TREN
6 Juli 2017

Memasuki Musim Panas, Ini 5 Cara Agar Rumah Terasa Sejuk

Rumah bisa lebih teduh meski tanpa AC dengan cara ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Paparan sinar matahari di musim panas bisa jadi hal yang mengganggu, mulai dari rasa gerah hingga kulit terbakar (sunburn). Kalau begini, rumah dengan suasana teduh dan udara sejuk akan jadi surga bagi penghuninya.

Menyalakan penyejuk ruangan atau AC memang bisa menolong. Namun, selain boros, terpapar alat penyejuk terus-menerus juga bisa mengganggu kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga alergi. Lalu, tanpa perlu menyalakan penyejuk ruangan, bisakah menciptakan keteduhan di rumah secara alami? Bisa! Yuk, ikuti cara ini!

1. Perbaiki Sirkulasi Udara

Panas identik dengan pengap. Untuk mencegahnya, sebaiknya buat langit-langit yang tinggi. Bagaimana jika langit-langit terlanjur dibuat rendah? Perbanyak jendela dan kisi-kisi rumah sehingga udara bisa berganti dengan mudah.

2. Pilih Cat Berwarna Lembut

Warna cat yang lembut seperti hijau muda, biru muda, cokelat muda, dan krem cocok diaplikasikan pada area ruang tamu. Dengan warna yang soft, ruang tamu akan terasa sejuk dan nyaman. Sangat cocok untuk menyambut tamu yang datang ke rumah.

Baca juga: Memilih Warna Cat Rumah sesuai Mood

3. Pasang Kanopi atau Tirai Bambu

Memasang kanopi di atas halaman rumah berguna untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke dalam rumah. Selain membuat halaman rumah lebih teduh, kanopi juga bisa menunjang penampilan rumah Mama. Lengkapi dengan memasang tirai bambu atau kerai pada teras untuk mengurangi sinar matahari hingga 70-80%. Selain menghalau panas, tirai juga berguna mengurangi paparan debu atau tetesan air di musim hujan.

4. Lapisi Jendela dengan Kaca Film

Gunanya sebagai filter agar sinar matahari tak mudah menembus jendela dan membuat udara di dalam rumah bertambah panas. Memasang kaca film pada jendela juga berguna melindungi kaca dari goresan sehingga kaca lebih awet.

5. Ciptakan Taman

Kehadiran tanaman sudah tentu akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Oleh sebab itu, meski ruangan yang tersedia cukup sempit, ‘area hijau’ seperti taman perlu ada di rumah. Jika tak ada area untuk membuat taman, cobalah manfaatkan dinding di salah satu ruangan untuk membuat vertical garden. Prinsipnya sama dengan hidroponik, tanaman pada vertical garden ditanam tanpa tanah. Media tanam untuk vertical garden harus ringan, kuat, dan dapat menyimpan air. Cara sederhana dan murah untuk membuat vertical garden adalah dengan memanfaatkan botol plastik bekas minuman ataupun paralon sebagai media tanam. Sedangkan untuk jenis tanaman yang bisa Anda coba tanam pada vertical garden bisa dari jenis tanaman semak, rumput-rumputan, tanaman yang tumbuh menjuntai, atau tanaman merambat seperti sirih merah.

Membuat rumah terasa lebih sejuk tak melulu harus dengan menyalakan AC atau kipas angin, kan? Yuk, coba tips tadi!

(MEG)

Artikel Terkait