BAYI
2 Agustus 2020

Meal Prep MPASI? Bisa, Begini Caranya!

Pernah menggunakan metode meal prep makanan bayi? Cari tahu caranya di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah bayi siap untuk memulai makan makanan padat di usia 6 bulan, beberapa Moms memilih untuk membuat makanan bayi sendiri karena berbagai alasan, seperti dikutip dari American Academy of Pediatrics (AAP).

Katie Thompson, ahli diet terdaftar dan pendiri Square Baby, sebuah perusahaan makanan bayi homemade organik mengatakan, keamanan makanan sangat penting ketika melakukan meal prep MPASI.

“Tangan harus dicuci bersih, dan semua permukaan dan peralatan yang bekerja harus dibersihkan dengan sabun antibakteri dan air panas,” jelasnya.

Setelah ruangan, peralatan, dan tangan bersih, bahan-bahannya yang harus disiapkan juga harus tepat. Bahan harus dicuci, digosok dan dikupas jika perlu. Tulang, kulit, dan jaringan ikat harus dibuang jika mau memberikan daging.

Baca Juga: Ini Persiapan MPASI Pertama Bayi, Jangan Bingung Dulu Moms

Siapkan Peralatan untuk Meal Prep MPASI

Meal Prep Makanan Bayi Bisa Begini Caranya -1.jpg

Foto: Pressurecookingtoday.com

Untuk menjaga agar waktu meal prep MPASI lebih praktis, pastikan Moms memiliki peralatan yang tepat. Ada beberapa peralatan yang Moms butuhkan, seperti:

  • Food processor,
  • Blender tangan,
  • Saringan yang akan digunakan saat membuat puree,
  • Wadah untuk membuat es batu untuk membekukan makanan bayi dalam porsi kecil,
  • Stoples kaca atau wadah kedap udara,
  • Label atau spidol untuk memberi nama menu dan tanggal makanan bayi saat dibuat.

Tips Meal Prep Makanan Bayi saat Memasak

Meal Prep Makanan Bayi Bisa Begini Caranya -2.jpg

Foto: Verywellfamily.com

Saat memasak, hindari bahan tambahan seperti garam, minyak atau gula saat memasak agar bayi menyukai rasa makanan alami. Pilihlah buah dan sayuran segar agar terjaga nutrisinnya. Jika perlu mengencerkan makanan bayi, gunakan ASI, susu formula, air rebusan atau air matang.

Mengukus dalam sedikit air adalah cara terbaik untuk memasak makanan untuk bayi, karena metode ini akan mempertahankan nutrisi paling banyak dari semua metode memasak.

Penting untuk tidak membuat makanan terlalu matang karena hal ini akan membuatnya menjadi tergenang air dan kurang enak untuk dimakan.

Menggunakan microwave memungkinkan untuk memasak dalam jumlah kecil secara efisien. Karena makanan dapat dimasak dengan tidak merata dalam microwave, pastikan bahwa makanan yang disiapkan telah dimasak secara merata sebelum dihaluskan karena makanan yang tidak dimasak dapat menghasilkan makanan bertekstur kasar yang mungkin tidak dapat dimakan oleh bayi.

Menggoreng dan memanggang umumnya tidak direkomendasikan sebagai metode reguler untuk menyiapkan makanan bayi, karena makanan akan kehilangan nutrisi dan menambah jumlah karbon saat memanggang dan minyak saat menggoreng.

Baca Juga: MPASI untuk Bayi, Ini yang Perlu Moms Persiapkan

Tips Meal Prep MPASI untuk Dijadikan Stok

Meal Prep Makanan Bayi Bisa Begini Caranya -3.jpg

Foto: Thehealthymummy.com

Jika Moms membuat lebih banyak makanan bayi dan akan membuatnya sebagai stok, ada beberapa pilihan cara menyimpan makanan bayi yang bisa dicoba.

  • Simpan makanan dalam wadah kedap udara dan bersih dalam lemari di bawah 4 derajat celcius. Seperti kebanyakan produk olahan lainnya, makanan bayi yang dihaluskan harus dikonsumsi dalam waktu 48 hingga 72 jam setelah dimasak dan diproses. Jangan menyimpan makanan yang telah Anda sajikan kepada bayi sebelumnya. Jika tercampur air liur, makanan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan.
  • Untuk membekukan makanan bayi, Katie menyarankan untuk menggunakan wadah es batu. Caranya, Moms dapat memasukkan makanan bayi yang sudah berbentuk bubur ke dalam wadah es batu yang bersih, menutupinya dengan plastik, dan menumpuknya di dalam freezer. “Wadah es batu sangat ideal karena berisi porsi 1 ons, sehingga lebih sedikit makanan yang terbuang,” kata dia.
  • Katie merekomendasikan maksimal menyimpan makanan bayi di dalam freezer selama enam bulan. Untuk rasa, kualitas, dan retensi nutrisi yang optimal, makanan bayi beku harus dikonsumsi dalam 1 hingga 3 bulan.

Tips Defrost MPASI

Meal Prep Makanan Bayi Bisa Begini Caranya -4.jpg

Foto: Momsandbabyzone.com

Setelah melakukan meal prep makanan bayi, sebelum menyajikannya Moms harus menghangatkannya terlebih dahulu.

"Cara terbaik untuk mencairkan makanan bayi adalah dengan menaruh makanan di lemari es bukan bagian freezer dan membiarkannya mencair semalaman," kata Katie.

Ada beberapa pilihan cara memanaskan makanan bayi selain dihangatkan. Moms bisa menggunakan microwafe dengan memasukkan porsi yang diinginkan ke dalam wadah khusus microwave dan menunggu selama 10 detik. Aduk untuk menghilangkan titik panas, periksa suhu, dan masukkan lagi ke dalam microwave jika perlu.

Saat menggunakan kompor, Moms bisa menaruh wadah gelas makanan bayi dalam panci dengan air yang dangkal. Permukaan air harus sekitar setengah hingga tiga perempat hingga bagian atas piring dan jangan merendamnya. Hangatkan secara perlahan di atas api kecil sambil diaduk terus. “Makanan harus suam-suam kuku sebelum disajikan,” jelasnya.

Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Persiapan Sebelum MPASI yang Perlu Dilakukan

Meal prep MPASI akan mengefisiensi waktu Moms berkutat di dapur lho. Siap untuk mencobanya?

Artikel Terkait