PARENTING ISLAMI
12 Juni 2020

5 Cara Mengajarkan Anak Bersyukur, Yuk Coba Lakukan!

Bersyukur adalah emosi positif yang perlu dimiliki anak sejak kecil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memiliki anak yang tumbuh bahagia dan periang pasti menjadi harapan semua orang tua. Salah satu cara memperolehnya adalah dengan menumbuhkan kebiasaan bersyukur, karena dengan bersyukur, seseorang akan lebih bahagia.

Bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan akan membuat seseorang memiliki perasaan yang positif dan menurunkan risiko stres dan depresi.

Bahkan, banyak penelitian mengatakan bahwa anak yang pandai bersyukur memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dan kebahagiaan yang lebih baik pula.

Baca Juga: 5 Cara Menyapih Anak Menurut Islam, Moms Wajib Tahu!

Cara Mengajarkan Anak Bersyukur

mengajari anak bersyukur

Foto: Shutterstock

Allah SWT, menerangkan mengenai keutamaan bersyukur dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 7, yaitu:

“Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7)

Dalam surat Ibrahim di atas, sangat jelas bahwa umat Islam diwajibkan untuk bersyukur, dalam keadaan apapun dalam hidupnya. Apalagi disebutkan bahwa seseorang yang bersyukur atas nikmat Allah, Allah akan menambahkan kembali nikmat tersebut.

Allah Ta’ala juga berfirman,

يا أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم واشكروا لله إن كنتم إياه تعبدون

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah: 172).

Bersyukur juga dapat menumbuhkan keimanan anak sejak dini. Sehingga diharapkan dia akan tumbuh menjadi anak yang shalih/shalihah.

Lantas, bagaimana cara mengajarkan anak untuk bersyukur? Simak ulasannya di bawah ini seperti dikutip dari Dalam Islam!

1. Mengenalkan Anak pada Allah SWT

Moms dan Dads juga berperan untuk mengenalkan anak pada Allah SWT yang memberikan segala nikmat-Nya untuk Si Kecil dan keluarga. Misalnya dengan hal sederhana seperti mengucapkan "Alhamdulillah" setiap Si Kecil mendapat kenikmatan dan saat merasa bahagia.

Moms dan Dads juga harus membiasakan kebiasaan sederhana ini, agar Si Kecil terbiasa bersyukur sejak dini.

Baca Juga: 7 Kewajiban Orang Tua pada Anak dalam Islam, Sudahkah Dipenuhi?

2. Memberikan Contoh

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya kan, Moms? Si Kecil pun akan menirukan apa yang orang tuanya lakukan, termasuk kebiasaan bersyukur.

Moms dan Dads juga perlu menunjukkan sikap syukur atas nikmat Allah SWT. Sehingga anak akan meniru apa yang dilakukan Moms dan Dads.

3. Ajari Anak untuk Mengingat Allah

Salah satu cara untuk mengajarkan anak beryukur adalah dengan mengingat Allah SWT. Ajarkan Si Kecil untuk terbiasa mengingat Allah dalam kesehariannya. Misalnya dengan menyebutkan apa saja yang Allah ciptakan, bagaimana makhluk hidup dapat bergerak, dan semua kebesaran-Nya.

Dengan begitu, Si Kecil tahu dan ingat bagaimana kebesaran Allah. Moms dan Dads juga dapat membiasakan menyebut Asma Allah, atau ungkapan seperti "Subhanallah", "Allahuakbar", atau "MasyaAllah".

4. Menunjukkan Sikap Empati pada Anak

Orang tua yang memiliki sikap empati dan rasa sayang akan membentuk rasa empati yang sama pada diri anak. Sika empati dapat merupakan hal utama dalam membangun sikap syukur.

Misalnya, Moms dan Dads dapat menunjukkan rasa bahagia saat menghabiskan waktu bersama Si Kecil. Atau dengan menghabiskan waktu berkualitas dengannya.

5. Ajarkan Anak untuk Mencintai Dirinya Sendiri

Menerima segala kelebihan dan kekurangan merupakan bentuk rasa syukur yang bisa dilakukan anak. Karenanya, melatih anak untuk bersyukur dengan kelebihan yang dimiliki adalah hal penting.

Misalnya, Moms bisa mengingatkan Si Kecil untuk bersyukur karena dia memiliki bakat melukis atau olah raga tertentu.

Begitupun bersyukur dengan kekurangan yang dimilikinya. Kekurangan yang dimiliki seseorang juga karunia yang perlu disyukuri. Kekurang juga membuat kita menyadari bahwa seseorang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Si Kecil dapat belajar lebih bersyukur atas keberadaan orang lain di sekitarnya.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Menurut Islam, Yuk Ikuti!

Itulah 5 cara mengajarkan anak bersyukur menurut Islam. Moms dan Dads juga bisa membiasakan Si Kecil untuk mengungkapkan rasa syukur sebelum tidur. Hal ini bisa memengaruhi alam bawah sadarnya untuk merasa lebih bahagia.

Artikel Terkait