2-3 TAHUN
23 Oktober 2020

Mengajarkan Sains pada Balita, Ini Manfaat dan Cara Serunya!

Pergunakan hal-hal di sekitar anak agar lebih menarik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sains, baik secara langsung mmaupun tidak langsung, mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Dari makanan yang kita makan hingga cara kita berkeliling, sains ada di mana-mana.

Sains juga dibutuhkan oleh anak-anak sejak dini, sains membantu membentuk perkembangan anak.

Ketika anak belajar mengajukan pertanyaan, membuat prediksi, mengamati, menguji, dan kemudian mengomunikasikan temuan mereka, tanpa disadari mereka sedang mengembangkan keterampilan sains tersebut.

Baca Juga: Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

Manfaat Mengajarkan pada Balita

mengajarkan sains pada anak

Foto: learningliftoff.com

Sebuah penelitian, yang dilakukan oleh Education Development Center and SRI International, menemukan bahwa 9 dari 10 orang tua membantu anak-anak menyelesaikan kegiatan belajar setiap hari, dan hanya sekitar setengahnya yang mengatakan bahwa kegiatan ini berbasis sains.

Ada beberapa alasan yang menyebutkan mengapa penting bagi kita untuk mengajarkan sains pada anak-anak.

1. Membantu Mengembangkan Keterampilan Hidup

Perlu disadari bahwa sains membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan hidup, termasuk kemampuan untuk berkomunikasi, tetap teratur dan fokus, dan bahkan membentuk pendapat mereka sendiri berdasarkan pengamatan.

Itulah mengapa penting untuk mengajarkan sains pada balita. Hal ini juga membantu anak-anak mengembangkan indera dan kesadaran mereka secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Masuk SMA

2. Praktik Langsung

Anak-anak adalah pembelajar langsung, dan dunia di sekitar mereka menyediakan begitu banyak peluang alami untuk melakukannya. Itulah mengapa Moms tidak boleh meremehkan kekuatan belajar melalui permainan.

Berinteraksi dengan lingkungan di sekitar anak akan mendukung perkembangan intelektual Si Kecil.

3. Bekal untuk Masa Depan Anak

Anak-anak dipersiapkan untuk belajar, dan apa yang mereka pelajari ketika mereka masih muda akan memengaruhi minat anak di kemudian hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa mulai mengembangkan minat dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) selama bertahun-tahun di Sekolah Dasar. Memiliki minat dan pengetahuan dalam bidang ini memberikan peluang karir masa depan yang baik.

Cara Seru Mengajarkan Sains pada Balita

mengajarkan sains pada anak

Foto: kindercare.com

Bagi balita, belajar, termasuk belajar sains, tentu akan lebih menarik jika dilakukan sambil bermain. BUkan di dalam kelas yang membosankan. Nah, agar mengajarkan sains kepada balita bisa lebih seru, simak cara-cara di bawah ini!

1. Berkunjung ke Suatu Tempat

Jelajahi, jelajahi, dan jelajahi selalu! Mengajarkan sains pada balita bisa dilakukan di mana-mana, itulah sebabnya berkunjung ke taman atau bermain di halaman sore hari menyediakan banyak kesempatan untuk belajar.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Orang Tua Lakukan Saat Ajak Anak Ke Kebun Binatang

Selalu dorong anak untuk bertanya mengenai lingkungan mereka, dan kemudian berdiskusi. Jika ada sesuatu yang Moms tidak yakin, teliti dan pelajari jawabannya bersama. Kita tidak harus mengetahui semua jawaban.

2. Mulai Pelajari di Rumah

Ingatlah bahwa sains bersifat kumulatif. Hal ini berarti bahwa anak-anak akan membangun pengetahuan dari apa yang sudah mereka ketahui.

Mulailah mengajarkan anak sains di rumah sedini mungkin, bahas topik-topik berbasis sains setiap hari, dan buat hal ini menjadi menyenangkan, misalnya dengan membuat kue atau makanan di rumah.

3. Pertimbangkan Kepribadian, Minat, dan Kebiasaan Sosial Anak

Dengan begitu akan memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan menarik yang membuat mereka merasa bersemangat namun nyaman. Juga, perhatikan apa yang ingin dilakukan anak kita, karena hal ini akan meningkatkan kemampuan mereka untuk belajar.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak di Era Digital

4. Gunakan Peralatan yang Mendukung

Investasikan beberapa peralatan jika ingin mengajarkan sains pada balita agar Si Kecil tertarik untuk belajar lebih banyak.

Mikroskop yang murah bisa jadi dapat membuat waktu belajar sains anak jadi lebih seru. Ada begitu banyak mainan menyenangkan yang juga akan melibatkan anak-anak, termasuk sarang semut yang ditemui di taman, peralatan astronomi, dan eksperimen sains di dapur, jadi ada banyak cara untuk mengajarkan anak sains dengan seru!

Artikel Terkait