RESEP
29 Mei 2019

Manis Legit nan Legendaris, Ini 6 Jajanan Tradisional dari Gula Merah Khas Indonesia

Enak dan nikmat di santap bersama keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Jajanan tradisional dari gula merah yang akrab dengan kita mungkin adalah klepon. Namun sebenarnya masih banyak loh makanan dengan gula merah lainnya.

Jika Moms mengaku penggemar minuman boba kekinian dengan campuran brown sugar atau gula merah, berarti Moms juga akan suka jajanan tradisional dari gula merah khas Indonesia.

Rasanya tidak jauh berbeda, hanya saja campuran ini kita temukan dalam bentuk makanan. Bahkan makanan dengan gula merah ini lebih enak loh dibandingkan minuman gula merah. Penasaran? Ini dia daftar jajanan tradisional dari gula merah khas Indonesia.

Baca Juga: 5 Jajanan Masa Kecil Penuh Nostalgia Ini Ternyata Masih Digemari

1. Klepon

jajanan tradisional, makanan dengan gula merah, gula merah

Siapa yang tidak tahu klepon, jajanan tradisional dari gula merah yang hingga saat ini banyak penggemarnya. Klepon adalah kue bulat berwarna hijau yang dibalut dengan parutan kelapa. Adonan hijau ini biasa dihasilkan dari campuran daun pandan atau daun suji.

Bagian dalamnya diisi dengan gula merah cair. Jadi sekali gigit, rasa kue yang kenyal dan gula merah yang manis, akan meleleh di dalam mulut, nikmat rasanya. Tambah lezat jika disantap bersama segelas kopi hangat.

2. Kue Lupis

jajanan tradisional, makanan dengan gula merah, gula merah

Kue Lupis tidak berisi gula merah seperti klepon, melainkan dinikmati bersama saus gula merah. Makanan dengan gula merah ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun menyerupai lontong.

Di bulan ramadan seperti ini, kita akan dengan mudah menemukan kue lupis di para pedagang yang menjual takjil berbuka puasa.

Baca Juga: Kenali 6 Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah

3. Kue Putu

jajanan tradisional, makanan dengan gula merah, gula merah

Makanan dengan gula merah selanjutnya adalah kue putu! Kue ini biasa dijual oleh pedagang keliling saat malam. Bunyinya pun sangat khas, kita akan langsung tahu penjual putu sudah datang jika bunyi mendengar bunyi cerobongnya.

Camilan tradisional ini terbuat dari tepung beras yang dikukus menggunakan bambu. Bentuknya bulat panjang berwarna hijau. Di bagian tengahnya berisi gula merah. Kue putu juga disantap dengan parutan kelapa lho.

4. Kue Dadar Gulung

jajanan tradisional, makanan dengan gula merah, gula merah

Ada juga dadar gulung, sesuai namanya, kue ini terbuat dari kulit pancake yang didadar dan diisi dengan campuran kelapa yang sudah dimaksak dengan gula merah, kemudian digulung. Kue ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional.

5. Misro

jajanan tradisional, makanan dengan gula merah, gula merah

Misro adalah jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Kue ini terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut, kemudian di dalamnya diisi dengan gula merah yang sudah diiris dengan halus.

Cara pembuatan misro dengan digoreng. Kue ini tidak hanya digemari oleh orang tua tetapi juga anak-anak karena rasa manisnya.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Surabaya yang Tak Boleh Dilewatkan

6. Cenil

jajanan tradisional, makanan dengan gula merah, gula merah

Makanan dengan gula merah lainnya adalah cenil. Jajanan tradisional ini terbuat dari ketela pohon yang dibentuk bulat-bulat berukuran sedang dan dibuat warna-warni. Kue ini juga biasa disantap bersama parutan kelapa.

Agar tambah nikmat, jangan lupa tambahkan saus gula merahnya sebagai toping ya. Dijamin rasanya maknyus.

Dari semua jajanan tradisional dari gula merah di atas, kue mana yang menjadi kue favorit Moms?

(AWD)

Artikel Terkait