TRIMESTER 1
17 November 2019

5 Cara Mencegah Vertigo Saat Hamil

Ibu hamil dapat mengalami vertigo yang bisa sebabkan hilang kesadaran
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Perkembangan janin akan berjalan optimal ketika ibunya juga berada dalam kondisi tubuh yang sehat.

Nyatanya, ada berbagai gangguan kesehatan yang dapat menyerang ibu hamil, salah satunya adalah vertigo. Vertigo ini berbeda dengan pusing atau sakit kepala biasa, ya, Moms.

Ketika mengalami vertigo, Moms dapat merasa sangat pusing, hilang keseimbangan, pandangan kabur, dan seolah seperti berputar-putar.

Jika serangan vertigo terjadi, Moms harus segera berpegang atau duduk secara perlahan. Hati-hati, bagi ibu hamil yang mengalami serangan vertigo bisa mengakibatkan cedera jika terjatuh.

dr. Brian Fahey, ahli saraf di Ohio State Wexner Medical Center Neurological Institute menyatakan sering terjadi kesalahpahaman antara pusing dengan vertigo.

“Sakit kepala bukan vertigo karena keadaan di sekeliling tidak berputar. Serangan vertigo dapat menyebabkan mual, muntah, penglihatan ganda hingga kehilangan kesadaran atau pingsan,” ujar dr. Brian.

Baca Juga: Sering Pusing Saat Hamil, Adakah Bahayanya?

Penyebab Vertigo Saat Hamil

Cara untuk Cegah Vertigo saat Hamil-1.jpg

Penyebab vertigo bisa sangat bervariasi, seperti infeksi telinga bagian dalam atau sudah mengalami migrain yang parah. Faktor penyebab terjadinya vertigo pada ibu hamil adalah peningkatan hormon hingga anemia.

“Lonjakan hormon dapat membuat tubuh ibu hamil menjadi lemah, cairan tubuh menurun hingga mengakibatkan vertigo. Penyebab lainnya adalah anemia karena tubuh ibu hamil tidak memiliki cukup zat besi karena peningkatan volume darah,” ungkap Dr. Nicole Todd, dokter kandungan dari B.C. Women’s Hospital & Health Centre di Vancouver.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari juga bisa menyebabkan vertigo, yaitu di antaranya:

  • Terlalu cepat berubah posisi, seperti berdiri secara tiba-tiba, duduk secara tiba-tiba, begitu juga dengan mendongakkan kepala atau menunduk.
  • Berdiri dalam waktu yang relatif lama. Jika harus berdiri, sebaiknya Moms tetap menggerakkan kaki agar sirkulasi darah berjalan lancar.
  • Dehidrasi bisa menyebabkan vertigo. Ibu hamil membutuhkan cairan tubuh yang cukup bagi dirinya dan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Kapan Sakit Kepala Kala Hamil Harus Dikhawatirkan?

Cara Mencegah Vertigo Saat Hamil

Cara untuk Cegah Vertigo saat Hamil-3.jpg

Adapun beberapa cara bisa Moms lakukan untuk mencegah terjadinya vertigo saat hamil:

1. Banyak Minum Air Putih

Menjaga asupan cairan tubuh agar tetap tercukupi. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik juga membantu mengatasi kelelahan, sembelit, dan wasir pada ibu hamil.

“Pastikan minum air yang cukup setiap harinya dan jaga agar air seni tetap berwarna jernih atau kuning muda. Kamu juga bisa mencukupi asupan cairan melalui susu, yoghurt, smoothies, atau jus. Hindari minuman beralkohol dan batasi asupan kafein setiap harinya,” ujar Dr. Irena Ilic, dokter spesialis penyakit dalam di California.

2. Jangan Olahraga Keras

Hindari berolahraga terlalu keras karena bisa mengakibatkan suhu tubuh meningkat dan menjadi pusing.

Moms tentunya sangat boleh berolahraga saat hamil, tapi pilih olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging.

3. Perhatikan Posisi Tidur

Sebaiknya Moms tidur di sisi kiri karena aliran darah bayi akan optimal saat Moms tidur di sisi kiri.

Jika terasa tidak nyaman, bisa gunakan bantal khusus untuk menopang perut, pinggul, dan letakkan di antara lutut.

4. Pola Makan Sehat

Jaga kadar gula darah agar tetap stabil dengan pola makan yang sehat dan gizi seimbang. Kalau Moms masih sering merasa mual, sebaiknya tetap konsumsi makan dengan porsi sedikit tapi frekuensinya lebih sering.

5. Konsumsi Zat Besi

Konsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan hal tersebut kepada dokter kandungan saat pemeriksaan rutin.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Sederhana Meredakan Vertigo saat Hamil Berikut

Jika serangan vertigo saat hamil tetap terjadi tanpa bisa dihindari, sebaiknya Moms segera duduk perlahan, melonggarkan baju, dan minum air putih yang banyak. Pastikan tidak memaksakan untuk beraktivitas saat kesehatan tidak membaik, ya.

(DG)

Artikel Terkait