PARENTING
6 Maret 2020

3 Tips Jitu Mengajarkan Anak-anak Hidup dengan Kasih Menurut Alkitab

Ikuti tips di bawah ini agar anak tumbuh dengan karakter yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selain memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, orang tua memiliki peranan yang penting dalam mendidik karakter anak dan membentuknya menjadi suatu pribadi yang baik.

Jika berbicara mengenai karakter dan kepribadian anak, hal ini tidak terlepas dari ajaran keagamaan. Menurut iman Katolik dan Kristen, orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak sesuai dengan firman Allah.

Baca Juga: Melihat Karakter Anak dari Bulan Kelahirannya

Firman Allah mengajarkan umatnya untuk terus hidup dalam kasih, termasuk di dalamnya anak-anak.

“Didik lah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22:6)

Mengajarkan Anak Hidup dalam Kasih

Bagaimana cara mengajarkan anak untuk hidup dalam kasih? Yuk, kita lihat tipsnya di bawah ini, Moms.

1. Ajak Anak Membaca Alkitab

mengajarkan anak hidup dalam kasih

Foto: rec.or.id

Langkah pertama untuk mengajarkan anak hidup dalam kasih adalah dengan mengajak Si Kecil membaca Alkitab sejak dini.

Setiap malam, cobalah untuk meluangkan waktu membaca Alkitab bersama anak sebelum Si Kecil tidur. Moms atau Dads bisa mengawalinya dengan berdoa terlebih dahulu, agar Tuhan dapat menuntun kita dalam menafsirkan bacaan Alkitab.

Pilihlah ayat-ayat Alkitab yang mudah dipahami oleh anak dan sesuai dengan apa yang ingin kita ajarkan pada Si Kecil.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Katolik dari Karakter dalam Alkitab

2. Jadilah Pelaku Firman

mengajarkan anak hidup dalam kasih

Foto: medium.com

“Yesus memberi tahu kepada muridnya: Akulah pokok anggur dan kamu lah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yohanes 15:5)

Tidak cukup sampai membaca Alkitab bersama anak saja, orang tua harus mengajari mereka untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jadilah role model untuk anak. Dengan begitu, Si Kecil pasti akan mengikuti kita dan mendengarkan apa yang kita katakan mengenai ajaran yang baik.

3. Bacakan Renungan Harian

mengajarkan anak hidup dalam kasih

Foto: mommybrown.com/

Mengajari anak hidup dengan kasih selanjutnya bisa dilakukan dengan membacakan renungan harian. Jika tidak ingin anak bosan membaca Alkitab setiap hari, Moms bisa menyelinginya dengan membacakan renungan harian yang sesuai dengan usia Si Kecil.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Bersikap Kurang Ajar Pada Orang Lain

Moms bisa mendapatkan buku renungan harian untuk anak-anak di toko-toko yang menjual berbagai kebutuhan berbau rohani. Carilah renungan yang berisi gambar-gambar yang bisa mereka lihat karena akan lebih menarik.

Bacakan renungan yang mengangkat tokoh-tokoh Alkitab kepada anak kita yang juga bisa mengajarkan mereka nilai-nilai baik yang bisa diambil dari hal tersebut.

Nah, itu dia 3 cara jitu untuk mendidik anak hidup dalam kasih menurut Alkitab. Penting untuk dilakukan sejak dini ya Moms.

Artikel Terkait