TREN
1 Maret 2018

Memilih Warna Cat Rumah Sesuai Mood

Warna cat yang tepat bisa mengurangi stres, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh andia.ratna
Disunting oleh andia.ratna

Rumah adalah tempat beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga. Dalam memperindah rumah, selain mengisi dengan berbagai perabotan dan dekorasi, pemilihan warna dinding juga penting untuk dipertimbangkan.

Warna-warna tertentu yang diaplikasikan dinding rumah dapat mempengaruhi mood seseorang, lho. Jadi, sebelum menentukan warna cat, pikirkan terlebih dahulu mood apakah yang ingin ditampilkan dalam ruangan Moms. Lihat panduannya berikut ini, yuk!

  • Putih
white gacahome

Warna putih adalah warna yang paling sering dipilih orang karena mudah dipadupadankan dengan warna apapun.

Mengecat seluruh rumah dengan warna putih dapat menimbulkan kesan membosankan, apalagi bila penempatan perabotan dan dekorasinya tidak menarik. Warna ini cocok untuk digunakan pada dapur dan kamar mandi karena meimbulkan kesan bersih.

Tambahkan furnitur dan dekorasi rumah dengan warna-warna cerah bila anda memutuskan untuk tetap mengecat seluruh rumah anda berwarna putih agar ruangan tidak terkesan datar.

  • Hijau dan Biru
grey privyhomes

Warna hijau dan biru memberikan suasana relaks. Warna hijau sering dipilih karena memberi kesan sejuk, tenang dan santai. Warna ini cocok untuk diterapkan pada kamar tidur anda.

Warna yang sering dijumpai pada daun-daunan ini bermanfaat untuk menghilangkan stress dan memperbaiki penglihatan mata yang lelah. Adapun warna biru bisa menjadikan ruang yang sempit terasa lebih luas.

Biru juga warna yang merepresentasikan alam karena identik dengan laut luas dan langit yang cerah, sehingga menghadirkan suasana yang menenangkan dan nyaman.

  • Kuning dan Oranye
kuning cdn.home designing

Nuansa yang lebih ceria dapat ditampilkan melalui cat dinding warna hangat seperti kuning dan oranye. Warna-warna yang menampilkan mood enerjik ini cocok untuk menampilkan kesan bahagia dan ceria.

Rumah yang menggunakan palet warna warna kuning memberikan kesan mewah dan semangat untuk pemiliknya. Pengecatan dengan dominasi warna kuning lebih pas digunakan untuk ruangan belajar atau ruangan kerja yang membutuhkan semangat dan konsentrasi tinggi.

  • Merah
red u nizwa

Jangan mengecat seluruh dinding rumah anda dengan warna merah, karena akan membuat mata menjadi lelah. Warna merah lebih cocok untuk digunakan sebagai aksen pelengkap pada sebuah ruangan.

Untuk melengkapi ruangan yang berakses warna merah, gunakan perabot rumah yang berwarna basic seperti putih, hitam atau abu-abu, agar rumah Moms tidak terkesan terlalu “ramai”.

  • Abu-abu dan Hitam
grey privyhomes

Seiring dengan populernya gaya rumah minimalis, warna abu-abu dan hitam pada rumah juga semakin banyak dijumpai.

Warna abu-abu memberikan kesan luas dan modern, sedangkan warna hitam meski memberi kesan gelap, juga memberikan kesan elegan dan kokoh pada rumah. Warna-warna ini cocok dijadikan kombinasi yang memperkaya dinding eksterior rumah anda.

(HEI/ARK)

Artikel Terkait