KESEHATAN
10 Agustus 2019

Menguatkan Tulang, 1 dari 5 Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan

Selain itu bisa bikin wajah lebih cerah alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kolang-kaling atau sering dikenal dengan sebutan buah atep ini sering dijadikan bahan tambahan untuk membuat makanan manis seperti kolak, es buah, sampai dibuat manisan.

Kolang-kaling juga mudah ditemukan khususnya di pasar tradisional apalagi saat bulan Ramadan tiba, kolang-kaling paling laris karena juga harganya cukup terjangkau.

Tapi, tahukah Moms, ternyata manfaat kolang-kaling untuk kesehatan ternyata sudah banyak diketahui orang banyak. Nah, untuk Moms yang belum tahu, berikut informasinya.

1. Baik Untuk Pencernaan

Kalau Si Kecil sedang sulit buang air besar, jangan langsung berikan obat Moms. Cobalah berikan 5-10 buah kolang-kaling yang diberi sedikit larutan air gula.

Agar lebih menggoda selera boleh tambahkan sedikit pewarna makanan. Kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi, jadi sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik Dikonsumsi Ibu dan Anak

2. Memperkuat Tulang

Kalau bicara makanan apa yang paling baik untuk tulang? Pasti jawabannya adalah susu. Tapi, terlalu banyak mengkonsumsi susu juga tidak baik, Moms. Karena susu mengandung lemak dan kalori cukup tinggi.

Nah, kalau sebagai pengganti susu, Moms bisa mengkonsumsi kolang-kaling untuk khasiat yang baik pula untuk tulang. Karena dalam 100 gram kolang-kaling mengandung 91mg kalsium. Meski lebih rendah dari susu yang mencapai 125mg, namun sama-sama bagus khasiatnya untuk memperkuat tulang.

3. Makanan Diet

Saat sedang diet, banyak yang merasa tersiksa karena mereka tidak pernah merasa kenyang jika hanya makan buah atau sayur-sayuran saja. Kalau sudah begini, diet bisa gagal karena Moms lebih memilih makanan berkalori tinggi untuk merasa kenyang.

Eits! Padahal kolang-kaling juga bisa memberikan efek kenyang juga, lo, Moms, tapi rendah kalori. Karena kolang-kaling mengandung gelatin dan hampir 95% mengandung air. Jadi, walaupun Moms sedang menjalankan program diet, akan merasa segar dan tidak mudah lapar.

Baca Juga : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Osteoporosis dengan Tepat

4. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Penderita asam urat akan merasa sangat nyeri saat bergerak dan beraktivitas. Tentu ini penyakit yang sangat mengganggu. Sedangkan minum obat penghilang rasa sakit hanya mengobati sementara.

Untuk mengurangi risiko peradangan persendian saat asam urat sedang kambuh, Moms bisa sering-sering mengkonsumsi kolang-kaling. Senyawa yang terkandung dalam kolang-kaling sangat baik sebagai pelumas sendi sehingga nyeri pada persendian bisa diminimalisir.

Baca Juga : Awas, 4 Penyakit Tulang Pada Balita Ini Mengintai si Kecil

5. Skin Care Alami

Kalau Moms rajin merawat kulit wajah dari luar dengan krim malam atau memakai tabir surya setiap hari, jangan lupa memberi nutrisi kulit Moms dari dalam dengan makanan yang baik untuk kulit. Seperti kolang-kaling yang mengandung vitamin B dan berkhasiat tak hanya untuk menambah kecantikan kulit, tapi juga memancarkan cahaya alami kulit dari dalam.

Jadi, sudah tahu, kan, Moms ternyata buah kolang-kaling sangat banyak manfaatnya. Menyajikan kolang-kaling untuk cemilan atau sebagai dessert sepertinya harus sering-sering, ya, Moms. Setuju?

(LMF)

Artikel Terkait