TRIMESTER 1
27 November 2019

4 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Tidak perlu khawatir dengan risiko terkena infeksi saluran kemih saat hamil, cegah dengan cara ini!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat masa kehamilan pastinya Moms ingin menjaga kesehatan tubuh dengan baik agar perkembangan janin berjalan optimal. Namun, apakah pernah Moms merasakan beberapa gejala yang aneh saat buang air kecil?

Misalkan, Moms menjadi lebih sering untuk buang air kecil, terasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil, urine berbau tidak sedap, berdarah atau berwarna keruh?

Waspada, ini merupakan tanda-tanda dari infeksi saluran kemih saat kehamilan. Selain gejala-gejala tersebut, Moms juga merasakan nyeri di daerah tulang kemaluan.

Dilansir dari American Pregnancy Association, infeksi saluran kemih (ISK) memang rentan terjadi pada ibu hamil, dimulai pada minggu ke-6 dan makin parah pada minggu ke-24 kehamilan.

ISK yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan infeksi ginjal yang dapat berpotensi mengancam jiwa ibu dan janin di kandungan. Lalu, bagaimana cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil, dan sebenarnya apa penyebabnya?

Baca Juga: Bahaya Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

infeksi saluran kemih saat hamil

Nyatanya, wanita yang pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelum hamil memiliki risiko untuk mengalaminya saat tengah mengandung.

Untuk itu, selalu jaga kesehatan tubuh dan penuhi cairan di dalam tubuh saat masa kehamilan. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih saat hamil, yaitu

1. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Buang air kecil adalah cara efektif untuk membersihkan kuman dari kandung kemih dan uretra. Untuk itu, cukupi cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Tujuannya agar buang air kecil lebih lancar.

Jangan lupa juga untuk buang air kecil sebelum dan setelah berhubungan intim dengan pasangan. Selain itu, hindari kebiasaan menahan buang air kecil, ya, Moms!

2. Perhatikan Kebersihan

Ketika Moms menyeka alat kemaluan sehabis buang air kecil, sebaiknya bersihkan dari depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri.

3. Perhatikan Pola Makan

Saat masa kehamilan, sebaiknya kurangi mengonsumsi kafein dan cokelat. Keduanya dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat peradangan bakteri lebih bertahan lama.

4. Minum Jus Cranberry

American Family Physician menyebutkan bahwa bakteri E.coli adalah penyebab utama infeksi saluran kemih.

Tahukah Moms bahwa buah cranberry ternyata dapat mencegah penyebaran bakteri E. coli? Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin minum jus cranberry untuk mencegah bakteri menempel pada kandung kemih.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pemicu Infeksi Saluran Kemih (ISK), Jangan Dilakukan Lagi ya!

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

infeksi saluran kemih saat hamil

Seperti yang disebutkan di atas, infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E.coli. Menurut Kristene E. Whitmore, profesor urologi di Drexel University College of Medicine mengungkapkan, baik sedang hamil atau tidak, seks pada penyebab paling umum terjadinya infeksi saluran kemih. Bakteri dari usus besar dan vagina dapat masuk ke uretra selama foreplay dan saat proses penetrasi.

“Seks dapat menyebabkan peradangan pada kandung kemih, yang membuatnya lebih mudah untuk bakeri bertahan. Penyebab lainnya adalah jarang buang air kecil padahal buang air kecil adalah tindakan efektif untuk membersihkan kuman dari kandung kemih dan uretra,” ujar dr. Kristene.

Pada ibu hamil, ternyata ada penyebab lain infeksi pada saluran kemih. Perubahan hormonal menjadi tempat yang ideal untuk bakteri E. coli untuk berkembang, seperti yang diungkapkan oleh dr. Myra J. Wick, dokter spesialis kandungan di Rochester.

Peningkatan progesteron menyebabkan otot-otot yang melapisi uretra pembuat urine menjadi relaks sehingga memungkinkan bakteri naik ke kandung kemih.

Baca Juga: Sempat Dialami Irish Bella, Ini Bahaya Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

“Rahim yang semakin membesar dapat mencegah Moms mengosongkan kandung kemih sepenuhnya saat buang air kecil, dan ini meninggalkan genangan air tempat bakteri dapat berkembang biak. Infeksi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan persalinan prematur,” terang dr. Myra.

Itulah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih saat hamil, sekaligus penyebabnya. Selalu jaga kesehatan tubuh agar janin berkembang baik, ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait