BAYI
11 Juni 2020

Membiasakan Bayi Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini!

Waspada defisiensi vitamin!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Beralih ke makanan padat setelah menyusu secara eksklusif adalah suatu tahap yang akan dihadapi bayi setelah berusia 6 bulan.

Pada usia ini bayi dapat mulai makan berbagai makanan padat, mulai dari buah, sayur, daging hingga makanan laut.

Namun, jika Moms ingin mengajari bayi menjadi vegetarian, perhatikan beberapa hal penting yang ada di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Vegetarian Apa Yang Akan Diterapkan

Membiasakan Bayi Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini! 1

Foto: lifealth.com

Ada banyak jenis vegetarian dan penting untuk dicatat bahwa tidak semua diet vegetarian sama. Mengutip Kids Health, beberapa kategori vegetarian yang paling umum meliputi:

  • Lacto-ovo vegetarian: tidak makan daging, unggas, atau ikan, tetapi memakan telur dan produk susu (apa yang sering dimaksud sebagian orang ketika mengatakan “vegetarian).
  • Lacto-vegetarian: tidak makan daging, unggas, ikan, atau telur, tetapi mengonsumsi produk susu.
  • Ovo-vegetarian: tidak makan daging, unggas, ikan, atau produk susu, tetapi memakan telur.
  • Vegan: hanya mengonsumsi makanan nabati.

Baca Juga: Yuk Coba 5 Restoran Vegetarian yang Sehat dan Lezat Ini!

2. Menyusui Sedikit Lebih Lama

Membiasakan Bayi Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini! 2

Foto: thesmothermother.com

Karena ASI merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, bayi vegetarian mungkin perlu menyusu lebih dari satu tahun.

Setelah 12 bulan, bayi vegetarian dapat disapih dengan susu kedelai penuh lemak yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D serta B12.

Jika bayi menjadi vegetarian dan disapih sebelum 12 bulan, mereka harus diberi susu formula yang diperkaya zat besi sampai berusia 1 tahun.

Alternatif susu seperti kedelai, beras, almond, rami dan lain-lain tidak direkomendasikan selama tahun pertama kehidupan karena tidak memiliki jumlah nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Baca Juga: Tak Diduga tapi Pantas Dicoba, Ini 6 Manfaat Menjadi Vegetarian Bagi Kesehatan

3. Perhatikan Nutrisi Penting Yang Rawan Menyebabkan Defisiensi

Membiasakan Bayi Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini! 3

Foto: happyfamilyorganics.com

Baby Center Kanada mengungkapkan bahwa bayi vegetarian sangat rawan mengalami defisiensi sehingga harus diberi makanan kaya nutrisi yang mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin B12 dan vitamin D.

Moms mungkin juga perlu memberikan suplemen, terutama vitamin B12 yang tidak ditemukan dalam makanan nabati.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terdaftar untuk mendapatkan saran mengenai semua nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil.

4. Tawarkan Menu Dengan Gizi Seimbang dan Tinggi Kalori

Membiasakan Bayi Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini! 4

Foto: thewholesomefork.com

Semua bayi tentunya membutuhkan kombinasi sayuran, buah, biji-bijian dan protein yang sehat. Karena bayi vegetarian cenderung mendapatkan sedikit protein dibandingkan bayi yang mengonsumsi produk hewani, Moms harus berusaha menawarkan makanan yang tinggi protein nabati seperti tahu, kacang-kacangan atau tempe.

“Kekhawatiran lain bagi vegetarian muda adalah merasa kenyang sebelum mengonsumsi cukup nutrisi atau kalori,” kata Dr. Lee Atkinson-McEvoy, seorang dokter anak di UCSF Benioff Children’s Hospital, seperti dikutip dari Parenting NY Times.

Secangkir brokoli misalnya, memiliki kalsium yang lebih sedikit dibandingkan dengan secangkir susu, sehingga bayi membutuhkan lebih banyak brokoli untuk mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang sama.

Baca Juga: Bolehkah Anak jadi Vegetarian? Ini Kata Ahli!

Beberapa makanan nabati seperti kacang-kacang juga cepat membuat bayi merasa kenyang, sehingga mereka cenderung berhenti makan meskipun baru mengonsumsi kalori yang relatif sedikit.

“Karena bayi dan balita mengalami begitu banyak pertumbuhan dan perkembangan, orang tua perlu berhati-hati agar buah hatinya mendapatkan nutrisi yang cukup dan banyak kalori.”

5. Pastikan Untuk Berkonsultasi Dengan Dokter

Membiasakan Bayi Menjadi Vegetarian, Perhatikan Ini! 5

Foto: healthline.com

Menurut Motherly, hal terpenting yang sangat tidak boleh dilewatkan jika Moms ingin mendidik bayi menjadi vegetarian adalah berkonsultasi dengan dokter.

Sampaikan bahwa Moms mengajari Si Kecil menjadi vegetarian sehingga dokter dapat memeriksa kecukupan gizinya serta mungkin meresepkan suplemen, jika diperlukan.

Bayi membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan orang dewasa. Namun, mengajari bayi menjadi vegetarian bukan hal yang tidak mungkin selama Moms memperhatikan kecukupan gizi dan berbagai hal penting di atas.

Artikel Terkait