TRIMESTER 1
2 Desember 2019

4 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Ketika Hamil

Pakai sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil merupakan salah satu cara penting dalam menjaga kesehatan kulit, terutama ketika Moms punya kulit yang sensitif.

Tidak hanya menggunakan tabir surya, Moms juga perlu menghindari aktivitas di luar ruangan, terutama terhadap paparan sinar matahari pada jam-jam tertentu.

Tips Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Saat Hamil

Moms perlu mengetahui, bahwa kulit akan menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari di tahap awal kehamilan.

"Kehamilan mengubah sistem kekebalan tubuh Anda, yang dapat berisiko kanker kulit lebih tinggi jika tidak mengambil tindakan pencegahan," kata Ava Shamban, M.D., dokter kulit di Santa Monica, California, mengutip Parents.

Ketahui cara melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil yang mudah dilakukan.

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

1. Pakai Tabir Surya dengan SPF Tepat

melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil-1.jpg

Menggunakan sunscreen yang tepat dapat menjadi salah satu langkah untuk melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil, karena ada banyak SPF yang tersedia.

Menurut Skin Care Foundation, SPF 15 memblokir 93 persen sinar UVB; SPF 30 memblokir 97 persen; dan SPF 50 memblokir 98 persen.

Ini berarti, sunscreen dengan SPF 100 tidak dua kali lebih baik dari SPF 50. Sebelum keluar rumah, setidaknya pakai sunscreen dengan SPF 30, dan aplikasikan kembali setiap dua jam.

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor yang Tidak Gampang Mati, Cantik Untuk Pemanis Ruangan Rumah

2. Hindari Beraktivitas Saat Matahari Terik

melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil-2

Menurut American Skin Association, untuk melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, penting menghindari matahari antara pukul 10 pagi dan 4 sore.

Ini adalah momen saat pancaran sinar matahari sangat kuat, dan bahkan juga berbahaya oleh orang lain dan wanita yang tidak hamil. Karena itu, hindari melakukan aktivitas outdoor di jam ini.

3. Pakai Pelindung Saat ke Luar Rumah

melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil-3.jpg

Melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil termasuk dengan menjaga kandungan dan janin. Memakai topi lebar dan kacamata hitam saat di luar akan membantu mengurangi paparan sinar UV.

Topi lebar akan memberikan perlindungan pada area wajah, bahu dan leher. Sementara, kacamata hitam membantu mengurangi kerusakan pada mata.

Baca Juga: Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari, Siapa Takut?

4. Gunakan Tabir Surya dengan Kandungan Mineral

melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil-4.jpg

Menurut jurnal Canadian Family Physician, penggunaan tabir surya digunakan secara umum untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Namun, disarankan untuk menggunakan sunscreen saat hamil dengan kandungan mineral (physical sunscreen) karena bahannya lebih aman.

"Tabir surya kimia masih diperdebatkan tentang pengaruhnya terhadap perkembangan janin," jelas Shereene Idriss, MD, dermatologis, mengutip Refinery29.

Ia menyarankan, "Secara pribadi, saya memilih tabir surya fisik dengan seng oksida atau titanium dioksida, karena bahan ini diketahui aman untuk digunakan selama kehamilan."

Nah, itu dia Moms 4 cara melindungi kulit dari sinar matahari saat hamil yang mudah dilakukan.

Artikel Terkait