PROGRAM HAMIL
17 Februari 2020

Mau Punya Anak Pintar? Minumlah Folic Acid, Moms

Selain kesuburan, manfaat folic acid pada anak juga menjadikannya lebih pintar
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Folic acid merupakan jenis vitamin B yang sering direkomendasikan oleh Dokter untuk memaksimalkan kesuburan dan menjaga kesehatan kehamilan.

Namun kini, sebuah penelitian menemukan adanya manfaat lain dari folic acid, yang tidak hanya baik untuk kesehatan Moms dan Dads, tapi juga terbukti adanya manfaat folic acid pada anak. Berikut penjelasannya.

Manfaat Folic Acid

1 Manfaat Folic Acid.jpg

Foto: Pexels – Pixabay.com

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hingga 70% dari kondisi cacat tabung saraf (cacat lahir yang mengenai otak dan tulang belakang) dapat dicegah jika setiap wanita usia subur mengonsumsi folic acid setiap hari.

Itulah mengapa, para Dokter merekomendasikan wanita untuk rutin mengonsumsi folic acid selama masa kehamilan. Bahkan, jika folic acid diminum sebelum kehamilan, dapat membantu wanita untuk meningkatkan peluang kehamilannya.

Baca Juga: Serba-serbi Mengenai Folic Acid yang Biasa Diresepkan Saat Program Hamil

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan pada acara tahunan American Society for Reproductive Medicine di New Orleans.

Dikutip dari dailymail.co.uk, penelitian ini memperlihatkan bahwa wanita yang secara rutin mengonsumsi folic acid, memiliki 40% risiko lebih rendah untuk mengalami masalah produksi telur, yang juga menjadi penyebab terbesar kedua terjadinya infertilitas.

Manfaat tersebut tidak hanya berhenti pada kesehatan Moms, karena penelitian lainnya menemukan adanya manfaat folic acid pada anak.

Manfaat Folic Acid Pada Anak

2 Manfaat Folic Acid Pada Anak.jpg

Foto: Pexels – Pixabay.com

Dalam sebuah studi yang berlangsung tahun 2012-2014, mencoba melihat manfaat folic acid pada anak. Penelitian dalam jurnal Lancet Global Health ini meneliti 3.000 anak Indonesia usia sembilan hingga 12 tahun yang ibunya telah mengonsumsi multi-micronutrient supplements (MMN) atau suplemen folic acid secara rutin selama kehamilan.

Hasilnya, anak dalam kelompok yang mengonsumsi folic acid menunjukkan kekuatan dalam memori prosedural. Hal ini terkait dengan kinerja akademik dan mempelajari keterampilan baru, seperti: mengemudi, mengetik, membaca, matematika, dan bahasa.

Baca Juga: 5 Makanan Kaya Folic Acid

Para peneliti menyebutkan bahwa perbaikan dalam memori prosedural ini setara dengan setengah tahun sekolah.

“Studi ini menunjukkan bahwa Moms yang mengonsumsi suplemen mikronutrien selama kehamilan dapat memberikan keuntungan hidup bagi anak mereka,” ungkap Karlee Silver, VP dalam program penelitian ini di Grand Challenges Kanada, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Rekomendasi Folic Acid

3 Rekomendasi Folic Acid.jpg

Foto: michaelshouse.com

Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan semua wanita usia reproduksi untuk mengonsumsi 400 mikrogram folic acid setiap hari.

Bahkan dengan banyaknya kehamilan yang tidak direncanakan, mengonsumsi folic acid sedari dini akan memberi manfaat folic acid pada anak dan Moms secara maksimal.

Baca Juga: Khasiat Linoleic Acid untuk Atasi Jerawat saat Hamil

“Sangat penting bagi semua wanita usia reproduksi untuk mengonsumsi suplemen folic acid setiap hari, untuk keamanan, meskipun saat ini sedang tidak berusaha untuk hamil,” ungkap direktur medis di March of Dimes, Diane Ashton, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Selain melalui suplemen, bentuk alami folic acid juga dapat ditemui beberapa jenis makanan, seperti biji-bijian utuh dan sereal.

Tidak hanya bermanfaat untuk fertilitas, kini saatnya Moms mulai mengonsumsi folic acid. Karena juga terbukti adanya manfaat folic acid pada anak.

Bila masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil dan kehamilan, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait