3-5 TAHUN
30 Agustus 2019

Mari Mencegah Abses Gigi Anak Dengan 3 Cara Ini

Tidak cukup hanya menggosok gigi dua kali sehari, ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal penting yang perlu menjadi perhatian para orang tua. Karena meski terlihat sepele, namun tanpa perawatan yang tepat, anak dapat mengalami abses gigi.

“Abses gigi adalah akumulasi cairan nanah (berisi jaringan mati, sel darah putih, bakteri hidup dan bakteri mati) yang terbentuk dalam pulpa lunak atau akar gigi, atau di antara gusi yang biasanya berasal dari infeksi bakteri,” ungkap dokter gigi, Dr. Karishma Jaradi, seperti dikutip dari timesofindia.indiatimes.com.

Gejala abses gigi anak, antara lain munculnya benjolan seperti jerawat di sekitar gigi dan gusi anak, nyeri saat mengunyah, demam, hingga pembengkakan gusi dan gigi.

Namun, masalah abses gigi anak sebenarnya dapat dihindari jika Si Kecil melakukan perawatan gigi sejak dini. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya abses gigi anak.

1. Batasi Makanan Manis

Mari Mencegah Abses Gigi Anak Dengan 3 Cara Ini 01.png

Foto: babypregnancycare.com

Batasi permen, soda, makanan olahan dan makanan manis lainnya untuk diberikan pada Si Kecil.

Gula yang ditemukan dalam roti atau makanan ringan anak-anak dapat menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi anak.

“Hal yang biasa terjadi adalah jika kamu mengonsumsi gula lebih dari tiga kali sehari, maka akan semakin rentan terhadap kerusakan gigi,” ungkap dokter Paul Casamassimo, D.D.S., Direktur American Academy of Pediatric Dentistry’s Pediatric Oral Health Research and Policy Center, seperti dikutip dari parents.com.

Mengonsumsi camilan sebagai makanan penutup usai makan besar akan lebih baik dibandingkan jika mengonsumsi camilan manis di tengah hari.

Karena Si Kecil akan lebih mungkin minum sesuatu usai makan besar, sehingga air tersebut akan membantu membersihkan gula yang masih menempel pada gigi anak.

Moms juga bisa mengajarkan kebiasaan baik pada Si Kecil untuk selalu minum usai makan besar atau makan camilan, sehingga membantu membersihkan gigi anak.

Hal ini juga berlaku pada bayi yang telah selesai minum susu dari botol untuk diberikan air putih.

Namun pastikan Si Kecil sudah melewati batas usia yang direkomendasikan untuk minum air putih, yaitu enam bulan.

Dikutip dari pregnancy-baby-care.com, kebiasaan membiarkan bayi tidur dengan dot masih menempel pada mulutnya juga dapat menjadi pemicu kerusakan gigi anak dan berpotensi menyebabkan abses gigi.

Baca Juga: Patut Tahu! Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Kunjungi Dokter Spesialis

Mari Mencegah Abses Gigi Anak Dengan 3 Cara Ini 02.jpg

Foto: mccauleydentistry.com

Klinik dokter gigi bisa Moms temui dimana pun, namun untuk merawat kesehatan gigi anak, ada baiknya memilih dokter spesialis gigi anak.

“Kadang dokter gigi biasa tidak memiliki kemampuan, kesabaran, atau waktu untuk melakukan hal yang biasa dilakukan Spesialis Kedokteran Gigi Anak,” ungkap Dr. Paul Casamassimo.

Kedokteran gigi anak telah melalui rangkaian praktek untuk mengatasi anak yang tidak mau duduk diam saat diperiksa atau memiliki komplikasi kesehatan gigi anak yang rumit.

Membawa Si Kecil ke dokter gigi sudah dapat dilakukan saat gigi pertama bayi mulai tumbuh.

Pastikan juga Moms melakukan perawatan rutin setiap enam bulan sekali, agar Si Kecil terbiasa dengan pemeriksaan dokter gigi dan kesehatan gigi anak tetap terjaga.

Jika Moms melihat adanya lubang pada gigi anak, jangan sepelekan hal tersebut dengan menunggu hingga pemeriksaan berikutnya.

Kunjungilah dokter gigi segera, karena masalah gigi anak tidak akan teratasi dengan sendirinya.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Gigi Anak

Perawatan Harian

Mari Mencegah Abses Gigi Anak Dengan 3 Cara Ini 03.jpg

Foto: smilesbydrdonan.com

Apa pun yang melindungi Si Kecil dari masalah gigi berlubang akan melindunginya juga dari masalah abses gigi anak.

Dikutip dari parents.com, Moms bisa mengajarkan sejak dini perawatan gigi anak dengan membantunya melakukan kebiasaan minum air ber-fluoride, menggosok gigi dengan pasta gigi ber-fluoride khusus bayi dan anak, hingga melakukan floss gigi dua kali sehari.

Bagi bayi yang belum memiliki gigi, Moms bisa membersihkan daerah gusi Si Kecil dengan sepotong kain lembut yang dibasahi dengan air hangat.

Usapkan lembut daerah gusi Si Kecil untuk membantu menghilangkan kuman yang bersarang di antara gigi dan gusi.

Itulah tiga hal yang dapat Moms lakukan untuk mencegah terjadinya abses gigi anak. Kebiasaan merawat gigi anak sejak dini akan membantu memaksimalkan kesehatan Si Kecil hingga dewasa.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Melakukan Perawatan Gigi di Trimester Tiga Kehamilan

(GS)

Artikel Terkait