PARENTING
8 Maret 2020

Begini Tips Mencari Pengasuh Anak ala Angkie Yudistia

Pastikan Si Kecil nyaman ketika diasuh ya, Moms
placeholder

Foto: instagram.com/angkie.yudistia

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Mencari pengasuh anak yang tepat bisa menjadi sebuah hal yang gampang-gampang susah. Ini karena Moms harus memastikan pengasuh tersebut cocok untuk Si Kecil dan juga orang tua.

Jika Moms berencana mempekerjakan pengasuh anak yang tepat, ada beberapa tips mencari pengasuh anak, menurut Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Joko Widodo.

Tips Mencari Pengasuh Anak yang Tepat

Mengutip International Nanny Association, anak-anak dapat berkembang ketika mereka dirawat dengan baik oleh pengasuh anak yang penuh perhatian dan peduli.

Perawatan dan interaksi yang diberikan oleh pengasuh kepada anak-anak, memberikan rasa harga diri dan keamanan yang baik oleh Si Kecil. Berikut ini tips mencari pengasuh anak yang tepat.

Baca Juga: Plus Minus Mempercayakan Anggota Keluarga Sebagai Pengasuh Anak

1. Perhatikan Budget

tips mencari pengasuh anak-budget

Foto: Orami Photo Stock

Angkie menjelaskan, bahwa dalam memilih pengasuh anak, hal yang penting diperhatikan adalah budget yang dimiliki.

"Tips yang pertama itu memerhatikan budget. Moms jangan memaksakan budget tinggi bila ekonomi tidak mencukupi," kata Angkie di acara peluncuran aplikasi "Orami Parenting" pada Rabu (12/2) di The Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Bila budget tidak mencukupi, disarankan Moms berusaha semaksimal mungkin untuk mengurus anak sendiri agar dapat meminimalkan pengeluaran.

"Kalau ada budget lebih, maka bisa mendapatkan support system dengan bantuan pengasuh. Jangan lupa dibicarakan dahulu dengan pasangan," sambung Angkie.

Baca Juga: Kesha Ratuliu Terkena Tumor Payudara, Ini 5 Mitos dan Fakta Penyakit Ini

2. Mencari Tahu Latar Belakang

tips mencari pengasuh anak-cek latar belakang

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, penting juga mengetahui latar belakang calon pengasuh anak dan melakukan penilaian atau assessment sebagai tips mencari pengasuh anak selanjutnya.

"Kita harus tahu pengasuh tersebut dari mana, apakah dari yayasan atau rekomendasi, dilihat KTP-nya untuk memastikan," jelas Angkie.

Ia melanjutkan, "Orang tua harus memiliki rasa insecure atau rasa curiga. Enggak apa-apa, karena kita sebagai orang tua juga pastinya mau agar lebih aman."

Baca Juga: 7 Potret Perjalanan IVF Adiezty Fersa dan Gilang Dirga, Semoga Lancar!

3. Pastikan Anak Merasa Nyaman

pengasuh anak

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan bagaimana cara calon pengasuh tersebut bekerja dan cara mengasuh anak. Karenanya, Moms perlu mampu dalam menganalisa.

"Diperhatikan, apakah calon pengasuh tersebut bekerja dengan hati atau tidak. Sebagai ibu, kita bisa menganalisa, gunakan feeling tetapi logika juga tetap jalan," jelas Angkie.

Mempekerjakan pengasuh juga perlu memastikan agar Si Kecil nyaman ketika diasuh bersama dengan pengasuh. Perasaan nyaman atau tidak juga menjadi hal yang penting sebagai tips mencari pengasuh anak yang tepat.

"Kalau anak tidak nyaman dan tidak enak, tidak usah dipaksakan. Bila Si Kecil sudah merasa nyaman dan bahagia, anak tidak merasa ketakutan, silahkan pilih," tutup Angkie.

Itu dia, tips mencari pengasuh anak yang bisa dilakukan. Semoga bisa mendapatkan pengasuh anak yang terbaik untuk Si Kecil dan keluarga ya, Moms.

Artikel Terkait