PARENTING
3 April 2020

4 Tips Membesarkan Anak Menjadi Seorang Hindu yang Baik

Ajarkan anak nilai yang positif di dunia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang tua ingin agar anak-anaknya memiliki akhlak yang bagus dan melakukan ajaran agamanya dengan baik dan benar. Termasuk bagi para orang tua yang beragama Hindu.

Sebagai agama dengan penganut terbesar ketiga di dunia, Hindu juga memberikan sudut pandang tentang pola asuh anak agar menjadi seorang teladan Hindu yang baik.

Jika Moms ingin mengetahui bagaimana cara membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik, baca tipsnya berikut ini yang mengutip dari Hinduism Today.

Cara Membesarkan Anak menjadi Seorang Hindu yang Baik

Dalam situs United Religions Initiative, disebutkan bahwa ajaran dasar Hinduisme, atau Vedanta, berdasar dari sifat dasar manusia yang tidak terbatas pada tubuh atau pikiran.

Di luar tubuh atau pikiran, ada juga roh atau 'percikan' Tuhan di dalam jiwa seseorang. Roh ini ada di dalam diri setiap orang, dan juga di dalam segala yang dilihat.

Ketahui bagaimana tips membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik dengan empat tips berikut ini.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Bertema Buddha dengan Makna Mendalam

1. Mengajarkan dan Mempraktikkan Agama Hindu di Rumah

membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik-1.jpg

Foto: parentcircle.com

Moms mungkin mengajak Si Kecil mengikuti kelas atau program pendidikan untuk anak di kuil, karena dinilai efektif sebagai cara membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik.

Namun, jangan lupa bahwa orang tua adalah guru pertama untuk anak, termasuk dalam mengajari nilai Hindu pada anak. Ikut serta dalam program kuil lebih kepada melengkapi ajarannya.

Anak tentunya mempelajari dari apa yang orang tua lakukan dan katakan. Oleh karena itu, Moms bisa melakukan cara-cara berikut ini sebagai langkah membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik:

  • Membangun sebuah kuil di rumah.
  • Beribadah bersama di kuil rumah setiap pagi.
  • Beribadah bersama sebagai keluarga di kuil setempat seminggu sekali.

2. Ajarkan Tentang Jiwa, Kebaikan dan Keburukan

membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik-2

Foto: Orami Photo Stock

Tema penting dalam kepercayaan Hindu meliputi empat Purusārthas: Dharma (etika/tugas); Artha (kemakmuran/pekerjaan); Kama (keinginan/nafsu); dan Moksha (pembebasan/kebebasan dari siklus kematian dan kelahiran kembali/ keselamatan).

Semua manusia berada dalam perjalanan yang sama. Ada manusia yang bertindak suci dan yang lain seperti orang berdosa. Beberapanya senang membantu sesama, sementara yang lain senang melukai sesamanya.

Terkait "kebaikan dan keburukan" ini, sudut pandang Hindu menjelaskan bahwa masing-masing manusia memulai perjalanan pada waktu yang berbeda. Beberapanya adalah jiwa muda dan masih di awal jalan spiritual, sementara yang lain adalah jiwa tua, dan mendekati akhir.

Orang-orang Hindu tidak mengutuk orang yang jahat dan memuji yang baik, tetapi lebih melihat semua sebagai makhluk ilahi, beberapanya muda, beberapa tua dan beberapa di tahap perantara.

Ajari anak prinsip ini sebagai cara membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik, sehingga mereka dapat memahami dan menerima berbagai perbedaan ini sebagai bagian dari rencana kosmik evolusi spiritual Tuhan.

Baca Juga: 4 Cara Membesarkan Anak Menurut Ajaran Buddha yang Patut Dicontoh

3. Mengajarkan Kebesaran Agama Hindu

membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik-2.jpg

Foto: feng-shui.lovetoknow.com

Tanamkan dalam diri anak-anak kebanggaan pada agama Hindu berdasarkan ajaran bijaknya untuk hidup, sebagai cara membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik.

Hindu kini tidak hanya dianut oleh sebagian masyarakat di India, tetapi juga sudah banyak belahan dunia lain. Beberapa ajaran yang diadopsi secara universal pada abad ke-21 meliputi:

  • Mengikuti diet vegetarian
  • Rasa hormat dan keinginan untuk melindungi lingkungan
  • Menyelesaikan konflik melalui cara-cara tanpa kekerasan
  • Toleransi terhadap orang lain
  • Mengajarkan bahwa seluruh dunia adalah satu keluarga
  • Keyakinan pada karma sebagai sistem keadilan ilahi
  • Keyakinan akan reinkarnasi
  • Latihan yoga dan meditasi
  • Berusaha untuk mengalami Ketuhanan secara pribadi

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Kristen Modern

4. Ajari Anak Cara Hidup Secara Positif di Dunia

membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik-4

Foto: Orami Photo Stock

Ajarkan anak tentang tiga kekuatan besar: keinginan, tindakan, dan kebijaksanaan, bahwa dunia adalah tempat positif yang penuh dengan peluang untuk tumbuh.

Misalnya melalui bagaimana Moms berinteraksi dengan orang-orang, seperti ketika di rumah, sekolah, dan tempat kerja.

Konsep diri yang positif muncul ketika seseorang menganggap dirinya sebagai individu yang layak mendapatkan kehidupan yang indah.

Bagaimana ini dapat dicapai? Dengan bersikap murah hati, memberikan pujian dan penghargaan, yang membuat anak-anak tahu bahwa mereka dicintai dan dihargai.

Itu dia Moms, beberapa tips untuk membesarkan anak menjadi seorang Hindu yang baik.

Artikel Terkait