3-12 BULAN
11 November 2019

5 Cara Mencegah Infeksi pada Telinga Bayi

Banyak yang mengalami infeksi telinga bayi pada tahun pertama mereka
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms suka merasa takut saat membersihkan telinga bayi? Jangan sedih, Moms tidak sendiri. Banyak Moms di luar sana, utamanya ibu baru juga merasakan hal yang sama.

Namun harus diingat, selain membersihkan, Moms juga harus mencari tahu tentang infeksi telinga bayi. Kenapa?

Biasanya, sekitar setengah dari semua bayi akan mengalami setidaknya satu infeksi telinga pada ulang tahun pertama mereka. Dan menurut para ahli, pada usia 3 tahun, angka itu melonjak hingga 80 persen.

Beberapa faktor yang membuat Si Kecil lebih rentan terkena infeksi telinga. Misalnya, infeksi telinga bayi lebih sering terjadi kepada bayi berjenis kelamin menjadi laki-laki, memiliki lebih dari satu saudara kandung karena dapat menyebarkan lebih banyak kuman, dan memiliki riwayat keluarga yang memiliki infeksi telinga. Semua hal tersebut akan meningkatkan kemungkinan infeksi telinga pada bayi.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, berikut beberapa gejala infeksi telinga bayi:

  • Telinga terasa sakit
  • Si Kecil terlihat tidak nyaman dan kesal
  • Si Kecil menggosok-gosok telinganya
  • Demam
  • Susah tidur

Baca Juga: Kenali 6 Tanda Anak Terkena Infeksi Telinga

Mencegah Infeksi Telinga Bayi

Tetapi ada beberapa cara yang dapat Moms gunakan agar infeksi telinga pada bayi tidak dirasakan oleh Si Kecil. Apa saja itu?

1. Lindungi dari Asap Rokok

mencegah infeksi telinga bayi

Dengan menjadi perokok pasif, akan meningkatkan risiko infeksi telinga bayi hingga 50 persen. Sebuah studi menunjukkan bahwa partikel dalam tembakau dapat memadatkan tabung di telinga bagian dalam.

Hal tersebut akan mencegah tabung tidak dapat mengalirkan cairan dan menjadi infeksi. Si Kecil juga akan terkena partikel debu dari rambut atau pakaian orang yang merokok.

2. Bijak Pilih Daycare

mencegah infeksi telinga bayi

"Semakin banyak anak di dalam ruangan, akan semakin banyak kuman dan bakteri yang akan didapatkan oleh anak Anda," kata Max M. April, MD, ketua komite otolaringologi pediatrik untuk Akademi Otolaringologi Amerika.

Meskipun infeksi telinga pada bayi tidak menular, namun meminimalisir penyebabnya seperti menjauhkan dari bakteri flu adalah tindakan yang bijak. Jika Moms harus meninggalkan Si Kecil di daycare, pastikan mereka tidak memiliki terlalu banyak anak dalam satu waktu.

“Penyakit pernapasan bagian atas akan yang dapat menyebabkan infeksi telinga. Ketika anak Anda bersama anak-anak lain dalam jumlah yang lebih besar, yang mungkin akan minum banyak antibiotik, dia lebih mungkin terpapar bakteri yang resistan terhadap obat,” tambahDr. Max.

Baca Juga: Telinga Bayi Bau, Ini Yang Harus Diwaspadai

3. Menyusui Setidaknya Selama 6 Bulan

mencegah infeksi telinga bayi

Sudah lama dikenal sebagai penambah kekebalan, ASI bahkan dapat melindungi anak-anak yang sangat rentan terhadap infeksi telinga bayi menurut sebuah studi di University of Texas Medical Branch di Galveston.

4. Batasi Dot

mencegah infeksi telinga bayi

Tidak dapat dipungkiri, dot juga dapat memasukkan bakteri ke dalam mulut. Akhirnya, bakteri itu yang kemudian dapat menyebar ke telinga dan mengakibatkan infeksi telinga.

Penelitian di Finlandia telah menemukan bahwa jika Moms hanya memberi dot pada tidur siang dan malam, Moms dapat menurunkan peluang terkena infeksi telinga bayi hingga 33 persen.

Jangan lupa untuk memperhatikan posisi saat menyusui dari dot. Ketika bayi minum dari botol secara terlentang, susu akan cenderung menggenang di mulutnya dan meningkatkan kemungkinan cairan mengalir ke telinga dan menyebabkan infeksi. Pastikan kepala Si Kecil harus lebih tinggi dari perutnya.

5. Cegah Alergi Terjadi

mencegah infeksi telinga bayi

Jika Moms berpikir alergi dapat menyebabkan infeksi telinga, jangan biarkan barang-barang penyebab alergi berada di dekat buah hati.

Misalnya, jangan biarkan hewan peliharaan tidur di kamar Si Kecil, pastikan kamarnya atau ruang bermain tempat menghabiskan waktu terbebas dari debu sebanyak mungkin, dan pilihlah tempat tidur tanpa bulu.

Jangan lupa untuk sering membersihkan tangan Moms dan Si Kecil sesering mungkin dengan sabun dan air. Ini dapat mengurangi penyebaran kuman dan mencegah bayi terserang flu.

Meskipun sangat sulit, Moms bisa juga mencoba untuk menjauhkan benda-benda kotor dari mulut bayi.

Baca Juga: Mengenal Otitis Media, Infeksi Telinga Pada Bayi

Jika menemukan gejala tidak biasa, jangan ragu untuk menemui dokter. Ingat ya Moms, infeksi pada bayi tidak menular, tapi flu bisa jadi penyebabnya.

(FAR)

Artikel Terkait