FASHION & BEAUTY
7 Agustus 2020

5 Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Terlalu lama memakai masker ditambah udara yang panas, lembab, dan pengap bisa menyebabkan wajah jadi jerawatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Sejak pandemi COVID-19, masker menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipakai masyarakat saat beraktivitas di luar rumah. Sebab, masker terbukti ampuh meminimalisir penyebaran COVID-19 dan telah menjadi bagian dari protokol kesehatan.

Namun, terlalu lama memakai masker ditambah udara yang panas, lembab, dan pengap bisa menyebabkan wajah jadi jerawatan dan bahkan masalah kulit lainnya, Moms.

Baca Juga: 3 Kesalahan Memakai Makeup yang Bikin Wajah Jerawatan

Mengapa Memakai Masker Bisa Menimbulkan Jerawat?

Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard Health Publishing berjudul Adult acne: understanding underlying causes and banishing breakouts, mereka yang berjerawat akan mengalami peningkatan jerawat akibat terlalu lama memakai masker.

Hal ini disebabkan oleh mikroorganisme atau bakteri di kulit yang terperangkap dalam masker. Sehingga, ketika memakai masker dalam kondisi panas dan lembab akan menyebabkan kulit berkeringat dan pori-pori tersumbat hingga menyebabkan jerawat.

Selain itu, masalah iritasi kulit juga menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai saat memakai masker dalam waktu lama. Sebab, selama memakai masker, udara yang dihembuskan terperangkap di dalam masker. Kondisi yang lembab tanpa udara luar bisa menyebabkan iritasi kulit dan jerawat.

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

Tips Mencegah Jerawat Akibat Pemakaian Masker

Permasalahan wajah terutama jerawat akibat pemakaian masker yang terlalu lama juga dialami oleh pekerja kesehatan di Hubei, China.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of American Academy of Dermatology berjudul Skin damage among health care workers managing coronavirus disease-2019 mencatat bahwa sebanyak 83% pekerja kesehatan mengalami masalah kulit terutama jerawat akibat pemakaian masker yang terlalu lama.

Meski begitu, ada tips dan cara khusus untuk mencegah jerawat akibat pemakaian masker.

1. Hindari Menggunakan Make Up

Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Foto: Orami Photo Stocks

Dr Whitney Bowe, seorang Dermatologist di Manhattan, Amerika Serikat memberikan saran untuk menghindari penggunaan make up berlebihan saat memakai masker. Bowe merekomendasikan penggunaan tabir surya atau sunscreen dan pelembab wajah.

Selain itu, Shari Marchibein, dokter kulit di New York, juga menyarankan untuk membersihkan dengan micellar water saat wajah mulai berkeringat.

Sedangkan untuk pengguna masker yang memiliki jenis kulit berjerawat, disarankan untuk memakai produk perawatan wajah non komedogenik. Formula pada produk perawatan ini tidak menyumbat pori-pori sehingga lebih nyaman dan aman untuk kulit.

2. Pilih Bahan Masker yang Tepat

Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Foto: Orami Photo Stocks

Melansir dari CNN, Bowe merekomendasikan bahan masker kain yang terbuat dari 100% katun. Hal ini dilakukan agar kulit tetap bisa bernapas meski udara panas.

Selain itu, Moms juga harus membawa cadangan masker. Karena masker kain hanya boleh dipakai maksimal 4 jam selanjutnya harus dicuci sehingga penting untuk membawa cadangan masker agar wajah tetap bersih.

Baca Juga: 6 Kiat Memakai Makeup Saat Kulit Sedang Berjerawat

3. Hindari Produk Perawatan Kulit

Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Foto: Orami Photo Stocks

Dr. S. Tyler Hollmig, direktur bedah dermatologis di Dell Medical School di University of Texas menyarankan untuk tidak terlalu banyak memakai produk perawatan kulit.

Menurutnya, semakin sedikit produk yang dipakai maka semakin baik untuk kulit.

Cukup memakai pelembab atau sunscreen Moms. Sebab, terlalu banyak produk perawatan kulit yang dipakai malah akan menyebabkan masker akan mengintensifkan penyerapan produk ke kulit sehingga menyebabkan kulit rentan berjerawat.

4. Cuci Wajah Setelah Menggunakan Masker

Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah seharian memakai masker, mencuci wajah adalah hal yang wajib dilakukan terlebih sebelum Moms tidur atau beristirahat.

Sebab, bakteri jahat, kumat, dan kotoran menempel di seluruh wajah selama memakai masker. Dengan membersihkan wajah, kulit wajah jadi lebih sehat, bersih, dan bebas jerawat.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Tips Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Memakai Masker

Foto: Orami Photo Stocks

Konsumsi makanan sehari-hari juga harus dijaga dengan baik ya, Moms.

Misalnya, tidak mengkonsumsi terlalu banyak gula, fast food, gorengan, atau makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi.

Sebab, makanan tinggi gula dan lemak bisa memicu timbulnya jerawat.

Itulah lima tips mencegah jerawat saat pemakaian masker.

Selain memakai masker sebagai cara melindungi diri dari COVID-19, Moms juga harus menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan hingga menjaga jarak agar terhindar dari COVID-19.

Artikel Terkait