediakan oksigen ke sel, jaringan, dan organ tubuh yang rusak.

Sistem kekebalan yang kuat mampu melawan penyakit dan infeksi. Karena itu, tanpa zat besi, proses penyembuhan bisa jadi akan berlangsung lebih lama.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Penelitian menunjukkan bahwa level kognitif akan menurun seiring dengan kekurangan zat besi. Ketika kadar zat besi dalam darah turun, konsentrasi dan fokus akan terpengaruh.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian menunjukkan hubungan antara cadangan zat besi yang rendah dengan masalah tidur, termasuk tidur gelisah, sleep apnea, dan insomnia.

Penelitian menemukan tidur gelisah pada anak dengan autisme dapat ditingkatkan dengan terapi zat besi.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Anak Kekurangan Nutrisi Penting

Sumber Zat Besi yang Bisa Dikonsumsi

425185084

Departemen Pertanian Amerika Serikat menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya. Kebanyakan orang yang mengalami kekurangan zat besi adalah karena tidak mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kita bisa mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan zat besi, seperti:

- Sereal, biji-bijian

- Daging ayam, hati, telur, salmon, sarden

- Bit, kale, bayam, kacang merah, kacang polong, kacang tanah

Itulah beberapa manfaat zat besi untuk kesehatan tubuh. Luar biasa bukan? Jangan sampai lalai untuk mengonsumsi asupan makanan kaya zat besi ya, Moms!

(VAN)

Artikel Terkait