JALAN-JALAN
21 April 2019

Membawa Bayi Liburan? Perhatikan 5 Hal Berikut!

Persiapkan ini sebelum berangkat liburan bersama si kecil, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh katri.dyah
Disunting oleh katri.dyah

Akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Kehadiran bayi di tengah keluarga tentunya bukan penghalang untuk berlibur. Sebelum berangkat, ada 5 hal yang harus diperhatikan saat ingin liburan bersama bayi. Apa saja? Simak, ya, Moms! 

Konsultasi Dokter

shutterstock 736172953

Konsultasikan kepada dokter anak Moms apakah kondisi si kecil sudah memungkinkan untuk melakukan perjalanan. Lengkapi juga dengan waktu tempuh yang dibutuhkan, negara atau kota tujuan liburan, keadaan cuaca di tempat tersebut, dan berapa lama Moms hendak bepergian. Jika menurut dokter kondisi bayi tidak memungkinkan, jangan dipaksakan, ya, Moms.

Cari Informasi

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi tempat yang akan dituju. Apakah kondisi di sana akan membahayakan bayi? Buat itinerary berdasarkan kebutuhan anak dan hindari tempat-tempat yang tidak cocok untuk bayi. Pastikan juga hotel tempat Moms menginap aman dan menyenangkan buat bayi.

Siapkan Tas Khusus

shutterstock 731692105

Sediakan satu tas khusus berisi semua kebutuhan bayi sehingga Moms tidak akan kelimpungan saat mencari kebutuhan si kecil. Bawa semua kebutuhan dalam jumlah double untuk berjaga-jaga. Siapkan juga tas kecil yang bisa menampung semua kebutuhan mendasar bayi yang dapat dibawa ke mana-mana.

Itinerary Fleksibel

Ketika membuat rencana perjalanan, penting untuk memperhatikan kebutuhan bayi. Sesuaikan lokasi yang ingin dituju dengan jadwal bayi. Misalnya, kapan bayi harus makan siang, menyusu, dan tidur siang. Namun, ketika harus memenuhi kebutuhan bayi, namun Moms sedang berada di tempat yang tidak tepat, maka Moms harus siap dengan perubahan rencana.

Baca juga: 5 Tips Agar Liburan Ke Pantai Bersama Balita Tetap Aman

Tidak Terburu-Buru

shutterstock 730762558

Dalam memenuhi kebutuhan bayi, misalnya mandi, menyusui, makan, atau membersihkan kotoran sehabis buang air besar, jangan buru-buru demi mengejar tempat atau kegiatan lain. Lakukan seperti biasa karena hal ini berpengaruh dengan kenyamanan si kecil.

Nah, apakah Moms sudah punya rencana liburan di akhir tahun ini? Yuk, bagi-bagi destinasi liburan yang seru di kolom komentar!

Artikel Terkait