3-5 TAHUN
25 Februari 2020

Ini 3 Manfaat Mengajak Balita Traveling

Tetapi manfaatnya ternyata banyak banget!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak orang tua yang merencanakan kegiatan traveling bersama anak, tetapi biasanya akan menunggu sampai Si Kecil sedikit lebih besar, minimal sudah melewati usia balita.

Padahal, tahukah Moms? Sejumlah studi menunjukkan bahwa mengajak balita traveling ternyata akan sangat bermanfaat bagi Si Kecil.

Bahkan, studi oleh Student and Youth Travel Association menemukan sebanyak 74 persen guru menganggap traveling menyimpan banyak manfaat bagi perkembangan individu siswa. Studi tersebut melibatkan hampir 1.500 guru sebagai responden.

Sebanyak 56% guru dalam studi tersebut juga yakin pengalaman dari traveling akan berdampak positif terhadap pendidikan dan karier siswa kelak.

Baca Juga: Menyiasati Barang Bawaan agar Traveling Tetap Menyenangkan

Ini 3 Manfaat Mengajak Balita Traveling

Yuk, cari tahu apa lagi manfaat mengajak balita traveling!

1. Melatih Anak Jadi Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

4_april_0.jpg

Foto: Culturelle

Melakukan kegiatan atau menjalani kehidupan di tempat berbeda dari keseharian akan melatih anak beradaptasi.

Si Kecil akan belajar bagaimana menghadapi situasi yang tidak bisa ia bayangkan sebelumnya, serta makanan dan rutinitas yang berbeda dari yang ia biasa temui.

Selain itu, meski Moms dan Dads sudah menyiapkan rencana atau agenda perjalanan, biasanya di tengah jalan akan ada perubahan.

Seluruh anggota keluarga pun harus fleksibel terhadap segala perubahan, tak terkecuali si anak balita.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling

2. Menanamkan Rasa Ingin Tahu dan Semangat Berpetualang

traveling-with-kids.jpg

Foto: Dancing with Dreams

Anggaplah traveling sebagai kegiatan petualangan. Mengajak balita traveling akan menyalakan imajinasi, kreativitas, dan semangat berpetualang anak karena anak balita umumnya berjiwa petualang.

Bila Moms dan Dads mengajak anak melihat candi-candi di Jawa Tengah, misalnya, Si Kecil akan mengembangkan bayangan tentang kerajaan di masa lalu.

Begitu pula saat mengajak balita traveling ke pegunungan, ia dapat menjadi lebih dekat dengan alam dan membangun pemikiran tersendiri tentang hutan, hewan, tanaman, sungai, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Membawa MPASI Saat Traveling Bersama Anak

Memahami dan Menghargai Perbedaan

kids_3107358b.jpg

Foto: Telegraph

Bila Moms dan Dads mengajak balita traveling ke kota atau negara dengan budaya yang sangat berbeda dengan lingkungan tempat tinggal anak sehari-hari, maka ia akan belajar tentang perbedaan.

Pengalaman ini dapat menjadi momen anak belajar bahwa ternyata ada orang yang warna kulitnya berbeda dari dirinya, bahwa ada makanan yang berbeda dari yang ia makan setiap hari, bahwa ada orang yang berbicara dengan bahasa yang berbeda dengan yang ia pahami.

Orang tua dapat membantu anak memahami perbedaan ini agar ia dapat belajar tentang cara yang baik untuk menyikapi perbedaan tersebut.

Baca Juga: Kaki Sering Sakit Saat Traveling? Coba 5 Tips Berikut Ini

Satu hal yang orang tua perlu pahami, traveling di sini bukan berarti harus bepergian ke luar negeri. Mengajak balita traveling ke kota tetangga pun bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Yang penting kegiatan traveling dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga dan dalam suasana yang menyenangkan.

Artikel Terkait