BALITA DAN ANAK
2 Mei 2020

Begini Cara Membersihkan Karang Gigi Anak yang Bisa Dilakukan

Karang gigi dapat mempersulit flossing pada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Penting mengetahui cara membersihkan karang gigi pada anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Mengutip KidsHealth.org, dokter gigi mengatakan bahwa hal terpenting perawatan gigi dilakukan di rumah. Seperti menyikat gigi rutin, melakukan pemeriksaan gigi rutin.

Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Baca Juga: Cerdas Memilih Sikat dan Pasta Gigi Anak

Terbentuknya Karang Gigi

cara membersihkan karang gigi-1

Awalnya mula terbentuknya karang gigi dimulai sebagai plak, zat lengket yang terdiri dari bakteri, sisa makanan, dan zat lain yang melapisi gigi.

"Ketika tidak dihilangkan secara benar dengan menyikat gigi dan flossing, plak bercampur bersama mineral yang ditemukan secara alami dalam air liur, dan mengeras untuk membentuk cangkang seperti semen," jelas Dr. Mark Mutschler, D.D.S, M.S., dokter gigi anak, mengutip Live Strong.

Beberapa orang tidak pernah memiliki karang gigi, dan ada juga orang lain yang mengalami penumpukan karang gigi yang berlebihan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan karang gigi pada anak yang disarankan oleh pakar?

Baca Juga: Kenali Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak

cara membersihkan karang gigi-3

Mengutip Saudi Dental Journal tahun 2014, karang gigi adalah plak mineral yang berpori, sehingga dapat menyerap berbagai produk beracun yang dapat merusak jaringan di sekitar gigi.

Oleh karena itu, karang gigi harus dideteksi secara akurat dan dikeluarkan secara menyeluruh.

Sebagai cara membersihkan karang gigi pada anak yang disarankan adalah dengan mengunjungi ke dokter, karena karang gigi hanya dapat dibersihkan oleh dokter gigi.

"Menyikat gigi dan flossing tidak dapat menghilangkan karang gigi yang sudah terbentuk di gigi, tetapi dapat membantu menghilangkan plak dan mencegah akumulasi karang gigi," jelas Dr. Mutschler.

Metode yang dipakai sebagai cara membersihkan karang gigi pada anak adalah scaling. Ini dilakukan dengan memotong karang gigi dengan alat baja yang dirancang khusus.

"Selain mengikis permukaan gigi, dokter gigi anak Anda mungkin juga harus memeriksa di bawah garis gusi untuk memastikan semua jejak karang gigi dihilangkan," terangnya lagi.

Baca Juga: Ternyata Ini Pentingnya Siwak Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bila Karang Gigi pada Anak Tidak Dihilangkan

cara membersihkan karang gigi-2

Penumpukan karang gigi pada anak adalah hal yang tidak sedap dipandang. Penumpukan karang gigi dapat mempersempit ruang di antara gigi, menjadikan flossing lebih sulit.

Ketika karang gigi tidak dikeluarkan, dapat menyebabkan penyakit gusi dan akhirnya membuat anak kehilangan gigi.

Karena itu, jika Moms merasa Si Kecil memiliki karang gigi yang menumpuk, pastikan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk mengetahui cara membersihkan karang gigi pada anak yang tepat.

Artikel Terkait