FASHION & BEAUTY
13 April 2020

Cara Aman Memutihkan Wajah Saat Hamil, Pakai 5 Bahan Ini!

Gunakan produk dengan kandungan berikut ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak cara memutihkan wajah saat hamil dengan 5 bahan yang aman berikut ini.

Moms mungkin membutuhkan produk pencerah kulit sebagai bagian dari perawatan kulit karena perubahan yang dialami di masa kehamilan.

Produk pemutih atau pencerah kulit sangat digemari oleh kaum perempuan. Produk-produk ini mengklaim dapat membuat kulit Moms lebih putih, halus dan cerah dalam waktu singkat.

Tetapi, Moms disarankan untuk lebih memerhatikan bahan produk perawatan yang aman digunakan saat hamil. Sehingga, penting mengetahui cara aman memutihkan wajah saat hamil.

"Beberapa produk pencerah mungkin aman, tetapi periksa daftar bahan pada produk untuk memastikan tidak ada yang berisiko untuk dipakai selama kehamilan," jelas Ashwini Nabar, MD, konsultan ginekolog dan dokter kandungan di Hinduja Healthcare Surgical, mengutip Baby Center.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Berbahaya Saat Program Hamil

Bahan Aman Memutihkan Wajah Saat Hamil

Jika ragu, Moms bisa memilih kandungan bahan alami berikut ini sebagai cara aman memutihkan wajah saat hamil.

1. Ekstrak Licorice

cara aman memutihkan wajah saat hamil-licorice.jpg

Foto: thehealthy.com

Ekstrak licorice telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Tiongkok untuk mengobati penyakit kulit dari semua tingkatan. Kandungan ini memiliki senyawa glabridin, yang dapat menjadi bahan pemutih kulit.

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, glabridin memiliki potensi untuk menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang bertanggung jawab untuk produksi melanin yang menyebabkan pigmentasi kulit.

Ekstrak licorice juga tidak merusak sel-sel kulit, sehingga tidak hanya menjadi cara aman memutihkan wajah saat hamil, tetapi dapat mengatasi masalah jerawat karena sifat anti-inflamasi yang menenangkan kulit kemerahan.

2. Arbutin

cara aman memutihkan wajah saat hamil-arbutin.jpeg

Foto: medium.com

Arbutin adalah komponen alami yang diekstraksi dari semak bearberry atau urva-ursi. Komponen ini dikenal memiliki sifat memutihkan kulit. Arbutin bekerja dengan menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang bertanggung jawab untuk pembentukan melanin.

Arbutin tidak memiliki efek samping dan lebih aman digunakan ketimbang hidrokuinon kimia yang merupakan bahan keras untuk kulit.

Arbutin memiliki dua jenis: Arbutin Alpha dan Beta. Disarankan membeli produk pemutih kulit dengan Arbutin Alpha, karena bekerja lebih baik daripada Beta-Arbutin, dan aman digunakan bagi kulit sensitif.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kelembapan Kulit Ibu Hamil

3. Asam Glikolat

cara aman memutihkan wajah saat hamil-asam glikolat.jpg

Foto: skinstore.com

Asam glikolat adalah zat yang aman digunakan untuk mencerahkan kulit di masa kehamilan.

Kandungan ini berasal dari AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang ada di berbagai produk makanan seperti tebu, susu, buah jeruk, dll.

Mengutip jurnal Canadian Family Physician, asam glikolat banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengobati jerawat.

Asam glikolat mempercepat pergantian sel kulit sehingga dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Selain itu, kandungan ini juga membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan dari wajah.

Meskipun belum ada studi yang meneliti penggunaan asam glikolat di masa kehamilan, tetapi menggunakan asam glikolat topikal selama kehamilan sebagai pemutih wajah seharusnya tidak mengkhawatirkan.

4. Ekstrak Jeruk

cara aman memutihkan wajah saat hamil-ekstrak jeruk

Foto: Orami Stock Photos

Produk pencerah kulit dengan kandungan ekstrak buah jeruk dapat menjadi cara aman memutihkan wajah saat hamil. Seperti buah lemon dan jeruk lainnya, adalah zat pemutih alami untuk kulit.

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang dapat memproduksi serat kolagen, sehingga membuat kulit kuat dan kencang.

Kandungan vitamin C diketahui meminimalkan melanosit hiperaktif, yang bisa menyebabkan produksi melanin pada lapisan kulit sehingga membuat kulit jadi lebih gelap.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Bahan Skincare yang Aman Digunakan Saat Hamil

5. Asam Kojic

cara aman memutihkan wajah saat hamil-asam kojic.jpeg

Foto: huffingtonpost.com

Asam kojic adalah bubuk putih kristal yang berasal dari Asia. Asam ini telah digunakan sejak lama di Jepang sebagai pilihan alternatif untuk bahan hidrokuinon. Sehingga, aman untuk memutihkan wajah saat hamil.

Asam kojic telah ditemukan bekerja dengan sangat baik dalam hal pigmentasi dan perubahan warna kulit. Menurut American Academy of Dermatologist, asam kojic efektif mengatasi hiper-pigmentasi.

Melansir International Journal of Toxicology, asam kojic aman digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi 1 persen. Namun, beberapa individu mungkin masih mengalami efek samping atau risiko dari penggunaannya.

Itu dia Moms, kandungan bahan yang bisa dipilih untuk produk perawatan kulit sebagai cara aman memutihkan wajah saat hamil.

Artikel Terkait