BAYI
14 April 2020

Pro dan Kontra Membiarkan Bayi Telanjang Kaki

Lebih baik bayi telanjang kaki atau tidak ya Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah membiarkan Si Kecil berjalan telanjang kaki? Apakah Moms pernah mendengar pro dan kontra terkait hal tersebut? Disebutkan manfaat bayi telanjang kaki adalah untuk meningkatkan keseimbangan. Namun bagaimana dengan luka akibat goresan?

Sebuah studi yang diterbitkan Gait & Posture pada 2017 menunjukkan bahwa mengenakan alas kaki meningkatkan risiko cedera tertentu. Dengan mempertimbangkan hal ini, membiarkan bayi telanjang kaki atau tidak tergantung pada Moms.

Pada 2007, para peneliti di Afrika Selatan membandingkan kesehatan kaki seseorang dengan tulang tengkorak berusia 2.000 tahun. Mereka menyimpulkan bahwa orang-orang memiliki kaki yang lebih sehat sebelum mereka mulai mengenakan sepatu secara teratur.

Jika itu berlaku bagi orang dewasa, bagaimana dengan anak? Pendukung bertelanjang kaki umumnya mengklaim bahwa sepatu anak-anak mengubah kaki yang tumbuh, memaksanya agar sesuai dengan bentuk sepatu.

Sebaliknya, kata mereka, kaki harus dibiarkan berkembang secara alami, dan itu berarti terbebas dari kendala.

Baca Juga: 3 Manfaat Jalan Nyeker untuk Kesehatan Tubuh

Kontra Bayi Telanjang Kaki

Pro dan Kontra Tentang Membiarkan Bayi Telanjang Kaki -1.jpg

Foto: Shutterstock.com

Setiap hal tentu ada pro kontranya. Begitu juga dengan bayi telanjang kaki. Apa saja kontranya? Berikut daftarnya.

  • Masalah keamanan bayi yang tidak terjaga dengan penuh saat telanjang kaki. Padahal, saat mencoba berjalan, bayi cenderung tidak berjalan dengan benar. Menggunakan sepatu adalah keharusan saat itu untuk menjaganya tetap aman.
  • Penggunaan sepatu yang pas akan membuat bayi lebih nyaman saat berjalan, sehingga bayi akan belajar berjalan dengan lebih seimbang.
  • Bayi telanjang kaki akan meningkatkan risiko terkena tetanus dari benda yang tajam dan tidak steril.
  • Menjaga bayi tetap aman karena sepatu menutupi telapak kaki dan bagian atas kaki bayi.

Baca Juga: 4 Manfaat Bertelanjang Kaki bagi Balita

Pro Bayi Telanjang Kaki

Pro dan Kontra Tentang Membiarkan Bayi Telanjang Kaki -2.jpg

Foto: Thesocialpost.it

Pihak yang mendukung bayi bertelanjang kaki juga tidak sedikit lho Moms. Mereka punya alasan mengapa pro dengan hal itu.

  • Dr. Laura Jana, seorang dokter anak dan pemilik Primrose School of Legacy, sebuah prasekolah swasta, di Omaha, Neb mengatakan, pemikiran lama bahwa sepatu akan menjaga posisi kaki bayi dan memberikan stabilitas, tidak direkomendasikan oleh para dokter. “Dokter saat ini cenderung setuju bahwa lebih sedikit menggunakan sepatu akan lebih baik pada beberapa tahun pertama kehidupan bayi,” jelasnya.
  • Setelah bayi mulai belajar berjalan, otot-otot kakinya juga ikut berkembang dengan baik. Dr. Jane Andersen, ahli penyakit kaki di Chapel Hill, NC, dan mantan presiden American Association for Women Podiatrists mengatakan, terlalu lama menggunakan sepatu akan membat kaki bayi kaku. "Fleksibilitas adalah masalah yang paling penting karena mereka sedang mengembangkan bentuk kakinya," terangnya.
  • Sol sepatu yang tebal akan membuat bayi lebih sulit berjalan dan membuatnya cenderung lebih sering tersandung,

Pertimbangan Penggunaan Alas Kaki

Pro dan Kontra Tentang Membiarkan Bayi Telanjang Kaki -3.jpg

Foto: Youaremom.com

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika mempertimbangkan apakah akan membiarkan bayi telanjang kaki atau tidak:

  • Perhatikan lingkungan. Jika Moms bersikeras agar bayi memakai sepatu saat berjalan di sekitar kolam atau rumput basah, hal itu malah akan meningkatkan pertumbuhan jamur, virus, dan bakteri.
  • Gunakan sunscreen. Kaki bisa terbakar sinar matahari seperti bagian tubuh lainnya, jadi sangat penting untuk menjaga kaki terlindung dari sinar matahari.
  • Temui dokter jika bayi terlihat mengalami luka tusukan karena bisa berakibat serius.
  • Jangan biarkan bayi berjalan telanjang kaki dalam situasi yang berpotensi berbahaya, seperti di dekat api unggun.
  • Pertimbangkan keselamatan. Pikirkan tentang kemungkinan adanya serangga, parasit, ular, atau binatang lain yang mungkin bersentuhan dengan kaki bayi. Tentu saja, beberapa daerah lebih aman daripada yang lain ketika bayi berjalan telanjang kaki.

Baca Juga: 6 Manfaat Menggendong Bayi untuk Kesehatan, Luar Biasa!

Nah, itulah pro kontra membiarkan bayi bertelanjang kaki. Yang terpenting, selalu prioritaskan keselamatan bayi saat memutuskan membiarkannya telanjang kaki.

Artikel Terkait