BALITA DAN ANAK
21 Juni 2020

4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Memasak bersama Si Kecil pasti menyenangkan jika Moms sudah mempersiapkan dengan baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dapur seringkali menjadi tempat yang sangat menarik untuk Si Kecil. Mereka melihat orang dewasa sibuk memasak di dapur dan mencium aroma masakan yang enak. Tidak jarang juga mereka penasaran dengan proses pembuatan makanan yang enak.

Dikutip dari situs Kids Health, bagi orang tua mungkin tidak nyaman memasak bersama anak. Akan tetapi, memasak bersama di dapur bisa jadi media belajar Si Kecil.

Moms bisa memberikan tugas-tugas kecil seperti mengaduk adonan atau menata meja. Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk memilih makanan yang mau mereka makan dan memasaknya bersama.

“Dari kegiatan memasak bersama, orang tua juga mendapatkan benefit yang sama dengan Si Kecil. Selain Si Kecil menjadi senang, memasak bersama juga bisa menjadi bonding time antara Moms dan Si Kecil,” ujar Mary L. Gavin, MD, seorang dokter anak di Nemours /Alfred I. duPont Hospital for Children.

Baca Juga: Ingin Mulai Mengajari Anak Memasak? Begini Aturannya, Moms!

Tips Memasak bersama Si Kecil dengan Aman dan Menyenangkan

Berikut ini beberapa tips agar Moms bisa memasak dengan aman dan menyenangkan bersama Si Kecil.

1. Pilih Waktu yang Tepat

4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Foto: escoffieronline.com

Jika Moms berencana mengajak Si Kecil untuk membantu di dapur, Moms harus memilih saat sedang tidak diburu waktu.

Daripada mengajak Si Kecil memasak makan malam, lebih baik sediakan waktu di akhir minggu.

Jika Moms berencana memasak dengan anak balita, pilih waktu di mana Si Kecil sudah cukup istirahat dan tidak mudah emosi.

Ada baiknya juga untuk mengajak orang lain memperhatikan Si Kecil saat sedang membantu Moms memasak.

2. Berikan Tugas yang Tepat

4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Foto: ctfassets.net

Rencanakan terlebih dahulu tugas apa yang bisa Moms berikan untuk Si Kecil saat memasak bersama. Jika anak masih terlalu kecil, mulai dengan memasak masakan sederhana sehingga pekerjaan tidak terlalu sulit.

Contohnya, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk membuat salad, pancake, atau muffin yang resepnya mudah. Menu lain yang menyenangkan untuk Si Kecil salah satunya adalah pizza.

Moms bisa ajak Si Kecil untuk mengoles saus dan menata topping pada pizza. Tentunya, ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena Si Kecil pasti sangat bersemangat untuk menyiapkan pizza yang mereka sukai.

Untuk lebih meningkatkan semangatnya, Moms bisa berikan pilihan dan bebaskan Si Kecil untuk memilih menu apa saja yang bisa dimasak bersama.

Baca Juga: 6 Tips Aman Anak Memasak, Bebas Khawatir!

3. Tekankan Keselamatan

4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Foto: bp.blogspot.com

Anak membutuhkan supervisi orang dewasa saat berada di dapur. Jangan sampai mereka menyentuh pisau yang tajam, benda panas, berada di dekat kompor, atau sumber listrik.

Caranya, Moms bisa terus mengulang perintah untuk berhati-hati terhadap barang yang bisa menyakitinya.

Beri tahu juga apa saja benda berbahaya untuknya. Buat peraturan saat berada di dapur, misalnya untuk selalu mencuci tangan dan jangan memegang pisau atau kenop kompor.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Manfaat Mengajak Anak Memasak, Yuk Lakukan Bersama Si Kecil!

4. Longgarkan Peraturan

4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Foto: jojomamanbebe.co.uk

Moms tidak bisa mengharapkan pekerjaan yang 100% bersih dan rapi. Bahkan orang dewasa pun seringkali memiliki masalah dalam menjaga kerapihan dan kebersihan saat berada di dapur.

Agar suasana di dapur menyenangkan, ada baiknya Moms lebih bersabar terkait dua hal tersebut.

Pertama, Moms bisa menyiasatinya dengan mempersiapkan terlebih dahulu semua bahan dan perlengkapan memasak untuk meminimalisir kesalahan Si Kecil.

Lalu ajarkan Si Kecil untuk sedikit demi sedikit belajar bertanggung jawab dengan membersihkan bekas memasak bersama-sama. Meskipun tidak berjalan lancar, usahakan agar suasananya menyenangkan.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Mudah untuk Memasak Bersama Anak di Akhir Pekan

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memuji Si Kecil setelah selesai membantu Moms memasak. Ajak Si Kecil untuk menjadi yang pertama mencicipi hasil masakannya dan tanya menu yang ingin dimasak bersama selanjutnya.

Pada akhirnya, mengajak anak ke dapur pun tidak akan jadi hal yang menakutkan. Hal yang terpenting, Moms mempersiapkan semuanya dengan baik.

Artikel Terkait