2-3 TAHUN
31 Juli 2017

Mengajarkan Anak Bahasa Asing Sejak Dini

Cari tahu kapan dan bagaimana mengajarkan bahasa asing serta perlukah anak ikut kursus bahasa asing, di sini
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Bahasa asing sangat penting untuk berkomunikasi antarnegara. Bahasa asing menjadi penghubung baik dari segi pergaulan, budaya, maupun ilmu pengetahuan di era globalisasi. Namun seberapa pentingkah anak belajar bahasa asing sejak dini?

Hal pertama yang harus mama perhatikan sebelum mengajarkan anak bahasa asing adalah berkaitan dengan kemampuan kognitif balita dalam menyerap informasi dan berkomunikasi atau berbahasa. Apakah anak sejauh ini mengerti serta memahami struktur bahasa ibu? Bahasa ibu di sini adalah bahasa asli yang pertama kali diajarkan kepadanya.

Kapan Waktu Tepat Bagi Anak Belajar Bahasa Asing?

Psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli mengungkapkan bahwa anak memiliki usia emas (0-6 tahun). Di rentang usia tersebut, pertumbuhan dan perkembangan anak meningkat pesat. Jadi, anak di usia ini dapat diperkenalkan dengan bahasa asing.

Sejak bayi, dia telah memiliki program di dalam otaknya yang disebut Language Acquisition Device (LAD). Hal inilah yang menyebabkan bayi dapat memahami aturan dasar dan melakukan analisa sehingga dia lebih cepat mengerti bahasa yang diajarkan oleh Mama meskipun hanya lewat suara.

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Bahasa Asing?

Anak belajar bahasa asing tidak harus secara formal. Mama dapat mengenalkan bahasa asing dengan pengajaran yang mengasyikkan dan tidak membosankan. Misalnya lewat bercerita (story telling), melakukan gerakan sesuai nada dan ritme yang anak dengar, atau mewarnai dan memberi label.

Pada usia dini, anak memaksimalkan proses pemahaman (comprehension). Oleh karena itu, ajarkan bahasa asing pada anak secara rutin lewat salah satu cara yang Mama pilih. Anak akan dapat ikut serta bercerita, bernyanyi, menulis, dan mengucapkan sepatah kata sebagai hasil dari pemahaman tersebut.

Perlukah Anak Ikut Kursus Bahasa Asing?

Seringkali orang tua memercayakan tempat kursus sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan anak dalam berbahasa asing. Sebenarnya tidak ada larangan bagi orang tua yang memilih jalan mengajarkan bahasa asing pada anak dengan les, asalkan mama dapat memilih tempat kursus yang tepat yang cocok baginya.

Hal-hal yang perlu Mama perhatikan saat memilih tempat kursus bahasa asing untuk anak antara lain:

  • Sesuaikan dengan program kursus. Program kursus hendaknya disesuaikan dengan usia masing-masing anak.
  • Ketahui tenaga pengajar yang ada, reputasinya, serta metode yang digunakan.
Baca juga: 5 Bahasa Asing yang Sebaiknya Dipelajari Sejak Dini

(PIA)

Artikel Terkait