2-3 TAHUN
7 Oktober 2020

Memilih Sepeda untuk Balita yang Sesuai Umurnya

Pilih sepeda roda tiga, 12 inci, atau 16 inci, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di toko sepeda, ada sepeda roda tiga serta sepeda roda dua dengan dua roda tambahan. Belum lagi ada balance bike. Nah, Moms perlu tahu cara memilih sepeda untuk balita yang sesuai umurnya.

Bagi Si Kecil bersepeda adalah hal yang menyenangkan. Selain untuk menyalurkan energinya yang seakan tak habis-habis, ia juga merasakan kebebasan dan kepercayaan diri. Lebih dari itu, bersepeda juga mengasah keterampilan motorik halus dan mengembangkan ototnya.

Menurut Journal of Pediatric Psychology Juli 2004, bersepeda adalah keterampilan yang terdiri dari beberapa komponen. Ada elemen motorik seperti mengayuh, menyeimbangkan tubuh, menyetir, dan mengerem, ada pula elemen kognitif seperti konsentrasi, perhatian, pertimbangan, perencanaan, dan pembuatan keputusan.

Memilih sepeda untuk balita yang sesuai umurnya memang perlu. Selain itu, saat membeli sepeda, Moms juga perlu mempertimbangkan tinggi Si Kecil serta kepercayaan diri dan kemampuannya.

Baca Juga: Memilih Sepeda Roda Tiga Untuk Balita

Berbeda dengan sepeda dewasa yang tipenya ditentukan oleh ukuran rangkanya (panjang rangka di bawah tempat duduk), jenis sepeda anak ditentukan oleh diameter rodanya.

Berikut panduan memilih sepeda untuk balita yang sesuai umurnya seperti dirangkum dari situs web Bike Exchange dan choosemybicycle.com:

Usia 18 Bulan ke Atas: Balance Bike dan Sepeda Roda Tiga

sepeda roda tiga, sepeda untuk balita yang sesuai umurnya.jpg

Foto: Jörg Möller from Pixabay

Tinggi anak: 85-110 cm

Jika Moms ingin memperkenalkan kegiatan bersepeda pada Si Kecil yang belum berusia dua tahun, Moms bisa mencoba balance bike. Sepeda ini hanya terdiri dari rangka dan roda – tidak ada pedal, engkol, rantai, rem, maupun gir. Si Kecil menjalankan dan mengerem sepeda dengan kakinya.

Balance bike biasanya lebih ringan dan lebih mudah dikendarai daripada sepeda roda tiga atau sepeda dengan roda tambahan. Sepeda sederhana ini mengajarkan koordinasi setir dan keseimbangan pada Si Kecil, sehingga membuat transisi ke sepeda roda dua lebih mudah dibanding daripada sepeda roda tiga atau sepeda dengan roda kecil.

Bagaimanapun, sepeda roda tiga lebih mudah didapatkan di toko sepeda dan sudah digunakan sejak dulu. Sepeda untuk balita ini memberikan rasa nyaman dan stabilitas karena tempat duduknya memiliki sandaran dan ketiga rodanya berukuran sama.

Baca Juga: 4 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

Berbeda dengan balance bike yang mengajarkan keseimbangan terlebih dulu, sepeda roda tiga melatih kemampuan mengayuh dulu. Sepeda ini juga seringkali dilengkapi dengan tongkat pendorong di belakangnya sehingga pengasuh bisa mendorong sepeda dari belakang. Karena itu, sepeda roda tiga sering digunakan sejak anak sudah bisa duduk.

Usia 2-4 Tahun: Sepeda 12-14 Inci

Sepeda 12-14 Inci, sepeda untuk balita yang sesuai umurnya.jpg

Foto: Besno Pile from Pixabay

Tinggi anak: 85-100 cm

Memperkenalkan Si Kecil pada sepeda di usia ini membuat ia lebih cepat menguasai keterampilan bersepeda. Namun, tingkat koordinasi dan keseimbangan anak di rentang usia ini berbeda-beda, sehingga sebagian anak memilih tetap menggunakan sepeda roda tiga hingga usianya empat tahun.

Bagi beberapa anak, sepeda dengan diameter roda 12 inci adalah sepeda kayuh pertama mereka. Merasa nyaman dan percaya diri saat bersepeda sangat penting di titik ini. Karena itu, pilihkanlah sepeda yang berdesain simpel tanpa fitur-fitur yang justru merepotkan Si Kecil.

Sepeda 12 inci biasanya dilengkapi dua roda kecil tambahan di belakang agar Si Kecil lebih percaya diri menjalankan sepeda tanpa bantuan orang dewasa. Selain itu juga ada rem torpedo (coaster brake) di roda belakang yang akan menghentikan sepeda jika pedal dikayuh ke belakang.

Beberapa model sepeda juga memiliki rem tangan, padahal anak di usia ini seringkali belum mampu mengoperasikan rem tersebut. Sebaiknya hati-hati dengan sepeda yang hanya memiliki rem tangan. Rem torpedo lebih cocok untuk memperkenalkan konsep rem pada anak di bawah usia empat tahun.

Baca Juga: Pilih Sepeda dengan Roda Bantu atau Balance Bike untuk Balita?

Rangka sepeda 12 inci biasanya terbuat dari baja atau aluminium. Kalau Moms punya bujet lebih, sebaiknya pilih yang aluminium karena lebih ringan dan tahan karat.

Beberapa produsen sepeda menjual sepeda 14 inci dengan bentuk dan fitur yang sama dengan sepeda 12 inci. Rekomendasi usia dan tinggi anaknya juga mirip. Kelebihannya, roda yang lebih besar membuat sepeda lebih stabil, lebih mulus saat dikendarai, serta lebih cepat.

Jika sepeda 12 inci bisa untuk anak usia 2-3 tahun, tampaknya sepeda 14 inci lebih cocok untuk anak umur 3-4 tahun. Namun, tidak harus demikian, kok, Moms. Ini soal preferensi saja.

Usia 4-6 Tahun: Sepeda 16-18 Inci

Sepeda 16-18 Inci, sepeda untuk balita yang sesuai umurnya.jpg

Foto: Jason Goh from Pixabay

Tinggi anak: 100-120 cm

Jika anak sudah terlalu besar untuk sepeda ukuran 12 atau 14 inci serta sudah nyaman dan percaya diri bersepeda, Moms bisa membelikannya sepeda 16 inci. Rangkanya juga terbuat dari baja atau aluminium serta dilengkapi roda kecil dan rem torpedo.

Rem tangan lebih umum ditemui pada sepeda 16 inci karena tangan anak sudah cukup kuat untuk menggunakannya sebagai mekanisme menghentikan sepeda. Pastikan jangkauan rem tangannya pendek sehingga mudah difungsikan oleh tangan anak yang masih kecil, ya, Moms.

Sepeda 16 inci bertujuan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh anak dalam hal mengayuh sambil mempertahankan keseimbangan, mengerem dengan kekuatan yang pas, dan sebagainya. Moms bisa perlahan mengangkat roda tambahan lalu mencopotnya saat Si Kecil merasa sudah mampu menggunakan sepeda roda dua.

Selain sepeda 16 inci, ada juga sepeda 18 inci yang hanya lebih besar ukuran rodanya.

Baca Juga: Anak Pintar Bersepeda dengan 5 Tips Berikut Ini

Pilih Ukuran Sepeda yang Pas

Pilih Ukuran Sepeda yang Pas, sepeda untuk balita yang sesuai umurnya.jpg

Foto: Roman Koval from Pexels

Saat memilih sepeda untuk balita yang sesuai umurnya, minta ia menaiki sepeda tersebut. Lihat apakah…

  • kaki Si Kecil menapak tanah dengan mantap (bukan berjinjit) saat ia berdiri mengangkangi sadel?
  • saat duduk di sadel, apakah kakinya bisa mengayuh pedal dengan nyaman?
  • apakah tangannya bisa memegang handle dengan nyaman saat duduk?

Jika semua jawabannya iya, berarti ukuran sepeda tersebut sudah benar.

Jangan belikan Si Kecil sepeda yang terlalu besar agar bisa dipakai sampai ia besar. Ini bisa menyebabkan perkenalan Si Kecil dengan sepeda menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa membuatnya cedera. Pilihlah sepeda untuk balita sesuai umurnya, ya.

Artikel Terkait