JALAN-JALAN
29 Juli 2019

Mau Liburan Murah? Ini Waktu Terbaik Memesan Tiket Pesawat dan Hotel

Booking hotel di akhir pekan untuk mendapatkan harga terbaik!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dalam menyusun rencana liburan, penting untuk mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik. Tentu saja, hal ini termasuk dengan tiket pesawat dan hotel. Apalagi bila Moms berencana pergi ke luar negeri atau ke daerah lain.

Namun, untuk memesan tiket penerbangan jarak jauh, tidak jarang harga tiket yang tersedia punya harga yang mahal. Sementara itu, Moms juga butuh untuk memesan hotel nyaman dengan harga yang murah.

Tapi tenang Moms, karena tidak selamanya harga tiket pesawat dan hotel tetap di angka yang sama. Dengan beberapa tips dan trik, Moms bisa membeli tiket dengan harga jauh lebih murah.

Ketahui saat terbaik membeli tiket pesawat dan memesan hotel agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Waktu Terbaik Membeli Tiket Pesawat

memesan tiket pesawat murah.jpg

Joe Brancatelli, penerbit situs web perjalanan JoeSentMe.com, mengungkapkan bahwa setidaknya ada sebagian kecil dari kursi pesawat punya harga tiket berbeda.

"Dalam satu penerbangan, mungkin ada lebih dari selusin kategori harga. Di pesawat 150 kursi, mungkin ada 50 harga berbeda," katanya.

Selain itu, Joe juga memberikan tips untuk membeli tiket pesawat agar mendapatkan harga lebih rendah dari harga rata-rata.

Baca Juga: Banyak Long Weekend, Ini 5 Cara Berburu Tiket Pesawat Murah

1. Pesan Tiket Pesawat Setidaknya 7 Minggu Sebelum Keberangkatan

Mengutip U.S. News, penumpang membayar dengan harga terendah, hampir 10 persen di bawah tarif rata-rata, jika mereka membeli tiket 50 hari sebelum penerbangan mereka, menurut data Airlines Reporting Corporation.

Data dikumpulkan dengan memeriksa penjualan tiket pada 2017 dari agen perjalanan online dan perusahaan di A.S. untuk 500 destinasi.

Tetapi, perlu diingat bahwa ini bukan strategi yang pasti untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

"Ini hanya tren. Maskapai penerbangan akan membuat penawaran berharga tersedia setiap saat. Tapi, rata-rata, kami melihat pendekatan 50 hari ini berhasil," jelas Chuck Thackston, direktur pelaksana ilmu dan penelitian data ARC.

2. Pesan Tiket di Jam 3 Sore

Jika Moms tidak berhasil mendapatkan diskon yang di pagi hari, sebuah studi oleh FareCompare.com mengatakan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat untuk perjalanan domestik adalah pada hari Selasa pukul 3 sore.

Namun, George Hobica, pakar perjalanan dan jurnalis, berpendapat bahwa harga penawaran terbaik sering bervariasi, jadi tidak ada satu hari atau satu waktu tertentu di mana harga tiket pesawat pasti dijual murah.

3. Hari Penerbangan Termurah: Selasa, Rabu, dan Sabtu

Menurut penelitian FareCompare.com, hari termurah untuk terbang adalah di hari Selasa, Rabu, dan Sabtu untuk perjalanan domestik.

"Terbang pada hari-hari dalam seminggu ini hampir selalu merupakan pilihan termurah di A.S.," menurut situs web tersebut.

Sementara untuk perjalanan internasional, hari kerja biasanya lebih murah daripada akhir pekan. Hari Jumat dan Minggu adalah hari paling mahal untuk perjalanan domestik.

Baca Juga: 6 Hotel dengan Suasana Romantis untuk Staycation Singkat Bersama Suami

Waktu Terbaik Memesan Hotel

memesan hotel murah-2.png

Mengutip Clark.com, situs web perjalanan Kayak menganalisis data untuk mengungkapkan hari dan waktu terbaik untuk memesan kamar hotel.

Dalam Global Hotel Study yang pertama kali diadakan di Kayak, ditemukan bahwa memesan hingga menit terakhir untuk melakukan pemesanan, setidaknya 1-3 hari sebelumnya, dapat menghemat antara $15 dan $20 per malam.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa memesan kamar hotel selama akhir pekan (bukan menginap di akhir pekan) bisa jadi strategi penghematan uang karena semakin sedikit orang yang mencari.

“Kami melihat penawaran dan permintaan memainkan peran utama terkait harga kamar hotel, yang berada pada puncaknya Senin hingga Rabu. Pencarian dan harga mulai semakin menurun mendekati akhir pekan, dengan harga pada hari Jumat terendah hingga Sabtu, ketika orang yang mencari 23-30 persen lebih sedikit," jelas laporan tersebut.

Penting juga untuk memerhatikan hari check-in dan check-out hotel tujuan. Situs Kayak menemukan bahwa check-in pada hari Jumat atau Sabtu dan check-out pada hari Minggu adalah pilihan paling mahal secara umum.

Menurut data situs web Kayak, check-in hari Minggu adalah yang termurah, diikuti dengan hari Senin dan Selasa.

Nah, itu dia Moms tips dan trik memesan tiket pesawat dan hotel agar mendapatkan harga yang murah. Sudah siap liburan bersama Si Kecil dan pasangan?

Artikel Terkait