KESEHATAN
3 November 2019

Mata Ikan, Ini 5 Penyebabnya!

Ternyata penyebab mata ikan merupkan hal yang umum kita lakukan, namun seringkali diabaikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apa Moms pernah melihat bagian kulit yang keras, berbentuk bulat dengan inti di tengah? Bentuknya menyerupai kapalan, tapi ternyata bukan.

Kondisi ini biasa disebut mata ikan. Dikutip dari webmd.com, mata ikan cenderung terjadi di bagian bawah kaki, dan beberapa dokter percaya kondisi ini disebabkan oleh saluran keringat yang tersumbat.

Jadi, apa penyebab mata ikan? Bagaimana bisa terjadi?

Ukuran Sepatu yang Tidak Pas

listicle 1.jpeg

Foto : podiatristlansdale.com

Ukuran sepatu yang tidak pas seringkali menyebabkan kaki bergesekan pada sepatu untuk waktu yang lama. Hal ini dapat menjadi penyebab mata ikan.

Jika Moms sudah sering melakukan perawatan, tapi mata ikan kerap muncul, itu artinya Moms harus mencari sepatu yang lebih mendukung dan nyaman.

Kaki dapat berubah ukuran seiring waktu, dan ukuran sepatu dapat bervariasi antara yang satu dengan yang lain. Moms mungkin perlu beralih ke ukuran yang lebih besar atau membeli sepatu yang dibuat untuk kaki yang lebih lebar.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Clavus atau Mata Ikan Pada Anak

Sering Menggunakan High Heels

listicle 2.jpg

Foto : triadfoot.com

Seperti dikutip dari dailymails.co.uk, menurut ahli penyakit kaki, Jemma Klein-Besser, 37, dari London, pendiri Jem Footcare, “High heels bukan hanya menyebabkan masalah seperti mata ikan atau kapalan saja, tapi juga berbahaya untuk persendian terutama bagian lutut”.

Banyak sekali jenis high heels yang membuat tumpuan berada seluruhnya di bagian jari kaki. Hal ini pemicu terbesar wanita rentan terkena mata ikan dibanding pria. Menurut webmd.com, 9 dari 10 wanita mengenakan sepatu yang terlalu kecil, menjadi penyebab mata ikan, lecet, dan iritasi pada sendi kaki.

Baca Juga: Ketahui 7 Cara Aman Mengatasi Mata Ikan pada Ibu Hamil

Sering Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki

listicle 3.jpg

Foto : dosinghealth.com

Jika Moms mengenakan sepatu, tanpa menggunakan kaus kaki, kulit pada bagian kaki akan bergesekan langsung dengan bahan sepatu, hal itu dapat menjadi penyebab mata ikan.

Kenakan kaus kaki yang tebal untuk melindungi jari-jari kaki Moms. Selain itu Moms juga bisa menutupi bagian atas jari-jari kaki dan sisi kaki dengan perban khusus, di mana gesekan paling sering terjadi dan rawan muncul mata ikan.

Memiliki Kuku Kaki yang Panjang

listicle 4.jpg

Foto : invidio.us

Kuku kaki yang panjang juga dapat membuat jari kaki kita secara dipaksakan menekuk pada posisi yang tidak normal di dalam sepatu. Hal ini dapat membuat buku-buku jari bergesekan pada sepatu hingga membuat mata ikan atau kapalan pada jari kaki.

Jaga agar kuku kaki tetap terpotong dan tidak panjang untuk menghindari jari kaki bergesekan.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menyembuhkan Kapalan

Memainkan Instrumen atau Menulis

listicle 5.jpeg

Foto : lithub.com

Meski kondisi ini lebih mungkin menyebabkan kapalan, tapi ada juga yang menjadi penyebab munculnya mata ikan. Kapalan atau mata ikan dapat terjadi karena hasil dari tekanan berulang saat bermain instrumen, atau bergesekan dengan pensil saat menulis.

Untuk menghindari mata ikan terjadi, gunakanlah sepatu yang pas, kaus kaki, atau bantalan khusus untuk mencegah gesekan berulang terjadi.

Artikel Terkait