PERNIKAHAN & SEKS
17 September 2019

Mengapa Ada Keadaan yang Disebut Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini merupakan keluhan paling umum yang dilaporkan pria seputar masalah seks. Masalahnya, mengapa ada yang namanya ejakulasi dini?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Sebuah penelitian dari Drug Discovery Today Journal yang dirilis tahun 2016 menyebutkan : hampir 30 persen pria di dunia mengalami ejakulasi dini. Studi lainnya mengatakan, 1-3 pria pernah mengalami ejakulasi yang teramat cepat setidaknya satu kali seumur hidup.

Pokok masalahnya adalah, sebenarnya mengapa ada istilah ejakulasi dini? Apakah ada standar soal waktu ejakulasi normal?

Baca Juga: Apakah Cairan Pra-Ejakulasi Bisa Bikin Hamil?

Standar Waktu Ejakulasi

CUENA-Men-s-Watches-Stopwatch-Date-Luminous-Hands-Genuine-Leather-30M-Waterproof-Clock-Man-Quartz-Watches_20_1200x1200.jpg

Foto: shopolie.com

“Sebenarnya tidak ada patokan batas waktu khusus yang harus dilalui pria untuk mencapai “garis akhir” setelah bercinta. Setiap pria memiliki waktu orgasme yang bervariasi, tergantung situasi dan kondisinya saat itu. Waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh pria untuk ejakulasi normalnya akan memakan waktu sekitar 4-5 menit,” terang Andrew C. Kramer, MD, seorang ahli urologi dan profesor bedah di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland di Baltimore.

Saat ejakulasi normal memiliki standar waktu tertentu, sebagian besar pakar kesehatan lantas menyepakati, waktu ejakulasi dini biasanya hanya dalam hitungan 30-60 detik setelah penetrasi. Tanda ejakulasi dini juga terlihat dari orgasme yang terjadi bahkan saat dalam kondisi minimal rangsangan.

Baca Juga: Mengenal Squirting pada Wanita, Ejakulasinya Kaum Hawa

Pengobatan Ejakulasi Dini

gettyimages-157444043-77daee04-e823-4556-b0e6-1c125ae9a21e.jpg

Foto: mensjournal.com

Moms, ejakulasi dini dapat membuat seks jadi tak memuaskan lagi bagi kedua pasangan. Jika terjadi berulang-ulang, bisa memadamkan gairah bercinta jangka panjang.

Bisakah kondisi ini diobati?

Tergantung seberapa parah kondisinya. Namun, kemungkinan untuk sembuh tetap terbuka.

Ejakulasi dini merupakan satu dari beberapa masalah seksual pria yang kerap dikeluhkan. Masalah terlalu cepat ejakulasi juga bisa terjadi bersamaan dengan disfungsi ereksi alias impotensi, meski tidak selalu demikian.

Disfungsi ereksi bisa terjadi di usia berapa pun, tapi kebanyakan dialami oleh pria berusia sekitar 60 tahun ke atas. Sementara ejakulasi dini umumnya dialami oleh pria usia muda.

“Jika akar penyebabnya psikologis, menenangkan diri dan bersikap lebih santai bisa jadi obat jitu yang menghilangkan permasalahan ini. Namun, saat penyebabnya berhubungan dengan penyakit tertentu, proses pengobatannya bisa lebih lama. Tergantung kondisi penyakit yang memengaruhinya,” Dr. Kramer menjelaskan.

Baca Juga: Ini Dampak Ejakulasi Dini Pada Pasangan

(RYO/DIN)

Artikel Terkait