NEWBORN
9 Agustus 2019

Mau Melakukan Newborn Photoshoot? Siapkan 7 Hal Ini!

Tips agar foto bayi baru lahir berjalan lancar dan sesuai harapan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Memotret bayi baru lahir memang sedang tren. Tapi, lebih dari itu, dokumentasi ini akan jadi kenangan manis di masa depan. Masa kecil tak akan terulang dua kali, kan?

Selain melakukan persiapan foto dan video persalinan, Moms yang sedang hamil juga perlu menyiapkan newborn photoshoot. Ini beberapa hal yang perlu Moms diskusikan bersama suami untuk persiapan newborn photoshoot!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Newborn Photoshoot Perlu Dilakukan, Bisa Bikin Ibu Bahagia!

1. Kapan Newborn Photoshoot Bisa Dilakukan?

Waktu terbaik untuk memotret bayi baru lahir adalah saat Si Kecil berusia 5-10 hari. Di umur tersebut, bayi lebih mudah diatur posenya karena tulang bayi masih lunak. Jadi, setelah melahirkan, minta suami segera memesan jasa fotografer bayi.

2. Pikirkan Konsep untuk Newborn Photoshoot

persiapan newborn photoshoot

Foto: jenkuhsephotography.com

Persiapan newborn photoshoot selanjutnya adalah konsep. Carilah inspirasi foto bayi baru lahir di Pinterest atau di tempat lain.

Apakah Moms menginginkan foto momen Moms dan Si Kecil, atau ingin ia dipakaikan baju, properti, dan gaya lucu? Setelah mendapat konsep yang jelas, komunikasikan dengan fotografer.

3. Perhatikan Lokasi Pemotretan

Lokasi pemotretan merupakan persiapan newborn photoshoot yang paling penting. Rumah adalah tempat yang nyaman dan menyediakan semua kebutuhan Moms dan Si Kecil.

Tidak perlu merasa segan jika fotografer melihat rumah Moms berantakan. Menurut From the Hip Photo, tim fotografi asal Colorado mengingatkan kalau fotografer paham repotnya jadi orang tua baru.

“Jangan khawatir, kita sudah terbiasa melihat rumah berantakan akibat baru punya bayi. Kita akan membantu mencari spot terbaik untuk foto di rumah dan bahkan membantu Anda merapikan tempat tersebut,” jelas From the Hip Photo.

Fotografer membutuhkan tempat yang mendapat banyak cahaya alami, misalnya dari jendela besar. Mereka akan menghindari penggunaan lampu flash karena mata bayi masih sensitif.

Oh, iya, pastikan suhu ruangan sekitar 26-27 derajat Celcius, ya, Moms, agar bayi tidak merasa kegerahan maupun kedinginan. Sebab, ia akan lebih banyak difoto tanpa pakaian.

Kalau merasa tidak percaya diri dengan rumah Moms, bisa kok melakukan newborn photoshoot di studio.

Baca Juga: Inspirasi Berbagai Tema Maternity Photoshoot dari 7 Selebriti Indonesia

4. Persiapkan Properti

persiapan newborn photoshoot

Foto: shootproof.com

Agar tidak terburu-buru sekaligus tidak punya waktu untuk mengubah rencana, Moms bisa mulai membeli aneka properti foto sejak kehamilan minggu ke-32.

Untuk barang-barang yang perlu dibeli secara online, pre-order, apalagi impor, Moms perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk produksi dan pengiriman.

Ini barang-barang yang perlu Moms siapkan untuk pemotretan bayi baru lahir:

  • Keperluan dasar seperti popok, tisu basah, susu, dan sebagainya
  • Beberapa setel pakaian bayi untuk photoshoot (sebaiknya yang memakai kancing atau resleting agar mudah dipakai dan dilepas tanpa mengganggu tidurnya)
  • Properti seperti headband, topi, kaos kaki, boneka beruang, bantal kecil, dan sebagainya
  • Selimut
  • Pakaian untuk foto keluarga

5. Pastikan Bayi Kenyang

Susui Si Kecil 30 menit sebelum pemotretan dimulai. Jika anak menyusu pakai botol, selalu pastikan susu botol tersedia agar Moms bisa memberikan susu sewaktu-waktu dibutuhkan.

Bayi yang kenyang akan tidur lebih nyenyak, sehingga pemotretan akan berjalan dengan lebih lancar. Jika Moms bersedia, momen menyusui juga bisa diabadikan, lho!

6. Foto Bersama Si Kakak dan Hewan Peliharaan

persiapan newborn photoshoot

Foto: landonschneiderphotography.com

Jika Moms ingin melakukan newborn photoshoot bersama anggota keluarga lainnya, Moms tentu perlu mengajak si kakak dan mungkin hewan peliharaan.

Ingatkan Si Kakak untuk tenang dan tidak mengganggu adiknya dengan menjelaskan situasinya sebelum pemotretan dimulai.

Pastikan juga hewan peliharaan yang Moms bawa tidak mengganggu Si Kecil dan mengacaukan pemotretan.

Baca Juga: Unik! Ini Inspirasi Maternity Photoshoot Bertema Hutan ala Celine Evangelista

7. Bersabarlah

Pemotretan dengan bayi biasanya akan memakan waktu lama karena akan ada banyak jeda untuk menyusui, mengganti popok dan membersihkan kotoran bayi (terutama jika bayi difoto telanjang), dan menggendongnya saat Si Kecil menangis.

The Shelby Studio, Texas, mengingatkan Moms dan Dads agar tidak stres saat melaksanakan newborn photoshoot. Fotografer bayi sudah memahami semua yang perlu mereka lakukan, jadi tidak perlu was-was!

Nah, di saat mereka mengarahkan gaya bayi, memasang properti, dan bahkan menggantikan bajunya, Moms bisa beristirahat sebentar. Kunci dari menghadapi bayi memang satu: sabar!

Itu dia beberapa persiapan newborn photoshoot yang perlu Moms dan Dads ketahui. Selamat berfoto!

(EMA)

Artikel Terkait