2-3 TAHUN
24 Agustus 2020

Jenis Formula pada Susu dan Cara Memilih Susu Kedelai untuk Anak yang Alergi

Formula soya punya kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dari susu sapi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Beberapa anak ada yang alergi mengonsumsi susu sapi. Moms perlu memilih beberapa susu alternatif untuk dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, salah satunya dengan mengonsumsi susu formula berbasis soya.

Untuk bisa memilih susu kedelai yang tepat bagi anak yang alergi, penting mengetahui seperti apa kandungan formula yang tersedia, dan memerhatikan nutrisi seperti vitamin dan mineral pada susu formula berbasis soya tersebut.

Berikut ini beberapa cara memilih susu kedelai untuk anak yang alergi susu formula berbasis sapi.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

Jenis Formula Susu untuk Anak Alergi

cara memilih susu kedelai untuk anak alergi-1.jpg

Foto: cbsnews.com

Mengutip Kids Health, ketika seorang anak alergi terhadap susu, sistem kekebalan tubuhnya yang biasanya melawan infeksi, bereaksi berlebihan terhadap protein dalam susu sapi.

Sehingga, setiap kali anak minum susu, tubuhnya akan mengira bila protein ini berbahaya, dan sistem kekebalan tubuh akan melawannya. Dampaknya, terjadi reaksi alergi di mana tubuh melepaskan bahan kimia seperti histamin.

Dalam Kids with Food Allergies, ada beberapa pilihan formula susu untuk anak yang mengalami alergi. Hal ini penting diketahui Moms sebagai cara memilih susu kedelai untuk anak alergi.

1. Formula Berbasis Soya

Susu formula berbasis kedelai bisa menjadi pilihan alternatif. Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan bahwa susu formula soya menggunakan kedelai sebagai sumber protein untuk mengganti komponen susu sapi.

Mengutip Health Exchange, kedelai adalah sumber protein rendah lemak dan nabati yang baik.

Kedelai ini bebas kolesterol, kandungan lemak jenuh lebih rendah dari susu sapi dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

2. Formula yang Dihidrolisis Luas (EHF)

Formula yang dihidrolisis secara luas (extensively-hydrolyzed formulas) bersifat hipoalergenik.

Susu jenis ini memberikan nutrisi lengkap untuk anak yang tidak bisa mencerna protein susu sapi utuh, dan membantu Si Kecil yang tidak toleran atau alergi protein susu sapi.

Disebut formula yang dihidrolisis luas, karena formula ini memecah kasein (protein susu sapi) menjadi beberapa bagian.

Anak mengalami alergi susu sapi karena tubuhnya tidak mengenali protein tersebut, yang menjadi zat alergen.

3. Formula Berbasis Asam Amino (AAF)

Terakhir, ada formula berbasis asam amino (amino acid-based formulas) menawarkan nutrisi lengkap untuk bayi.

Formula ini cocok untuk Si Kecil yang tidak dapat mentoleransi formula yang dihidrolisis secara luas.

Dalam Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, ditunjukkan bahwa formula asam amino mengurangi gejala alergi dan membantu tingkatkan pertumbuhan pada anak yang alergi dengan susu sapi.

Baca Juga: 4 Tips Mengganti Susu Formula Bayi, Tidak Sembarangan!

Pro dan Kontra Formula pada Susu

cara memilih susu kedelai untuk anak alergi-2.jpg

Foto: deltadentalil.com

Ketiga formula ini memiliki sisi pro dan kontranya masing-masing. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat membantu Moms sebagai cara untuk memilih susu kedelai bagi anak yang alergi.

1. Formula Berbasis Soya

Formula berbasis soya mungkin menjadi salah satu opsi alternatif yang mudah dipilih ketika mengetahui Si Kecil alergi dengan susu sapi.

Formula berbasis soya punya kandungan lemak jenuh dan kolesterol jahat yang lebih rendah dari susu formula sapi biasa.

Susu ini juga bisa memenuhi kandungan protein dengan mengganti komponen susu sapi dengan biji kedelai.

Baca Juga: 4 Tips Pemberian ASI yang Diselingi Susu Formula untuk Bayi

2. Formula yang Dihidrolisis Luas (EHF)

Formula yang dihidrolisis luas atau EHF, menjadi opsi alternatif lain dalam memilih susu untuk Si Kecil yang alergi, karena jenis formula yang sudah hipoalergenik. Sehingga, aman dikonsumsi Si Kecil.

Kekurangan dari formula yang dihidrolisis luas ini, adalah rasa yang tidak enak, mahal, dan memicu diare, menyebabkan perlunya penggunaan secara terbatas, menurut Journal of Korean Medical Sciences.

3. Formula Berbasis Asam Amino

Formula yang mengandung asam amino bebas (bentuk paling sederhana dari protein) merupakan pilihan bagus untuk anak dengan alergi susu sapi. Formula asam amino dianggap sebagai pilihan susu pertama bagi Si Kecil yang alergi.

Tetapi, dalam jurnal Infectious Disease and Pharmacology, kekurangan dari susu asam amino ini adalah harganya mahal dan rasanya tidak begitu enak atau cenderung tawar.

Dengan pro dan kontra dari masing-masing formula ini, disarankan agar Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebagai cara memilih susu kedelai yang tepat untuk anak alergi.

Baca Juga: Penuhi Nutrisi Si Kecil, Bebelac Gold Soya 3 Dukung Tumbuh Kembang yang Optimal

Pentingnya Memilih Susu Formula Soya yang Padat Nutrisi

cara memilih susu kedelai untuk anak alergi-3.jpg

Foto: romper.com

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, penting memilih susu formula yang padat nutrisi dan kandungan tinggi serat. Terutama bagi Moms yang hendak membeli susu formula berbasis kedelai.

Sebagai cara memilih susu kedelai untuk anak alergi, perhatikan kandungan serat pada susu tersebut untuk memastikan asupan nutrisi dan serat harian Si Kecil tercukupi.

Riset terbatas yang dilakukan Fatimah A. dkk (2018) dengan melibatkan 103 anak, didapati bahwa sebanyak 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat, sehingga nutrisinya tidak seimbang.

Rata-rata anak hanya mendapat asupan serat sebanyak 4,7 gram. Padahal, pada Peraturan Menteri Kesehatan no. 75 tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI menetapkan standar asupan serat harian anak usia 1-3 tahun sebesar 16 gram.

Moms bisa memberikan Si Kecil susu Bebelac Gold Soya 3, bahkan jika Si Kecil tidak memiliki alergi susu sapi.

Ini karena kandungan susu formula soya yang tinggi serat dan nutrisi lain yang akan didapat Si Kecil:

  • Bebelac Gold Soya 3 dapat mendukung kemampuan berpikir anak dengan minyak ikan yang mengandung DHA, Omega 3, Omega 6, Zat Besi, Kolin, dan Seng.
  • Bebelac Gold Soya 3 mendukung kesehatan pencernaan dan perut anak, dengan Advansfibre Soy dan FOS Inulin, yang bersumber dari nabati.
  • Bebelac Gold Soya 3 mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan protein soya yang mengandung isolate protein soy, dan 9 asam lemak esensial.
  • Bebelac Gold Soya 3 juga mengandung 13 vitamin dan 9 mineral untuk pertumbuhan optimal, termasuk Kalsium & Vitamin D untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

Bebelac Gold 3 Soya Vanilla 360g

Rp68.200
Bebelac Gold 3 Soya Vanilla 360g

Baca Juga: Pentingnya Sumber Protein Nabati untuk Tumbuh Kembang Anak

Selain itu, tidak perlu khawatir soal rasa, karena Bebelac Gold Soya 3 punya rasa vanilla yang enak dan pasti disukai buah hati.

Jika Moms ingin mendapatkan susu soya yang penuh kandungan nutrisi ini, bisa didapatkan dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Bebelac Gold Soya IF; 170 gram (0-6 bulan) Rp36.000
  • Bebelac Gold Soya FO; 360 gram (6-12 bulan) Rp75.000
  • Bebelac Gold Soya GUM; 700 gram (lebih dari 1 tahun) Rp134.400

Bebelac Gold 3 Soya Vanilla 700g

Rp127.200
Bebelac Gold 3 Soya Vanilla 700g

Itu dia Moms, cara memilih susu kedelai untuk anak yang alergi susu formula agar asupan serat dan nutrisi harian Si Kecil tetap tercukupi.

Artikel Terkait