BALITA DAN ANAK
21 September 2019

Mengapa Anak Mudah Terkena Biang Keringat?

Anak mudah terkena ruam kemerahan yang terasa panas dan gatal, yang disebut biang keringat. Ternyata ini alasannya.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, merawat kesehatan Si Kecil dari bayi adalah tugas yang penuh dengan tantangan dan rasa tanggung jawab. Anak memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan kurang peka untuk menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Untuk itu, anak membutuhkan pengawasan dari orang tua agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Ada berbagai kondisi yang dapat mengganggu aktivitas Si Kecil, salah satunya adalah biang keringat.

Biang keringat terjadi ketika terdapat ruam kecil kemerahan pada kulit Si Kecil. Ruam tersebut dapat menonjol hingga melepuh dan menyebabkan rasa gatal, menyengat, perih, dan tentunya mengganggu pergerakannya. Sebenarnya biang keringat bisa ditangani di rumah dengan perawatan sederhana, karena umumnya akan sembuh dengan sendirinya.

Hanya saja, jika Moms merasa bahwa anak mengalami biang keringat secara terus-menerus, terdapat nanah pada kulitnya, dan membuat kesehatan anak menurun, tidak ada salahnya segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Mencegah Biang Keringat Pada Bayi Selama Musim Kemarau

Alasan Anak Mudah Terkena Biang Keringat

Faktanya, biang keringat bisa dialami oleh semua orang dari berbagai usia, hanya saja anak-anak rentan terkena biang keringat. Apa alasan anak mudah terkena biang keringat? Semua tidak lepas dari penyebab biang keringat itu sendiri.

Ketika cuaca terasa panas dan suhu meningkat serta lembap, maka kondisi ini yang memicu seseorang untuk berkeringat lebih. Biang keringat terjadi ketika terdapat penyumbatan pada saluran keringat.

Adapun beberapa hal yang menjadi alasan anak mudah terkena biang keringat, yaitu sebagai berikut:

1. Kelenjar Keringat Anak Belum Terbentuk Dengan Sempurna

Ruam berupa biang keringat rentan menyerang anak karena kelenjar keringat mereka belum terbentuk sempurna. Selain itu, anak-anak masih sulit beradaptasi pada perubahan suhu yang begitu cepat.

Umumnya, tubuh anak yang berkeringat bisa terperangkap di bawah kulit dan membentuk benjolan kecil berupa biang keringat. Moms perlu memantau kondisi anak yang mengalami biang keringat.

Jaga kebersihan tubuhnya dan pastikan anak tetap terhidrasi dengan baik, ya.

Baca Juga: Ketahui 4 Obat Gatal Alami untuk Mengatasi Biang Keringat Anak

2. Anak yang Sangat Aktif Bergerak

Mengapa Anak Mudah Terkena Biang Keringat-2.jpg

Tidak perlu diragukan lagi kalau anak-anak masih sangat aktif bergerak. Aktivitas yang banyak membuat anak juga mudah berkeringat dan akhirnya menyebabkan biang keringat. Terlebih lagi jika anak berada di luar ruangan atau di tempat dengan suhu yang panas, kulit anak bisa memerah serta terasa gatal dan pedih.

Orang tua wajib untuk memantau lokasi tempat anak bermain dan pastikan anak bermain di lokasi yang aman dengan suhu yang sejuk. Pastikan juga bahwa pergerakan anak tidak akan mengganggu kesehatan tubuhnya, ya, Moms.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab dan Jenis Biang Keringat pada Bayi

3. Pakaian Anak Bisa Menjadi Penyebab Biang Keringat

Hal ini berhubungan dengan dua poin sebelumnya. Ketika anak beraktivitas dalam suhu yang lembap dan panas, dengan ia memakai baju yang terlalu tebal atau ketat, hal ini dapat menyebabkan ia berkeringat lebih banyak. Kondisi ini dapat diperparah dengan anak yang belum mempunyai kelenjar keringat sempurna. Jadi, lebih baik anak memakai pakaian yang longgar dengan bahan menyerap keringat.

Cara untuk mencegah biang keringat pada anak yang bisa Moms lakukan adalah menghindari produk perawatan kulit berbasis minyak karena dapat menyumbat kelenjar keringat.

Sebaiknya anak juga mandi dengan air yang dingin. Perhatikan bahwa biang keringat biasanya menyerang anak di bagian tubuh seperti leher, ketiak, lipatan siku, pangkal paha. Pastikan Moms menjaga kebersihan dan kelembapan di area tubuh tersebut agar terbebas dari biang keringat

Artikel Terkait