3-5 TAHUN
11 Agustus 2019

Memilih Sunscreen Terbaik bagi Anak dan Balita

Wajib memilih yang paling tepat!
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika memilih sunscreen untuk bayi, balita, atau anak kecil, orang tua biasanya membuat pilihan pada tabir surya hanya dengan menggunakan beberapa karakteristik.

Misalnya, SPF tertinggi yang dapat mereka temukan, biasanya 50+ atau 100+ dan merek anak-anak (Aveeno Baby, Banana Boat Kids, California Baby, Coppertone Kids, Coppertone Waterbabies, Neutrogena Wet Skin Kids, Neutrogena Pure & Free Baby).

Karakteristik itu boleh saja, sebab sunscreen tidak lebih baik hanya karena lebih mahal.

Bahkan, beberapa tabir surya berperingkat tertinggi dalam tes Consumer Reports adalah yang paling murah.

Semua merek sunscreen paling populer yang diuji oleh Consumer Reports diuji baik atau sangat bagus.

Adapun kalau si kecil berumur kurang dari enam tahun, baik American Academy of Dermatology dan Skin Cancer Foundation merekomendasikan menjaga bayi kita dari sinar matahari dan menghindari sunscreen, karena kulit mereka sangat sensitif dan memiliki melanin terlalu sedikit, membuat mereka lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Alih-alih, jika Moms harus membawa bayi keluar di bawah sinar matahari, kenakan pakaian dengan lengan dan celana panjang yang ringan, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam untuk melindungi mereka dari kepala hingga kaki.

Apa yang Baru dari Sunscreen

Memilih Sunscreen Terbaik bagi Anak dan Balita

Foto: pixabay.com

Semprotan sunscreen merupakan teknologi tabir surya terbaru dan terhebat yang harus dimiliki dan dicoba semua orang.

Tahun ini Moms akan menemukan banyak jenis sunscreen baru, termasuk yang bebas air mata, losion berbusa, bisa disemprot saat kulit basah, dan losion sentuh yang tidak berminyak atau kering yang non-komedogenik serta tidak akan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Sunscreen Terbaik

Memilih Sunscreen Terbaik bagi Anak dan Balita

Hal-hal yang harus dicari yang akan menunjukkan bahwa Moms membeli 'sunscreen terbaik', antara lain, memberikan perlindungan UVA dan UVB spektrum luas, memiliki SPF minimal 15 hingga 30.

Moms bisa menggunakan SPF yang lebih tinggi, tetapi sebagian besar ahli percaya bahwa sunscreen SPF tinggi ini tidak memberikan perlindungan ekstra.

Beberapa ahli mengatakan bahwa peringkat SPF harus dibatasi pada SPF 30 atau SPF 50, yang memberikan perlindungan terhadap 97 hingga 98 persen sinar UVB.

Menggunakan sunscreen SPF yang tinggi mungkin memberikan perlindungan lebih bagi orang tua yang tidak menggunakan sunscreen yang cukup dan tidak cukup sering menggunakannya kembali.

Tahan air, walau anak Moms tidak berenang dan hanya bermain di luar, tetap saja ia akan berkeringat, jadi yang tahan air memberikan perlindungan yang lebih baik daripada sunscreen biasa.

Bersifat hipoalergenik dan bebas pewangi, terutama jika si kecil memiliki kulit sensitif. Mudah digunakan pada anak, apakah itu berarti itu adalah stik, gel, losion, semprotan, atau lain sebagainya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

Sunscreen Broad-Spectrum

Memilih Sunscreen Terbaik bagi Anak dan Balita

Sayangnya, banyak tabir surya yang mengklaim berspektrum luas ternyata tidak benar-benar menghalangi sinar dari spektrum UVA penuh.

Untuk mendapatkan perlindungan yang baik dari sinar UVA, cari tabir surya yang mencantumkan avobenzone, titanium dioksida, atau seng oksida sebagai salah satu bahannya.

Ya, di samping satu atau lebih bahan tabir surya yang memberikan perlindungan UVB.

Bahan Tabir Surya

Memilih Sunscreen Terbaik bagi Anak dan Balita

Jika anak-anak terkena ruam akibat tabir surya, Moms dapat meninjau daftar bahan tabir surya dan memilih yang lain di lain waktu.

Pastikan untuk memilih satu yang bebas PABA.

Moms bisa juga mencari yang memberikan perlindungan UVA dari tabir surya, seperti titanium dioksida atau seng oksida.

Sebab, bahannya lebih aman daripada avobenzone, bahan tabir surya yang umum.

Pastikan untuk mengoleskannya hanya di area kecil kulit anak terlebih dahulu jika orang tua tidak yakin.

Dari semua bahan tabir surya, yang mungkin menjadi perhatian beberapa orang tua adalah retinyl palmitate (vitamin A) dan oxybenzone.

Baca Juga: Agar Hasilnya Efektif, Begini Cara Pemakaian Sunblock Sesuai Tingkat SPF

Walau banyak ahli sudah berpikir bahan tersebut aman, lebih baik untuk menghindarinya dengan mencari tabir surya dengan bahan yang berbeda.

(TPW)

Artikel Terkait