TREN
12 September 2017

Memilih Rumah Atau Apartemen?

Mama wajib tahu plus minusnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Di kota besar, sudah banyak apartemen yang menawarkan berbagai fasilitas. Lokasinyapun strategis. Tetapi dari sisi kenyamanan, Mama sebenarnya lebih suka tinggal di rumah. Kalau sudah begini, pasti Mama bingung memutuskan antara memilih apartemen atau rumah. Tiga hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Mama beserta keluarga:

1. Keamanan

Apartemen: Biasanya sistem keamanan di apartemen jauh lebih ketat dibandingkan perumahan. Sebab, tidak semua orang memiliki akses untuk mengunjungi lantai apartemen yang Mama huni. Ini cocok untuk Mama yang sangat menjaga privasi pribadi.

Rumah: Lingkungan rumah sudah pasti keamanannya lebih longgar dibandingkan apartemen. Tetapi, bukan berarti tanpa pengamanan sama sekali. Beberapa perumahan menyediakan fasilitas keamanan 24 jam. Apalagi jika Mama suka berbaur dengan tetangga dan mengikuti kegiatan lingkungan seperti kerja bakti, kegiatan sosial, dan sejenisnya. Perumahan bisa jadi pilihan yang ideal untuk Mama.

2. Hak Milik

Apartemen: Tinggal di pusat kota, apalagi di kota besar, sepertinya butuh biaya banyak untuk bisa memiliki hunian pribadi seperti rumah. Kelebihan apartemen adalah Mama bisa memiliki hunian di pusat kota dengan biaya yang masih terjangkau. Tapi, seperti kita tahu, apartemen adalah hunian yang hak miliknya dibatasi untuk beberapa tahun saja. Setelah batas waktu habis, akan ada biaya administrasi dan biaya lainnya untuk tetap bisa tinggal dan memiliki unit apartemen yang Mama huni.

Rumah: Seiring mahalnya harga properti dari tahun ke tahun, sepertinya Mama memang harus realistis dalam memilih rumah. Dengan biaya yang terbatas, Mama hanya bisa memiliki rumah di pinggir kota. Tapi, tidak ada ruginya juga kok, Ma, karena ketika Mama melunasi cicilan rumah yang Mama huni, sepenuhnya rumah dan luas tanah tersebut akan menjadi milik Mama.

3. Fasilitas

Apartemen: Saat memutuskan membeli apartemen, pasti hal pertama yang jadi perhatian Mama adalah fasilitasnya. Kalau Mama memilih jenis apartemen level menengah ke atas Mama tentu tidak perlu khawatir. Mulai dari tempat olahraga, arena bermain anak, semua lengkap tersedia. Mama akan merasa tinggal di hotel setiap hari. Untuk sisi prestise juga lebih tinggi dibandingkan hanya tinggal di perumahan apalagi di pinggiran kota.

Rumah: Banyak perumahan yang menawarkan fasilitas setara apartemen, tapi biasanya perumahan seperti itu cukup mahal. Jadi, kalau memang Mama terkendala dengan biaya, fasilitas sepertinya bukan jadi kebutuhan khusus.

Jadi, Mama memutuskan memilih apartemen atau rumah?

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Mungil Minimalis

(LMF)

Artikel Terkait