3-12 BULAN
29 November 2019

5 Tips Memandikan Bayi dengan Aman dan Nyaman

Kamar mandi bisa jadi ruangan yang licin, jadi berhati-hatilah
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Waktu mandi adalah salah satu kesempatan yang sangat baik untuk bonding dengan Si Kecil. Saat Moms membersihkan tubuh bayi, mereka juga akan terkesan dengan banyaknya air dan gelembung yang dihasilkan oleh banyaknya busa di dalam kamar mandi.

Meski menyenangkan, ternyata masih ada risiko saat memandikan bayi, Moms. Bisa jadi Si Kecil akan jatuh dan terbentur ke dinding karena basah atau licin saat Moms tidak waspada.

Tenggelam adalah penyebab utama kematian karena kecelakaan di antara anak-anak berusia satu hingga empat tahun di Amerika Serikat. Oleh karena itu, keselamatan Si Kecil saat mandi sangat bergantung pada Moms.

Baca Juga: Benarkah Bayi Baru Lahir Tak Perlu Dimandikan Setiap Hari?

Memandikan Bayi dengan Aman

Untuk membuat acara mandi aman dan menyenangkan, kuncinya adalah persiapan dan perhatian penuh. “Keamanan akan hadir dengan lebih banyak keterlibatan; lebih banyak gangguan akan membawa lebih banyak tantangan,” kata Dr. Thomas Phelps, dokter anak di Cleveland Clinic Children's.

Berikut adalah beberapa tips memandikan bayi yang bisa dilakukan agar tetap aman dan menyenangkan.

1. Jangan Tinggalkan Bayi

tips memandikan bayi  (1).jpg

Jangan meninggalkan kamar mandi saat tengah memandikan bayi. Beberapa orang tua berpikir tidak apa-apa untuk meninggalkan anak mereka di bak mandi selama satu atau dua menit.

Hal tersebut tidak boleh dilakukan, Moms! Tips memandikan bayi yang pertama adalah tidak meninggalkan bayi sendiri tanpa pengawasan.

"Bahkan pada usia tiga, empat atau lima tahun, mereka bisa terpeleset dan membenturkan kepala mereka. Apalagi jika menggunakan bathtub, ada kemungkinan mereka tenggelam. Seperti saat mereka mengendarai sepeda, Anda tidak pernah tahu kapan kecelakaan akan terjadi,” jelas Dr. Thomas.

Hal ini tidak akan terjadi jika Moms melakukan persiapan. Sebelum memandikan Si Kecil, Moms harus menyiapkan sabun, sampo, sikat gigi dalam satu tempat. Selain itu siapkan juga spons, handuk dan mainan, dan benda lain yang diperlukan.

"Selalu pastikan Anda telah mengumpulkan semua yang Anda butuhkan sebelum menyalakan air, sehingga Anda tidak harus meninggalkan kamar di kamar mandi untuk mengambil sesuatu," tuturnya.

2. Tes Suhu Air

tips memandikan bayi  (2).jpg

Anak kecil, dan terutama bayi, lebih sensitif terhadap panas dan dingin daripada orang dewasa. Jadi, tips memandikan bayi selanjutnya adalah selalu mengecek suhu air untuk mandi.

Pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Masukkan air panas terlebih dahulu, kemudian secara bertahap masukkan air dingin.

National Childbirth Trust merekomendasikan untuk menguji suhu air menggunakan pergelangan tangan atau siku, sebab bagian-bagian itu lebih sensitif terhadap panas dibanding jari.

Baca Juga: Bayi Tidak Suka Mandi, Apa yang Harus Dilakukan?

3. Perhatikan Tinggi Air

tips memandikan bayi  (3).jpg

Saat memandikan bayi, perhatikan tinggi air dalam bathtub atau kolam mandi bayi.

Jika Moms berpikir air hangat yang dan menutupi seluruh badan bayi akan menjaganya tetap hangat selama mandi, itu salah.

Terlalu banyak air malah akan meningkatkan risiko tenggelam, yang dapat terjadi dalam hitungan menit. Dr. Thomas menjelaskan, tinggi air untuk bayi 5 cm atau kurang. Untuk balita, 10-12 cm sudah cukup.

“Saat anak Anda tumbuh, gunakan penilaian terbaik Anda berdasarkan ukurannya, tetapi perlu diingat bahwa bak yang diisi setengahnya cukup dalam untuk anak-anak dari ukuran berapapun untuk tenggelam,” ujarnya.

4. Pasang Pengaman

tips memandikan bayi  (2).png

Bagian bawah bathtub atau lantai kamar mandi bisa menjadi sangat licin, ini akan sangat berbahaya untuk Si Kecil ataupun untuk Moms.

Agar tetap aman memandikan bayi, berilah karpet karet atau sesuatu yang dapat membuat bagian bawah tersebut tidak licin.

"Balita terus-menerus menggeliat dan melompat-lompat, bahkan saat mandi akan menjadi lebih licin karena adanya air sabun," katanya.

5. Gunakan Sabun Secukupnya

tips memandikan bayi  (1).png

Menciptakan banyak gelembung memang akan membuat suasana mandi lebih menyenangkan. Tetapi dalam memandikan bayi, gunakanlah sabun secukupnya.

Sabun dan sampo dapat juga masuk ke dalam mata anak dan membuatnya perih, selain itu, lantai akan menjadi sangat licin.

Dilansir dari Nationwide Children’s Hospital, selalu pegang bayi selama proses memandikan, sebab tubuhnya pasti licin karena terkena sabun. Jaga satu tangan tetap memegang tubuh bayi ketika Moms mengambil sesuatu atau bergeser.

Baca Juga: Ketahui Suhu Air Mandi Bayi yang Tepat dan Cara Memandikan Bayi yang Disarankan

Menjaga keamanan saat memandikan bayi bukan berarti kegiatan mandi akan membosankan ya Moms. Cukup lakukan persiapan yang baik dan dapatkan momen berharga bersama Si Kecil saat mandi.

(FAR)

Artikel Terkait