TREN
16 Februari 2018

7 Masakan Mie Khas Negara di Asia yang Paling Enak, Sudah Coba Semua?

Moms sudah coba mie nomor 4?
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Siapa yang tak suka makan mie? Mie merupakan panganan yang terbuat dari adonan tepung yang dipotong, ditarik, digilas, atau digulung dan kemudian dibentuk sesuai keinginan.

Sejarahnya, mie pertama kali ditemukan pada masa Dinasti Han di Cina yang terbuat dari adonan gandum, kini dikenal dengan bakmi untuk mie ayam, dan kemudian menjadi makanan pokok pada zaman tersebut. Selanjutnya, segala negara di Asia kini memiliki varian mie yang sangat beragam. Nah, berikut adalah beberapa olahan mie Asia yang paling enak!

Baca juga: 7 Restoran Kaki Lima di Jakarta yang Tidak Kalah Enak dengan Bintang Lima

1. Mie Aceh, Indonesia

mie aceh

foto: selerasa.com

Mie asal Indonesia ini terkenal dengan bumbunya yang kuat. Di Aceh, panganan ini biasanya berisi seafood seperti udang, cumi, bahkan kepiting. Rasa bumbunya pun sangat kuat dan pedas.

Biasanya mie aceh disajikan dalam bentuk goreng, tumis, atau kuah. Makin mantap jika dinikmati dengan acar timun, acar bawang merah, taburan kacang tanah, perasan jeruk nipis, dan emping.

2. Japchae, Korea

japchae

foto: taste.com.au

Japchae merupakan olahan mie dari Korea. Japchae dibuat dengan cara ditumis dengan kecap asin, minyak wijen, dan beragam sayuran selerti tauge, wortel, dan bokchoy. Mienya memiliki tekstur yang kenyal dan transparan. Japchae kerap menjadi side dish untuk dimakan bersama nasi.

3. Miso ramen, Jepang

mie khas (2)

foto: delicious.com.au

Mie Jepang ini berasal dari Hokkaido. Kuahnya yang memiliki rasa umami yang kuat karena penggunaan miso. Karena kuahnya memiliki cita rasa yang kuat, biasanya ramen ini hanya berisi sayuran, telur rebus, dan irisan daun bawang. Namun untuk menambah rasa manis, miso ramen ini juga diberi jagung manis.

Baca juga: 7 Jajanan Bakso Unik yang Bikin Ngiler!

4. Beef pho, Vietnam

pho

foto: taste.com.au

Pho merupakan panganan mie khas Vietnam. Meski kuahnya terlihat bersih, namun rasa kaldu yang diberikan sangat kuat. Penyajian pho pun sangat unik karena irisan daging mentah ditaruh di atas mie dan daun kemangi, mint, dan tauge. Kuah yang panas kemudian mematangkan daging yang ada dalam mangkuk. Tak lupa beri irisan cabai dan kecap asin agar semakin nikmat.

5. Laksa ayam, Malaysia dan Singapura

mie khas (1)

foto: taste.com.au

Laksa ayam ini merupakan panganan yang akan banyak kita temui di Malaysia dan Singapura. Kuahnya kental dengan cita rasa yang tajam dan pedas. Mie yang digunakan merupakan mie beras yang tebal dan kenyal, kemudian diberi topping seledri dan tahu.

6. Pad thai, Thailand

mie khas (3)

foto: bonappetit.com

Kalau ini merupakan mie goreng dari Thailand yang sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di sana. Rasanya asam segar karena menggunakan air asam jawa dengan saus ikan. Tak hanya itu, pelengkapnya terdiri dari berbagai sayuran, udang, telur, daun bawang kemudian ditaburi kacang cincang dan potongan daun ketumbar. Segar dan nikmat!

Baca juga: 10 Makanan Terenak di Dunia, Sudah Coba yang Mana?

7. Mie goreng, Indonesia dan Malaysia

mie khas (1)

foto: recipesbnb.com

Siapa yang tak kenal mie goreng? Makanan khas Indonesia dan Malaysia ini menjadi favorit banyak orang, bahkan para turis. Cita rasanya pedas manis karena menggunakan bawang, kecap, dan cabai. Isinya sendiri biasanya berupa sayuran seperti sawi hijau, tauge, telur, daging, dan seafood. Makin lengkap kalau dimakan bersama kerupuk yang renyah.

Gimana Moms? Sudah mencoba seluruh menu mie favorit diatas?

(DNY)

Artikel Terkait