NEWBORN
18 Januari 2019

Mencegah Bayi Tertular Flu Dari Orang Terdekat

Bayi dapat terinfeksi flu jika ia menghirup virus atau menyentuh sesuatu
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Daya tahan tubuh bayi tentunya masih jauh lebih lemah dan rentan untuk tertular penyakit dibanding orang dewasa. Salah satu penyakit yang paling umum untuk ditularkan adalah flu. Kalau bayi sudah tertular flu, Mom's tentunya akan sangat bingung. Daripada sibuk mencari cara untuk mengobati, lebih baik ketahui cara mencegah flu pada bayi:

Hindari Bertemu Banyak Orang

09a82adb ca7c 44de bb3b b9acefa8ff4a fotolia 188168677 subscription monthly m

Foto: romper.com

Flu menyebar dengan mudah dari orang ke orang. Ketika seseorang dengan flu batuk, bersin atau berbicara, virus menyebar ke udara. Bayi dapat terinfeksi flu jika ia menghirup virus atau menyentuh sesuatu seperti mainan yang mengandung virus flu dan menyentuh hidung, mata, atau mulutnya. Karenanya sangat penting untuk memerhatikan lingkungan sekitar saat membawa bayi keluar rumah.

Baca Juga: Hati-hati, Flu Bisa Menyebabkan Skizofrenia Pada Janin!

Pemberian Vaksin Flu

4247975290

Foto: sains.kompas.com

Cara terbaik untuk melindungi bayi dari flu adalah memastikan ia mendapat vaksin flu setiap tahun sebelum musim flu. Meskipun bayi lebih mungkin terserang flu selama musim flu, ia bisa mendapatkannya setiap saat sepanjang tahun, lho. Ada dua cara bagi bayi untuk mendapatkan vaksin flu. Anak-anak berusia 6 bulan atau lebih tua bisa mendapatkan suntikan flu.

Namun bisa juga dengan Semprotan flu hidung. Ini merupakan semprotan yang dimasukkan ke hidung si kecil. Meski efektif, semprotan hidung ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti asma, masalah jantung dan paru-paru, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah yang tidak melindungi mereka dengan baik dari infeksi.

Lebih Baik Memeluk Daripada Mencium

smartkidshugging

Jangan mencium bayi di atau sekitar mulut. Mom's memang tentu gemas pada si kecil, namun tentu juga tak tega bukan kalau mereka tertular virus yang mungkin tak kita sadari. Memberi pelukan, lebih baik dari pada mencium, lho.

Tetap Menjaga Kebersihan

baby hygiene tips to keep you clean and healt l varvmr

Foto: en.paperblog.com

Cuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah merawat bayi. Selain itu, Mom's juga bisa menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol. Gunakan pembersih tangan yang cukup sehingga perlu setidaknya 15 detik agar tangan cepat kering.

Baca Juga: Sedang Musim Sakit, Ini Cara Mengobati Flu pada Anak

Pastikan Peralatan Bayi Selalu Steril

life babyhh 01 square ef403c00 40ed 4b5b bdc6 c35c7e88233f 1024x1024@2x

Gunakan air panas dengan sabun atau mesin pencuci piring untuk membersihkan piring dan peralatan bayi. Jangan berbagi piring, gelas, peralatan, atau sikat gigi bayi. Pastikan selalu semua peralatan yang mereka gunakan selalu tetap bersih dan steril.

Menggunakan Masker

dkblcqvlqlgcrwyuykfy

Foto: mommynearest.com

Bila Mom's atau anggota keluarga lain yang berada di rumah sedang flu, maka sebaiknya tidak tidur satu ruangan dengan bayi. Selain itu, lebih baik untuk selalu menggunakan masker terutama bila sedang dekat dengan bayi.

Mom's tentu tidak mau bukan jika si kecil tertular flu? Karenanya, sangat penting untuk tidak menyepelekan keberadaan virus flu dari orang-orang sekitar. 

Namun jika si kecil sudah telanjur terkena flu atau pilek, menurut dr. Amar Widhiani A, SpA(K), dari RS Premier Bintaro, sebaiknya berikan terus ASI. Menurutnya, di dalam ASI mengandung antibodi (immunoglobulin) dan mempunyai kandungan zat penyembuh alami yang ampuh. Jadi, ketika bayi pilek dan mendapatkan ASI tanpa putus, maka flu bayi akan cepat sembuh alami tanpa obat-obatan.

Cepat sembuh ya!

Artikel Terkait