PROGRAM HAMIL
11 Juli 2018

Mau Tumbuh Kembang Janin Optimal? Ini Gizi Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Berikut ini kelompok makanan bergizi yang perlu Moms perhatikan selama kehamilan
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Ibu hamil tentunya membutuhkan asupan zat-zat bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuhnya juga janin dalam kandungan. Ya, konsumsi makanan yang sehat sangat penting diperhatikan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, untuk mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan, bumil perlu mengonsumsi makanan bervariasi dengan kandungan yang beragam dari berbagai kelompok makanan.

Misalnya, makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Umumnya bumil membutuhkan setidaknya 300 kalori tambahan setiap harinya.

Supaya calon bayi Moms tumbuh kembangnya optimal, berikut ini kelompok makanan bergizi yang perlu Moms perhatikan selama kehamilan:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh selama kehamilan. Adapun makanan sumber karbohidrat di antaranya adalah roti dan biji-bijian.

Kemudian, gandum utuh dan produk yang diperkaya memberikan zat gizi penting seperti zat besi, vitamin B, serat dan beberapa protein.

Bahkan, Moms bisa mendapatkan sejumlah kandungan asam folat yang dibutuhkan janin dari roti dan sereal. Berapa sebaiknya Moms mengonsumsi makanan ini?

Tergantung pada berat badan dan kebutuhan diet Moms. Setidaknya Moms harus mengonsumsi antara 6-11 porsi (6-11 ons) roti atau biji-bijian setiap hari.

Baca Juga : Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

Protein

Makanan yang mengandung protein di antaranya daging, unggas, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Janin yang sedang berkembang di dalam rahim membutuhkan banyak protein, terutama pada trimester kedua dan ketiga.

Berapa kebutuhan protein bagi ibu hamil? Recommended Dietary Allowances (RDA) atau Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan (AKG) di Amerika Serikat merekomendasikan sekitar 27 mg per hari.

Nah, daging sapi tanpa lemak, ayam, domba, hati, kalkun, dan daging sapi muda adalah pilihan yang baik. Ikan dan beberapa makanan laut lainnya dapat menjadi pilihan gizi yang baik untuk kehamilan. Akan tetapi, ikan yang mengandung tingkat merkuri tinggi harus dihindari.

Vitamin

Salah satu vitamin yang dibutuhkan ibu hamil adalah vitamin B dan zat besi.

Zat besi membantu membawa oksigen menuju janin yang sedang tumbuh dan juga membawa oksigen ke otot-otot Moms untuk membantu menghindari gejala seperti kelelahan, kelemahan, mudah marah, dan depresi.

Mineral

Salah satu unsur penting mineral bagi  bumil adalah kalsium. Setidaknya 1000 mg kalsium diperlukan setiap hari untuk mendukung kehamilan.

Kalsium sangat penting untuk membangun gigi dan tulang yang kuat, pembekuan darah normal, dan fungsi otot dan saraf. Janin yang sedang berkembang membutuhkan banyak kalsium sehingga akan mengambil kalsium dari tulang Moms.

Karena itu, bila Moms tak mencukupi asupan gizi bisa  terjadi masalah di kemudian hari, misalnya osteoporosis.

Nah, sumber kalsium yang baik di antaranya susu, keju, yogurt, sup krim, dan puding. Beberapa kalsium juga ditemukan dalam sayuran hijau, makanan laut, kacang-kacangan dan kacang polong kering. Moms harus mengonsumsi setidaknya 4 porsi produk susu setiap hari.

Baca Juga : 4 Dampak Obesitas Pada Ibu Hamil Bagi Perkembangan Janin

Pelengkap Nutrisi

Selain zat-zat gizi penting seperti yang diuraikan di atas, bumil juga membutuhkan pelengkap nutrisi yaitu vitamin prenatal.

Meskipun sumber utama vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan harus berasal dari makanan, vitamin prenatal harian dapat membantu melengkapi kebutuhan Moms.

Itu dikonsumsi bila memang Moms  tidak mendapat kecukupan gizi. Nah, vitamin pelengkap ini bila memungkinkan dikonsumsi tiga bulan sebelum konsepsi.  

Yang pasti, konsultasikan dulu dengan dokter, suplemen mana yang terbaik untuk Moms. Ingat bahwa vitamin prenatal atau suplemen lainnya hanya dapat melengkapi diet sehat selama kehamilan.

Penting untuk mengonsumsi makanan bervariasi dengan gizi seimbang sesuai kebutuhan Moms dan janin.

Setiap hari, makanlah dengan porsi yang sedikit-sedikit namun sering. Selingi dengan makanan camilan tiga kali sehari. Tentunya makanan selingan yang bergizi.

(HIL)

Sumber: AmericanPregnancy.org

Artikel Terkait