BALITA DAN ANAK
30 Juni 2020

5 Tips untuk Melatih Anak Jadi Pribadi yang Mandiri

Ingin Si Kecil tumbuh jadi pribadi yang mandiri? Banyak pelajaran yang harus diterapkan sejak dini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mendidik anak untuk jadi pribadi yang mandiri adalah impian sebagian besar orang tua. Apabila Moms dan Dads bercita-cita memiliki anak yang mampu mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab, itu berarti diperlukan kebebasan yang seimbang dalam mendidiknya.

Tips Melatih Anak Menjadi Pribadi Mandiri

Salah satu kesalahan umum orang tua dalam mendidik anaknya ialah bersikap terlalu posesif dan khawatir berlebihan. Sayangnya, cara seperti kurang tepat diterapkan jika Moms ingin Si Kecil menjadi pribadi yang mandiri.

Di samping mengurangi kemampuan Si Kecil mengambil keputusan kelak, ada kemungkinan anak memendam rasa dendam yang berujung marah atau jadi pemberontak.

Merujuk Healthy Children, orang tua bisa memulainya dengan membangun komunikasi atau hubungan pertemanan dengan Si Kecil sejak dini.

Salah satu cara sederhana melatih anak jadi pribadi mandiri ialah dengan mengenalkan permainan yang punya aturan, seperti saat Si Kecil melanggarnya, berikan konsekuensi dan jelaskan alasan di balik itu.

Dengan begini, anak dilatih untuk berpikir logis, mengerti masalah sebenarnya, dan tidak mengulanginya di kemudian hari.

1. Buat Rutinitas

Tips Melatih Anak Menjadi Pribadi Mandiri 1.jpg

Foto: freepik.com

Tips melatih anak menjadi pribadi mandiri yang pertama adalah dengan membuat rutinitas pada kegiatan Si Kecil.

Seperti yang Moms tahu, anak membutuhkan panduan atau bimbingan untuk keseimbangannya terhadap aturan yang berlaku dengan aspirasi atau kebebasan (keinginan anak).

Salah satu contohnya ialah dengan menerapkan aturan untuk menaruh pakaian kotor di tempatnya agar ia tidak meletakkan pakaian tersebut sembarangan.

Baca Juga: Intip 5 Kunci Pola Asuh Balita Ala Jerman yang Bikin Anak Mandiri dan Pintar!

2. Apresiasi Usaha Si Kecil

Tips Melatih Anak Menjadi Pribadi Mandiri 2.jpeg

Foto: pexels.com

Tips melatih anak menjadi pribadi mandiri yang selanjutnya ialah dengan mengapresiasi atau memberikan reward dari usaha yang diberikannya.

Bagi Si Kecil, melakukan satu hal untuk pertama kali adalah pengalaman yang penting dan berkesan baginya. Berikan ucapan “Good job!” atau “Anak pintar!” saat ia sudah dapat mengenakan pakaiannya secara mandiri.

3. Gagal Bukanlah Akhir dari Segalanya

Tips Melatih Anak Menjadi Pribadi Mandiri 3.jpg

Foto: freepik.com

Hal seperti ini penting untuk diajarkan karena memang nyatanya dalam hidup, gagal adalah hal biasa yang terjadi. Walaupun akan terasa sulit bagi orang tua, tapi biarkanlah Si Kecil melakukan kesalahannya agar mereka juga dapat belajar dari pengalaman tersebut.

Misalnya, ada kalanya Si Kecil lupa untuk mengerjakan tugas sekolah dan mendapatkan hukuman dari gurunya. Hal ini dapat menjadi salah satu tips melatih anak menjadi pribadi mandiri.

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas dan Mandiri? Ini Tipsnya Menurut Psikolog!

4. Berikan Pendapat, Bukan Intervensi

Tips Melatih Anak Menjadi Pribadi Mandiri 4.jpeg

Foto: pexels.com

Jika Moms melihat Si Kecil kesulitan menyelesaikan suatu permasalahan, jangan paksa mereka untuk menuntaskannya saat itu juga.

Akan lebih efektif bila ia mendapat pendapat lain yang dapat membantunya mengambil keputusan. Namun tetap diingat Moms, jangan juga selalu memberikannya solusi begitu saja, ya.

5. Biarkan Anak Memiliki Tanggung Jawab

Tips Melatih Anak Menjadi Pribadi Mandiri 5.jpeg

Foto: pexels.com

Tips melatih anak menjadi pribadi mandiri yang terakhir ini jangan terlewatkan ya, Moms, karena ini bentuk latihan secara langsung bagi Si Kecil.

Salah satu contohnya ialah dengan memberikan anak tanggung jawab membereskan pakaian saat hendak liburan keluarga. Minta anak memilih pakaiannya sendiri mana yang hendak dibawa.

Baca Juga: Kepribadian Anak Berdasarkan Hari Lahir

Bagaimana dengan 5 tips melatih anak menjadi pribadi mandiri di atas? Tentunya butuh waktu dan proses untuk mendidik anak jadi pribadi yang baik ya, Moms. Bimbingan, arahan, dan pengertian orang tua secara konsistensi pun akan sangat dibutuhkan.

Artikel Terkait