PROGRAM HAMIL
15 Desember 2019

Melihat Pengaruh Produk Susu Rendah Lemak Pada Kesuburan

Konsumsi susu rendah lemak memengaruhi kesuburan wanita menjadi lebih menurun dan peluang kehamilan pun semakin berkurang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika Moms lebih sering memilih produk susu dengan label rendah lemak (low fat), ada baiknya berpikir kembali tentang pilihan tersebut.

Terutama saat ingin merencanakan kehamilan. Karena rupanya susu rendah lemak memengaruhi kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Berikut ini penjelasannya:

1. Susu Rendah Lemak Memengaruhi Kesuburan Wanita

susu rendah lemak memengaruhi kesuburan

Foto: amazingplanetnews.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, Brigham and Women's Hospital, serta Harvard Medical School, Boston meneliti 18,555 wanita yang telah menikah dan berusia 24-42 tahun.

Kesemuanya tidak memiliki masalah infertilitas. Dalam jangka waktu delapan tahun, penelitian yang masuk dalam jurnal Human Reproduction ini pun menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari dua porsi makanan yang mengandung susu rendah lemak, 85% lebih mungkin mengalami infertilitas.

Susu rendah lemak memengaruhi kesuburan wanita, karena membuat gangguan ovulasi pada wanita yang sering mengonsumsinya, dibanding yang hanya makan produk susu rendah lemak kurang dari sekali seminggu.

Baca Juga: Bolehkah Anak Minum Susu Rendah Lemak?

2. Beralih Ke Susu Penuh Lemak

susu rendah lemak memengaruhi kesuburan

Foto: eatthis.com

Berbeda dengan susu rendah lemak memengaruhi kesuburan wanita menjadi lebih rendah, sebaliknya susuk penuh lemak memberi dampak lebih baik pada kesuburan.

Dalam penelitian yang sama, wanita yang mengonsumsi produk susu penuh lemak (termasuk es krim) lebih dari satu porsi per hari, mengalami penurunan risiko infertilitas akibat gangguan ovulasi hingga 25% dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi produk susu penuh lemak sekali seminggu.

Para peneliti memperkirakan hal ini terjadi karena zat larut dalam lemak pada produk susu penuh lemak dapat meningkatkan fungsi ovarium. Zat ini biasanya dihilangkan saat produk susu penuh lemak dikonversi menjadi susu rendah lemak.

Alasan lainnya adalah keseimbangan hormon. Misalnya saat produk susu penuh lemak diolah menjadi susu tanpa lemak, protein dalam susu akan ditambahkan kembali untuk memperkaya rasa dan warna. Dalam sebuah tes terhadap tikus, protein dalam susu ini diduga dapat meningkatkan efek seperti hormon testosteron.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

“Pertimbangkan untuk mengubah produk susu rendah lemak ke produk susu tinggi lemak, misalnya dengan mengganti susu tanpa lemak dengan yang tinggi lemak dan makan es krim, bukan yoghurt rendah lemak,” ungkap ketua penelitian dari Department of Nutrition di Harvard School of Public Health, Dr Jorge Chavarro, seperti dikutip dari medicalnewstoday.com.

Meski demikian, Moms tetap perlu membatasi produk susu penuh lemak jika ingin hamil, untuk menghindari kelebihan berat badan yang juga dapat berdampak pada infertilitas. Konsumsilah secukupnya dan seimbangkan dengan nutrisi lainnya.

3. Susu Rendah Lemak Memengaruhi Kesuburan Pria

susu rendah lemak memengaruhi kesuburan

Foto: goodtoknow.co.uk

Lainnya hal pada pria, susu rendah lemak memengaruhi kesuburan pria menjadi lebih baik. Sebuah studi di tahun 2014 dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan jika pria mengkonsumsi beberapa porsi produk susu rendah lemak (terutama yang mengandung 1-2% susu) setiap hari memiliki 33% jumlah dan motilitas sperma lebih tinggi, dibandingkan dengan pria yang hanya mengonsumsi produk rendah lemak lebih sedikit atau tidak sama sekali.

Alasannya, produk susu rendah lemak dapat meningkatkan faktor pertumbuhan insulin 1, sebuah hormon yang membantu sel menghasilkan sperma. “Tidak selalu sperma sendiri (yang terpengaruh).

Kadang, bisa jadi karena sel pendukung yang menciptakan testosteron untuk memelihara perkembangan sperma dan sel yang membantu sperma menjadi lebih matang.

Baca Juga: Jangan Gengsi Melakukan Tes Kesuburan

Kami melihat banyak sel yang terpengaruh, berasal dari senyawa pada makanan,” ungkap Dr. Ryan Terlecki, Direktur Klinik Kesehatan Pria di Wake Forest University Department of Urology, seperti dikutip dari yahoo.com.

Itulah bagaimana susu rendah lemak memengaruhi kesuburan wanita maupun pria. Dengan mengonsumsi produk susu dan nutrisi yang tepat, peluang kehamilan Moms pun semakin besar.

GS

Artikel Terkait