PROGRAM HAMIL
21 Mei 2020

Manfaat Zinc Untuk Fertilitas Pria dan Wanita

Selain folic acid, penelitian juga menemukan adanya manfaat zinc untuk fertilitas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bagi Moms yang sedang merencanakan kehamilan, Dokter pada umumnya akan merekomendasikan folic acid sebagai suplemen tambahan.

Tidak hanya dikonsumsi sebelum hamil, folic acid bahkan tetap direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan, sesuai dosis petunjuk Dokter.

Kini sebuah penelitian terhadap hewan melirik jenis vitamin lain yang rupanya tidak kalah bermanfaat bagi fertilitas, yaitu zinc.

Berikut ini penelitian mengenai manfaat zinc untuk fertilitas wanita dan pengaruhnya pada fertilitas pria.

Manfaat Zinc Untuk Fertilitas Wanita

1 Manfaat Zinc Untuk Fertilitas Wanita.jpg

Foto: Michael Longmire – Unsplash.com

Manfaat zinc untuk fertilitas dapat dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Biology of Reproduction.

Studi yang berlangsung selama enam bulan ini meneliti tikus betina yang dikontrol asupan zinc-nya atau menjalani diet kekurangan zinc selama empat sampai lima hari sebelum ovulasi.

Lalu, perkembangan plasenta dan embrio dievaluasi pada hari ketiga, enam, 10, 12 dan 16 kehamilan. Hasil pada tikus memperlihatkan kurangnya asupan zinc dapat menyebabkan tingginya risiko keguguran dan embrio dari grup yang menjalani diet kekurangan zinc 38% lebih kecil dibandingkan dengan kelompok zinc terkontrol.

Kekurangan zinc menjelang pembuahan juga menyebabkan setengah dari embrio mengalami perkembangan yang tertunda atau menyimpang.

Baca Juga: Mau Tahu Apa Saja Makanan yang Mengandung Zinc?

Salah satu cara zinc dapat memengaruhi perkembangan telur adalah dengan mempromosikan program epigenetik dari DNA oosit (sel telur yang belum matang).

Selama proses perkembangan telur, tag kimia ditambahkan pada beberapa lokasi spesifik dalam DNA dan sangat penting bagi telur untuk secara penuh mendukung perkembangan embrio dan plasenta nantinya.

Menyerupai Folic Acid

2 Menyerupai Folic Acid.jpg

Foto: Free-Photos – Pixabay.com

Dengan melihat manfaat zinc untuk fertilitas dalam penelitian ini, para peneliti berharap Moms yang berniat untuk hamil dapat melakukan upaya khusus dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc.

Terutama seminggu sebelum ovulasi atau bahkan mengonsumsi suplemen zinc. Makanan yang mengandung kadar zinc cukup tinggi, antara lain: daging, makanan laut, dan susu.

“Kelihatannya zinc terlihat seperti folic acid, yang merupakan salah satu nutrisi rekomendasi Dokter sebelum wanita hamil. Karena diperlukan sebelum pembuahan guna memastikan kualitas telur. Zinc sangat mirip dengan hal ini, dimana juga diperlukan sebelum pembuahan,” ungkap Francisco Diaz, Asisten Profesor Biologi Reproduksi di Penn State, seperti dikutip dari futurity.org.

Baca Juga: Mau Punya Anak Pintar? Minumlah Folic Acid, Moms

Manfaat Zinc Untuk Fertilitas Pria

3 Manfaat Zinc Untuk Fertilitas Pria.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Manfaat zinc untuk fertilitas, tidak hanya ditemui pada wanita, namun juga untuk pria. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dalam jurnalFertility & Sterility yang meneliti 108 pria subur dan 103 pria kurang subur.

Penelitian selama 26 minggu ini menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 66 mg zinc setiap hari ditambah dengan 5 mg folic acid mengalami peningkatan jumlah sperma yang sangat signifikan.

Sedangkan pria yang kurang subur mengalami 74 persen peningkatan pada jumlah sperma dan peningkatan minor sekitar 4% spermatozoa abnormal.

Baca Juga: Cara Menurunkan Risiko Infertilitas Pada Pria

“Pria dengan tingkat zinc rendah memperlihatkan jumlah dan kualitas sperma yang buruk,” ungkap Dokter naturopati, ahli gizi, pendiri Holistic Fertility Center di Bay Area, dan pengarang buku Fertility Secrets, Aumatma Shah, ND, seperti dikutip dari thebump.com.

Kini saatnya Moms dan Dads memastikan kembali asupan zinc harian, setelah melihat adanya bukti konkret manfaat zinc untuk fertilitas.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar fertilitas, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait