BALITA DAN ANAK
26 Juli 2020

Kiat Memilih Mainan yang Awet untuk Anak

Mainan ini bisa terus dimainkan meski anak semakin besar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mainan memang membantu mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Namun, bukan berarti Moms harus sering membelikan Si Kecil mainan. Moms perlu tahu tips memilih mainan yang awet untuk anak.

Saat masuk ke toko mainan, Moms pasti dibuat bingung dengan banyaknya jenis mainan yang tersedia. Mana, ya, yang terbaik untuk perkembangan Si Kecil? Selain itu, Moms tentu juga mempertimbangkan kualitas dan keawetan mainan serta mainan yang tidak cepat membuat Si Kecil bosan.

Tips Memilih Mainan yang Awet untuk Anak

Ini tips memilih mainan yang awet untuk anak sehingga bisa dipakai lama, sekaligus membuat Si Kecil tertantang dan merangsang kemampuan berpikir, fisik, bahasa, dan sosial-emosionalnya.

1. Mainan yang Bisa Digunakan dengan Berbagai Cara

memilih mainan yang awet untuk anak: Mainan yang Bisa Digunakan dengan Berbagai Cara.jpg

Foto: cottonbro from Pexels

Balita senang memisahkan, memasang kembali, menarik, memasukkan, menambahkan, dan membangun sesuatu. Karena itu, pilihkanlah mainan yang bisa dimainkan dengan banyak cara.

Contohnya adalah Lego, blok bangunan, kotak atau mangkuk yang bisa disusun menjadi menara, serta mainan pasir dan air. Mainan tersebut bisa dibuat menjadi pesawat, jalan, gedung, atau apa saja.

Mainan seperti ini merangsang imajinasi Si Kecil serta membantunya mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir logis.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

2. Mainan yang Bisa Dimainkan sampai Anak Besar

memilih mainan yang awet untuk anak: Mainan yang Bisa Dimainkan sampai Anak Besar.jpg

Foto: Andy Crissell from Pixabay

Baru kemarin dibelikan mainan, kok, Si Kecil sudah bosan saja? Supaya awet, Moms bisa mencari mainan yang tetap menyenangkan dimainkan di tahap perkembangan yang berbeda.

Moms bisa memilih mainan yang awet untuk anak seperti mainan plastik kecil, action figure, boneka dan rumah boneka, bola, perlengkapan menggambar dan mewarnai, serta mainan kendaraan.

3. Mainan yang Mirip Aslinya

memilih mainan yang awet untuk anak: Mainan yang Mirip Aslinya.jpg

Foto: Andrea Piacquadio from Pexels

Si Kecil mulai tahu bagaimana cara kerja benda-benda di sekitarnya, misalnya remote TV atau saklar lampu. Ia juga tertarik bermain dengan benda-benda nyata seperti HP karena ia ingin cepat besar dan bisa melakukan banyak hal seperti Moms.

Moms bisa membelikannya mainan HP, kunci, peralatan makan dan makanan, alat musik, sapu kecil, dan sebagainya. Mainan seperti ini membantu Si Kecil memecahkan masalah, belajar relasi spasial, dan mengembangkan kemampuan motorik halus.

Baca Juga: 10 Ide Mainan Anak 1 Tahun yang Bisa Dibuat di Rumah

4. Mainan Lintas Generasi

memilih mainan yang awet untuk anak: Mainan Lintas Generasi.jpg

Foto: jacqueline macou from Pixabay

Anak-anak dan orang dewasa sebenarnya bisa main apa saja bersama-sama. Namun, ada beberapa mainan yang dirancang untuk diikuti orang dewasa juga.

Saat Si Kecil berusia tiga tahun ke atas, board game yang melibatkan memori atau board game sederhana yang tidak memerlukan kemampuan membaca menyenangkan dimainkan oleh semua umur.

Menurut situs web Zero to Three, permainan ini melatih keterampilan berhitung, mencocokkan, dan mengingat sekaligus kemampuan mendengarkan dan mengendalikan diri (saat Si Kecil belajar mengikuti aturan).

Kemampuan bahasa dan membangun hubungan juga diasah. Selain itu, Si Kecil belajar untuk tidak sombong saat menang dan tidak putus asa saat kalah.

Baca Juga: Ingin Si Kecil Makin Cerdas? Coba 5 Permainan Ini Agar Anak Tumbuh Cemerlang

Memilih mainan yang awet untuk anak mencegah mainan berakhir di gudang saat usia Si Kecil sudah terlalu besar. Adakah jenis mainan di atas yang belum dipunyai Si Kecil?

Artikel Terkait