KESEHATAN
19 September 2019

Mari Simak Penyebab dan Cara Membasmi Jerawat Batu di Wajah

Jerawat bisa jadi masalah buat siapa saja. Sebenarnya, tidak akan terlalu mengganggu. Kecuali, jerawatnya jerawat batu.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Di Indonesia, namanya jerawat batu. Namun, nama resminya adalah Cystic Acne, jerawat

berukuran besar yang diakibatkan peradangan di sekitar area jerawat. Bisa ditemui pada lelaki, perempuan, dan biasanya lebih banyak di kulit berminyak.

“Cystic Acne terjadi akibat peradangan kuman penyebab jerawat. Kadang, semakin parah karena ada tambahan infeksi dari kuman lain. Mungkin akibat memegang jerawat atau memencetnya tanpa mencuci tangan,”kata Rachel Nazarian, dokter kulit asal Kota New York dan berpraktik di Schweiger Dermatology Group.

Baca Juga: Milk Blister: Jerawat Pada Puting yang Mengganggu Proses Menyusui

Dimana Jerawat Batu Tumbuh?

images.jpeg

Foto: sciencesource.com

Mengenai lokasi, Dr Nazarian tidak memberikan lokasi spesifik. Menurutnya, jerawat batu bisa tumbuh di mana saja.

“Sama seperti jerawat biasa, Cystic Acne juga bisa tumbuh di mana saja. Selain di wajah, bisa juga muncul di punggung, leher, dada, bahkan di bagian lipatan tubuh,”jelas Dr Nazarian.

Saat terkena jerawat batu, biasanya terasa amat sakit. Apalagi, saat tengah meradang maksimal.Jerawat batu dikatakan parah saat menyebabkan benjolan yang nyeri, merah, dan membengkak besar akibat terkena infeksi.

Untuk mengatasinya, bisa dengan sejenis sendok yang berbentuk bulat di ujungnya. Namanya Sendok Unna. Namun, tidak bisa dilakukan saat jerawat tengah infeksi.

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

Antibiotik

Unknown.jpeg

Foto: harvardhealth.com

"Saat infeksi datang, dokter biasanya akan memeriksa dan membersihkan jerawat. Kemudian pengobatan akan lanjut dengan obat minum. Saat radang datang, ada dua jenis antibiotik yang akan diberikan. Antibiotik minum dan antibiotik oles,” ungkap Dr Nazarian, seraya menyebutkan bahwa obat antiradang akan diberikan mendampingi antibiotik minum.

Apakah mungkin tidak mengonsumsi antibiotik?

Dr Nazarian menjawab diplomatis. “Semuanya tergantung hasil pemeriksaan. Namun, karena yang dilawan adalah bakteri, antibiotik adalah solusi yang paling umum. Bisa mematikan bakteri, dan mempercepat hilangnya radang di kulit.”

Baca Juga: Cara Memencet Jerawat dengan Benar dan Tepat, Tidak Akan Berbekas

(RYO/DIN)

Artikel Terkait